Sukses


Deretan Pemain Naturalisasi di Liga 1 yang Bisa Jadi Alternatif bagi Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2024

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong super sibuk. Setelah mengantarkan Timnas Indonesia U-23 sampai semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar, kini pelatih asal Korea Selatan itu sudah harus kembali pasang kuda-kuda.

Setidaknya ada sederet laga krusial yang dilakoni timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong, di mana Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pastinya menargetkan kemenangan.

Pada 6 dan 11 Juni mendatang, Timnas Indonesia akan mengarungi dua laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak kemudian Filipina.

Dalam laga yang mentas di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta itu, kemenangan menjadi harga mati bagi STY dan pasukannya.

Soalnya, Timnas Indonesia yang saat ini berada di posisi kedua Grup F dengan tabungan tujuh poin. Minimal butuh satu kemenangan guna memastikan langkah ke putaran ketiga babak kualifikasi.

Khusus kontra Irak dan Filipina, sebanyak 22 pemain sudah dipanggil. Sebagian besar merupakan wajah-wajah lawas, baik lokal maupun pemain naturalisasi. Di bawah mistar ada Ernando Ari serta Adi Satryo.

Posisi bek ada Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, juga Nathan Tjoe-A-On. Sementara di tengah dan lini depan Thom Haye, Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, dan Rafael Struick.

Selain itu, dari 23 November hingga 24 Desember 2024, Timnas Indonesia juga bakal bertarung di Piala AFF 2024. Meski tak masuk kalender FIFA, tetapi Timnas Indonesia menargetkan juara demi menyudahi enam kutukan tak pernah juara setelah tumbang di partai final.

Mengingat padatnya jadwal, ada kemungkinan di ajang Piala AFF 2024 nanti Shin Tae-yong akan memanggil pemain lain. Pemanggilan ini bertujuan agar ke-22 pemain yang dipanggil pada Juni 2024 ini punya waktu yang cukup untuk recovery karena mereka juga akan mengarungi duel-duel lainnya bersama Timnas Indonesia dan belum lagi memperkuat klub masing-masing.

PSSI, terlebih Shin Tae-yong tak perlu oleng dan panik. Indonesia masih punya banyak stok pemain mumpuni untuk bisa diterjunkan ke Piala AFF 2024.

Soal kualitas dan jam terbang tak diragukan lagi, karena selain pernah jadi langganan timnas, mereka juga jadi andalan klub sepanjang musim ini. Mau tahu siapa saja bintang-bintang Liga 1 itu? Berikut kita panggilkan:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ilija Spasojevic

Meski telah berusia 36 tahun, pemain yang akrab disapa Spaso ini masih menjadi andalan Bali United di lini depan.

Musim lalu, Spaso mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pendulang gol produktif di Liga 1 2022/2023 dengan total 17 lesakan. Musim ini, striker andalan pelatih Stefano Cugurra mengemas delapan gol dan satu assist dari 32 laga.

Naluri golnya masih tinggi dan gerakan serta gocekannya juga masih oke seperti musim-musim sebelumnya. Tak heran kalau perannya di Serdadu Tridatu masih sangat vital.

Melihat kiprah dan jam terbangnya, tak ada salahnya jika Shin Tae-yong kembali memberikan kesempatan kepada pemain naturalisasi ini.

3 dari 6 halaman

Stefano Lilipaly

Banyak yang terheran-heran karena Shin Tae-yong tak lagi memanggilnya ke Timnas Indonesia. Padahal, kalau mau jujur, Stefano Lilipaly belum habis.

Mendapat kepercayaan dalam 34 laga bersama Borneo FC di pentas Liga 1 2023/2024 dengan torehan 11 gol serta 17 assist membuktikan kalau gelandang 34 tahun ini masih jos gandos.

Katakanlah ia benar-benar absen dalam dua laga kualifikasi Piala Dunoa 2026 zona Asia, tapi jika melihat performanya yang masih terjaga di Liga 1, tak salah kalau Shin Tae-yong memanfaatkan tenaga dan pikirannya di Piala AFF 2024 mendatang.

4 dari 6 halaman

Ezra Wallian

Sepanjang musim ini, pemain naturalisasi yang satu ini kebanyakan bermain dari bangku cadangan. Total, 35 kali dia bermain dari bangku cadangan Persib Bandung.

Meski begitu, tak ada yang berani menyangkal peran pentingnya bagi skuad besutan Bojan Hodak.

Sebelumnya, Ezra Wallian beberapa kali memperkuat Timnas Indonesia. Hanya saja, perannya di Tim Garuda seakan tak diperlukan lagi seiring dengan masuknya beberapa pemain keturunan asal Belanda yang mengisi posisinya.

Masih terbilang muda, 26 tahun, Ezra Wallian pastinya berharap bisa kembali memperkuat timnas besutan Shin Tae-yong di Piala AFF 2024.

5 dari 6 halaman

Marc Klok

Cabut dari Persija Jakarta lalu bergabung dengan Persib Bandung pada 2021 membawa berkah tersendiri bagi pemain Warga Negara Indonesia (WNI) lewat program naturalisasi ini.

Musim ini, gelandang pekerja keras berusia 31 tahun itu berpeluang memenangkan gelar Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 usai memenangkan leg pertama final kontra Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (26/5/2024).

Kemenangan 3-0 tersebut membuat Persib hanya butuh hasil imbang di laga kedua yang rencananya akan berlangsung pada Jumat (31/5/2024) di Stadion Bangkalan Madura.

Torehan gemilang Marc Klok sepanjang musim ini bersama Maung Bandung menandakan kalau dirinya masih layak mendapat satu tempai di skuad Indonesia di ajang Piala AFF 2024. Masa Shin Tae-yong tidak tertarik?

6 dari 6 halaman

Diego Michiels

Masih ingat dengan bek yang kini sudah berusia 33 tahun ini kan? Dulu, Diego Michiels merupakan langganan Timnas Indonesia.

Kiprah cemerlangnya bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 membawanya ke tim senior dan namanya begitu akrab dengan telinga pemuja setia Tim Garuda.

Lama tak muncul, bek yang pernah memperkuat Go Ahead Eagles, Belanda, itu kemudian memilih fokus bersama Sriwjaya FC, Arema, Mitra Kukar, dan sejak 2022 kembali ke pangkuan Borneo FC.

Bersama Pesut Etam, Diego Michiels tak cuma sekadar pemain andalan di jantung pertahanan melainkan juga kapten tim. Kepercayaan tersebut membuat Diego Michiels tampil lebih tenang namun tetap trengginas tanpa kompromi.

Kebugarannya yang masih terjaga semacam sinyal kuat kepada Shin Tae-yong kalau dirinya belum habis dan siap kembali membela panji-panji kebesaran Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer