Sukses


Timnas Indonesia Tanpa Bang Jay dan Justin Hubner saat Jumpa Tanzania, Lini Belakang Tetap Solid?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan bersua Tanzania pada laga uji coba jelang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun melakoni duel tersebut, Tim Garuda dipastikan tak diperkuat duo bek tangguh, Jay Idzes dan Justin Hubner.

Duel Timnas Indonesia versus Timnas Tanzania berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/5/2024) sore WIB. Pertandingan tersebut merupakan persiapan Tim Garuda untuk menghadapi dua laga terakhir putaran kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan bersua Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Laga kontra Irak akan berlangsung pada 6 Juni mendatang, sedangkan pertandingan melawan Filipina dihelat pada 11 Juni 2024.

Melakoni pertandingan tersebut, Tim Garuda hanya membutuhkan tiga poin tambahan demi bisa melenggang ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di urutan kedua Grup F dengan nilai tujuh, hasil dari dua kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan. Tim Merah-Putih tertinggal lima poin dari Irak yang sudah memastikan diri lolos, dan empat angka atas Vietnam di urutan ketiga.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tanpa Jay Idzes dan Justin Hubner

Untuk mempersiapkan diri menjalani tiga pertandingan tersebut, Skuad Garuda juga sudah memulai pemusatan latihan. Training camp hari pertama Timnas Indonesia digelar di Lapangan B Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2024) sore WIB.

Namun dalam duel melawan Tanzania, Timnas Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat Jay Idzes dan Justin Hubner. Khusus Jay Idzes, Shin Tae-yong menjelaskan bek naturalisasi kelahiran Geldrop-Mierlo, Belanda, itu baru bisa merapat ke Timnas Indonesia pada 5 Juni 2024.

Jay Idzes masih dibutuhkan Venezia untuk babak final play-off Serie B 2023/2024 untuk promosi ke Serie A musim depan melawan Cremonese pada 31 Mei 2024 dan 3 Juni 2024.

Alhasil, pemain yang dijuluki bang Jay oleh pendukung Tim Garuda tersebut tak hanya absen melawan Tanzania, tetapi juga kontra Irak. Adapun Justin Hubner baru bergabung dengan Timnas Indonesia pada hari H pertandingan melawan Tanzania.

"Jadi Jay Idzes baru akan sampai di Indonesia pada 5 Juni. Jadi untuk tanggal 6 pertandingan lawan Irak, Jay tidak akan bermain. Lalu, Justin (Hubner) akan datang ke Indonesia setelah bermain di J-League pada 2 Juni," jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3 dari 5 halaman

Lini Belakang Tetap Solid?

Dengan absennya kedua nama tersebut, apakah lini belakang Timnas Indonesia akan tetap solid ketika berhadapan dengan Tanzania? Jawabannya tentu saja iya.

Sebab, Tim Garuda masih memiliki bek-bek tangguh lainnya untuk menghuni pos di jantung pertahanan. Dengan menerapkan taktik 3-4-3, Shin Tae-yong bisa menurunkan Rizky Ridho, Jordi Amat, Muhammad Ferarri untuk bermain sebagai tiga bek sejajar di jantung pertahanan.

Selain itu, Timnas Indonesia juga masih memiliki Sandy Walsh yang bisa tampil sebagai bek tengah. Meski berposisi sebagai bek kanan, Sandy juga beberapa kali diplot bermain sebagai bek tengah.

Dia pun tampil cukup oke, seperti ketika Timnas Indonesia mengalahkan Turkmenistan dengan skor 4-0 pada partai uji coba, 8 September 2023, dan menang 1-0 atas Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 19 Januari 2024.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia:

Kiper: Ernando Ari, Adi Satryo

Bek: Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho, Jay Idzes, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Yance Sayuri, Asnawi Mangkualam, Nathan Tjoe-A-On

Gelandang: Thom Haye, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri

Penyerang: Rafael Struick, Dimas Drajad, Ragnar Oratmangoen

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia:

Timnas Indonesia Vs Timnas Tanzania

  • Laga Uji Coba
  • Stadion Madya, Jakarta
  • Hari: Minggu, 2 Juni 2024
  • Kick-off: Pukul 16.00 WIB

Timnas Indonesia Vs Timnas Irak

  • Kualifikasi Piala Dunia 2026
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Hari: Kamis, 6 Juni 2026
  • Kick-off: pukul 16.00 WIB

Timnas Indonesia Vs Timnas Filipina

  • Kualifikasi Piala Dunia 2026
  • Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
  • Hari: Selasa, 11 Juni 2026
  • Kick-off: pukul 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer