Sukses


Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto Ungkap Kondisi Terkini Pemain Diaspora: 2 Pemain Gabung TC di Solo

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia U-16 bakal diperkuat beberapa pemain diaspora pada Piala AFF U-16 2024. Setidaknya ada empat nama yang kini bergabung dalam pemusatan latihan atau training center (TC) skuad Garuda Muda.

Mereka adalah Matthew Kohnke yang saat ini menimba ilmu di Captiva Sports Academy, Spanyol dan gelandang yang mengenyam sekolah sepak bola di Prancis bersama PSG International, Diego Sinathrya.

Matthew dan Diego sudah menjalani TC bersama Garuda Muda sejak awal Mei lalu di Yogyakarta. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, membeberkan perkembangan para pemain tersebut.

"Secara progres mereka sangat baik ya, ada Matthew sama Diego yang gabung pemusatan latihan di Yogyakarta," ujar Nova Arianto kepada Bola.com.

"Saya lihat secara kualitas dia meningkat dan sesuai dengan apa yang saya mau. Kami akan lihat nantinya karena ada dua pemain lagi akan datang di Solo," sambungnya.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Gabung TC di Solo

Dua pemain diaspora yang dimaksud adalah Lucas Raphael Lee dan Matthew Sitorus Baker. Mereka rencananya bertolak ke Tanah Air pada 3 dan 6 Juni 2024. Keduanya akan langsung gabung pemusatan latihan di Kota Bengawan.

"Mereka adalah Matthew Baker dan Lucas Lee, kami akan lihat situasinya dan nanti kami akan pilih 23 pemain terbaik yang akan tampil di Piala AFF U-16," kata Nova Arianto.

Sebetulnya pada awal Mei 2024, ada enam pemain diaspora yang dipanggil TC. Selain Diego Sinathrya, Lucas Raphael Lee, serta Matthew Sitorus Baker, adapula Ocean Erwin Lim, Eizar Tanjung, dan Miroslav Momor. Namun, tiga nama terakhir gagal lolos seleksi.

"Ya, Lucas Lee dan Matthew Baker pernah seleksi awal tapi ada kompetisi di negaranya yang mereka harus kembali, setelah itu kami baru bisa panggil lagi," jelas pelatih berusia 44 tahun itu.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Persiapan Piala AFF U-16 2024

Timnas Indonesia U-16 tidak lama lagi berlaga di Piala AFF U-16 2024. Turnamen kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu berlangsung di Solo, Jawa Tengah mulai 24 Juni-4 Juli mendatang.

Tim Garuda Muda terus mematangkan persiapan dengan menggelar rangkaian TC di Yogyakarta selama sebulan lebih. Skuad Timnas Indonesia U-16 kini telah bergeser ke Solo untuk melanjutkan program latihan di sana.

Berdasarkan hasil undian Piala AFF U-16 2024 yang berlangsung pada Kamis (30/5/2024), Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura.

Adapun Grup B diisi oleh Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sementara Thailand, Malaysia, Timor Leste, serta Australia bergabung di Grup C.

Video Populer

Foto Populer