Sukses


Erick Thohir: Timnas Indonesia Bukan Lagi Anak Bawang

Bola.com, Jakarta - Performa Timnas Indonesia diberbagai kelompok umur terus memperlihatkan perkembangan yang signifikan. Ketua PSSI, Erick Thohir, pun menegaskan jika Tim Garuda kini bukan lagi anak bawang yang bisa dipandang sebelah mata.

Saat ini, Timnas Indonesia tengah berjuang lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Anak asuh Shin Tae-yong tersebut berada di urutan kedua Grup F dengan nilai tujuh.

Mereka tertinggal delapan poin dari Timnas Irak yang berada di posisi teratas, dan unggul satu angka atas Vietnam di peringkat ketiga. Adapun Filipina berada di dasar Grup F dengan koleksi satu angka.

Dengan pertandingan putaran kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia hanya menyisakan satu laga lagi, Tim Garuda wajib meraih kemenangan demi bisa meraih tiket lolos ke putaran ketiga.

Pada pertandingan terakhir, Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/6/2024) malam WIB.

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bakal Ukir Sejarah

Andai berhasil melenggang ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia akan mengukir sejarah. Sebab, itu adalah untuk pertama kalinya Tim Garuda lolos ke fase tersebut, meskipun sebelumnya pernah berlaga di Piala Dunia 1938 dengan menggunakan nama Hindia Belanda.

Sebelumnya, Timnas Indonesia juga menorehkan sejarah di Piala Asia 2023. Untuk pertama kalinya, Tim Garuda sukses menembus 16 besar turnamen antarnegara di Asia tersebut.

Timnas Indonesia U-23 juga tak mau ketinggalan mengukir pencapaian gemilang. Marselino Ferdinan dkk. berhasil menembus semifinal Piala Asia U-23 2024 pada keikutsertaan yang perdana di ajang tersebut.

3 dari 4 halaman

Bukan Anak Bawang

Ketua PSSI, Erick Thohir, menegaskan Timnas Indonesia bukan lagi anak bawang dan bisa dianggap remeh. Dia menyebut Tim Garuda perlahan-lahan mulai mampu bersaing dengan tim-tim di level Asia.

"Untuk sekarang, kita harus kembali berjibaku. Bagaimana memastikan Timnas Indonesia bisa atau tidak lolos ke fase grup putaran kedua, putaran ketiga, dan juga lolos ke Piala Dunia," ujar Erick Thohir selepas Kongres PSSI di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (10/6/2024) sore WIB.

"Ini tidak mudah, tetapi ini adalah perjuangan sama-sama. Timnas Indonesia kini bukan lagi anak bawang yang dipandang sebelah mata. Terima kasih, sebagai juara dunia, Argentina bisa bertanding di Indonesia."

"Kita mau buat sebuah prestasi mengalahkan Australia, Korea Selatan di sebuah kejuaran besar, kejuaran resmi. Dan inilah yang selalu saya ingatkan kembali, tidak boleh berpuas diri," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Wajib Menang

Erick Thohir juga menegaskan Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan demi menjaga asa tampil di Piala Dunia 2026. Oleh karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut meminta Tim Garuda meningkatkan performa, agar bisa memetik hasil maksimal.

"Kalau mimpi kita mau ke Piala dunia, kita harus menang lawan Filipina, lalu kita persiapkan secara serius untuk tentu kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia," kata Erick.

"Timnya yang ada pun hari ini harus ditingkatkan lagi, karena ketika kita masuk 18 besar Asia ini tidak mudah pertandingannya. Jadi kita harus terus berpacu meningkatkan tim nasional kita," ujarnya.

Video Populer

Foto Populer