Sukses


Nguyen Cong Phuong Senasib dengan Pratama Arhan, Pengamatan Wartawan Vietnam: Hanya Pemain Thailand yang Bisa Bersaing di Liga Jepang

Bola.com, Jakarta - Pemain dari Asia Tenggara belakangan banyak yang bekarier di luar negeri. Tujuan mereka pun beragam ada yang di Asia, ada pula yang di Eropa.

Kompetisi sepak bola Jepang, J League belakangan menjadi salah satu tujuan utama. Sebab, kompetisi tersebut dinilai menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

Namun, pemain Asia Tenggara cukup sulit bersaing di J League. Pratama Arhan dari Indonesia dan Nguyen Cong Phuong menjadi kasus terbaru.

Bola.com berkesempatan berbicara dengan salah satu wartawan Vietnam bernama Hoang Duy Anh mengenai isu ini. Ia bekerja untuk salah satu stasiun televisi kabel kenamaan Vietnam, VTVcab.

"Terus terang, pemain ASEAN kecuali pemain Thailand sering menghadapi tantangan dan kesulitan saat pergi ke luar negeri," katanya kepada Bola.com, Selasa (28/5/2025).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Minim Menit Bermain

Pratama Arhan dan Nguyen Cong Phuong adalah bintang sepak bola Asia Tenggara. Keduanya adalah andalan Timnas masing-masing.

Selama membela Tokyo Verdy di J League 2, Pratama Arhan hanya dimainkan empat kali. Menit bermainnya pun tak mencapai 300 menit.

Sementara Nguyen Cong Phuong juga bernasib mirip. Sejauh ini Cong Phuong baru dimainkan tiga kali oleh Yokohama FC.

Bahkan, belum lama ini Nguyen Cong Phuong dimainkan di akhir babak pertama saat Yokohama FC bermain melawan Nagoya Grampus. Namun, pemain berusia 29 tahun itu ditarik keluar di awal babak kedua.

3 dari 4 halaman

Kendala Bahasa

Hoang Duy Anh pun memberi contoh apa yang dialami pemain Vietnam lain, Nguyen Tuan Anh di J League. Tuan Anh memang pernah memperkuat Yokohama Marinos.

Namun, Nguyen Tuan Anh tidak bisa berbahasa Inggris. Hal itu sangat menghambat proses adaptasinya di sana.

"Misalnya Nguyen Tuan Anh bermain di Yokohama Marinos tetapi dia kurang pandai berbahasa Inggris. Oleh karena itu, ia menutup diri dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dia mengatakan, dia tidak tahu dia tinggal bersama orang-orang Vietnam di gedung yang sama sampai bertemu dengan mereka di supermarket," katanya.

4 dari 4 halaman

Fisik

Hoang Duy Anh pun merasa para pemain Asia Tenggara harus lebih meningkatkan rasa percaya diri untuk bisa bersaing di kompetisi luar negeri.

Selain itu fisik juga menjadi kendala lain yang dihadapi para pemain Asia Tenggara. Hal itu juga harus diperbaiki.

"Fisik bukanlah hal yang paling penting tetapi diperlukan untuk sepak bola modern seperti saat ini," jelasnya. 

Video Populer

Foto Populer