Sukses


Persib Juara BRI Liga 1, Legenda Maung Bandung Tegaskan Peran Penting David da Silva dan Ciro Alves

Bola.com, Bandung - Persib Bandung menjadi juara BRI Liga 1 2023/2024. Maung Bandung melewati musim yang mengesankan sejak regular series hingga akhirnya memenangi partai puncak dengan agregat 6-1 kontra Madura United.

Persib Bandung tercatat sebagai tim paling produktif dengan torehan 65 gol, meski berstatus runner-up regular series. Sementara di championship series, Maung Bandung sukses mencetak 10 gol dalam empat laga. Total ada 75 gol yang dibukukan sepanjang musim ini.

Legenda Persib, Atep Rizal, menyebut bahwa David da Silva dan Ciro Alves adalah dua pemain yang punya peran besar dalam prestasi ini. Mereka mampu menunjukkan ketajaman dalam mencetak gol.

“Semua pemain memberi kontribusi. Namun, DDS dan Ciro ini punya pengaruh yang besar," ujar Atep, Sabtu (1/6/2024).

"Kelebihan pemain Persib ini lebih banyak menunggu dan mengandalkan serangan balik. Dua pemain ini juga cocok dengan strategi Bojan Hodak,” ungkap legenda Persib Bandung itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Torehan Luar Biasa David da Silva dan Ciro Alves

Duo penyerang asal Brasil itu memang menjadi duet mematikan di Persib Bandung. David da Silva merupakan striker andalan, sedangkan Ciro Alves yang menempati pos winger kiri. 

David misalnya, selama regular series saja, dia mampu mencetak 26 gol dan delapan assist dalam 8 penampilan. Itu masih ditambah empat gol dan satu assist selama championship series. Total, David mencetak 30 gol dan juga meraih gelar top scorer musim ini.

Ciro Alves pun tidak ketinggalan. Total sejak regular series, dia menyumbang 16 gol dan 13 assist selama 35 pertandingan musim ini. Catatan itu berada tepat di bawah David da Silva dalam urusan kontribusi terbaik untuk Maung Bandung.

Dua nama ini mampu saling mengisi peran demi membawa Persib mendulang kemenangan. Ciro dan David berbagi assist dan gol yang membuat klubnya melaju ke partai puncak Liga 1 musim ini.

“DDS punya kecepatan dalam membawa bola dan mencetak gol. Ciro juga punya potensi, tapi dia mau menurunkan egonya dan memberi peluang kepada siapa pun untuk mencetak gol. Dia yakin dalam pertandingan tim akan menang,” ucap Atep.

3 dari 3 halaman

Menakutkan dan Mengerikan

Pergerakan Ciro Alves sebagai winger juga menjadi yang paling menakutkan sepanjang musim ini. Dia sudah berkarier di Liga 1 sejak 2019 dan kemampuan dribel, passing, serta tembakan yang dimilikinya mampu mengancam lawan.

David malah lebih mengerikan. Dia punya atribut lengkap untuk menjadi pemain dengan titel terbaik dalam sejarah Liga 1. Striker berusia 34 tahun itu memiliki kemampuan membawa bola, duel udara, dan tembakan yang mematikan.

Atep sendiri merupakan pemain kelahiran Kuningan yang tercatat pernah berseragam Persib Bandung pada 2008-2018. Dia bahkan sempat ditunjuk sebagai kapten. Prestasi gemilangnya adalah membawa Maung Bandung menjuarai ISL 2014.

Sumber: Live YouTube Liputan6

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer