Sukses


Timnas Indonesia Vs Tanzania, Momentum Kembali Membangun Chemistry Tim

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Tanzania dalam laga uji coba. Pertandingan itu menjadi pemanasan bagi tim Garuda sebelum bertarung dalam dua laga terakhir putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia kontra Tanzania berlangsung di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/6/2024). Laga ini dimulai pada pukul 15.30 WIB.

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, memberikan pandangannya perihal agenda uji coba yang digelar Tim Merah-Putih. Apa katanya?

"Menurut saya laga melawan Tanzania akan menjadi cek terakhir oleh Shin Tae-yong terutama masalah kebugaran fisik pemain," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Sabtu (1/6/2024).

"Ya mengingat sebelum bergabung ke tim nasional, rata-rata pemain sudah dalam kondisi libur pasca-kompetisi. Meski ada beberapa pemain yang masih bermain di luar negeri," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menyatukan Chemistry

Menurut Erwan Hendarwanto, Timnas Indonesia bisa memanfaatkan laga uji coba untuk membangun kembali chemistry para pemain. Sebab, mereka sudah cukup lama tidak berkumpul.

"Yang kedua menyatukan kembali chemistry pemain karena timnas senior jedanya cukup panjang," kata mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

"Dari dua hal tersebut baik untuk cek fisik dan bangun kekompakan tim, STY bisa menyiapkan komposisi terbaik ketika berhadapan dengan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Momentum

Timnas Indonesia tidak lama lagi melanjutkan kiprah di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Tim Garuda akan menjalani dua laga tersisa Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Armada Shin Tae-yong tersebut bersua Irak lebih dulu pada 6 Juni 2024. Lima hari kemudian, giliran Filipina bertandang ke Jakarta. Garuda hanya butuh satu kemenangan dari dua laga tersebut untuk lolos ke fase selanjutnya.

"Saat ini harus dijadikan momentum bangkitkan sepak bola Indonesia, siapapun lawannya harus optimis kita bisa menang dan lolos ke babak ketiga," ucap Erwan Hendarwanto.

"Apalagi lawan Irak dan Filipina, Timnas Indonesia bermain di kandang sendiri. Semangat juang para pemain akan berlipat-lipat dengan dukungan penuh suporter," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Klasemen

Menilik tabel klasemen, Garuda saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Asnawi Mangkualam dkk. membukukan tujuh poin dari empat laga yang dijalani.

Puncak klasemen ditempati Irak dengan poin sempurna yakni 12. Posisi ketiga dihuni Vietnam dengan nilai empat. Adapun Filipina tercecer di dasar klasemen dengan satu angka.

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  4  4  0  0  12-1  12
2  Timnas Indonesia  4  2  1  1  6-6  7
3  Vietnam  4  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  4  0   1  3  1-9  1
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer