Sukses


Prediksi Starting XI Ideal Timnas Indonesia Vs Filipina: Bang Jay Wajib Ada Sih

Bola.com, Jakarta - Tak ada alasan bagi Timnas Indonesia untuk kembali kalah saat bersua Filipina. Kemenangan adalah harga yang tak bisa ditawar-tawar oleh pelatih Shin Tae-yong dan pasukannya.

Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta dalam laga lanjutan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (11/6).

Sebelumnnya, di tempat yang sama, Indonesia gagal meraih kemenangan dari Irak dan harus mengakui ketangguhan Singa Mesopotomia dua gol tanpa balas. Padahal, jika saja bisa memenangkan duel, Tim Garuda sudah dipastikan lolos ke babak ketiga kualifikasi.

Timnas Indonesia saat ini bercokol di posisi kedua Grup F dengan torehan tujuh poin, sementara Filipina, yang juga kalah 2-3 pada hari sama dari Vietnam, masih terkapar di dasar klasemen dengan tabungan sebiji poin.

Irak sendiri masih perkasa di puncak dengan 15 poin tanpa terkalahkan dalam lima laga dan kini juga mengincar kemenangan sempurna dari Vietnam pada laga terakhir. Sementara, Vietnam di posisi ketiga dan hanya terpaut satu poin dari Indonesia (6).

Ketatnya persaingan membuat Timnas Indonesia tak boleh kalah dari The Azkals besutan Tom Saintfiet. "Kami tak bisa mundur dan harus lebih kerja keras," kata Shin Tae-yong terkait target kemenangan atas Filipina nanti.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jay Idzes Saatnya Main?

Sejauh ini, Timnas Indonesia dan Filipina sudah bertemu 28 kali. Hasilnya, Indonesia menang 23 kali, empat kali imbang, dan hanya sekali mengalami kekalahan. Jadi, kini saatnya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan untuk memperpanjang rekor kemenangan.

Dari materi pemain, bakal ada mencolok. Bisa dipastikan, Shin Tae-yong akan menurunkan dua amunisi anyarnya, Calvin Verdonk dan Jay Idzes. Keduanya tak bisa diturunkan kala melawan Irak. Calvin Verdonk masih proses perpindahan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), sedangkan Jay Idzes berjuang membawa klubnya, Venezia, promosi ke Serie A 2024/2025 via playoff Serie B melawan Cremonese.

Dengan masuknya Calvin Verdonk serta Jay Idzes, besar kemungkinan ada perubahan di starting XI, terlebih di lini belakang. Jay Idzes akan mengisi posisi bek tengah menggantikan Jordi Amat yang diganjar kartu merah, sedangkan Calvin Verdonk di sisi kiri pertahan. Justin Hubner sendiri akan kembali berperan sebagai bek kanan.

Kehadiran duo bek tangguh tersebut dalam formasi 3-4-3 tentunya lebih memperkokoh jantung pertahanan Indonesia sekaligus membuat Ernando Ari lebih tenang berdiri di bawah mistar mengingat keduanya merupakan defender kaya pengalaman di level atas liga top Eropa bersama klubnya masing-masing.

Di lini tengah dan depan kemungkinan tak akan mengalami perubahan. Empat gelandang yakni Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, serta Thom Haye selaku maestro pengatur serangan.

Di lini depan, Shin Tae-yong sepertinya masih memplot Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick sebagai target man.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Cadangan Siap Beri Pengaruh

Di bangku cadangan nama-nama beken seperti Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri, Ricky Kambuaya, dan Egy Maulana Vikri siap lahir bathin menunggu perintah STY.

Melihat materi pemain yang sebagian besar dijejali amunisi naturalisasi dan mendapat dukungan ribuan pendukung setianya, Indonesia wajib menang. Titik!

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Starting XI Indonesia vs Filipina

  • Kiper: Ernando Ari
  • Belakang: Calvin Verdonk, Jay Idzes, Justin Hubner
  • Tengah: Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, Thom Haye
  • Depan: Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

Video Populer

Foto Populer