Sukses


Rekor Baru Timnas Indonesia, Pertama Kali Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026!

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda melaju setelah mengalahkan Filipina 2-0 pada laga terakhir Grup F putaran kedua di SUGBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dengan kemenangan ini, Indonesia mengunci posisi kedua setelah Irak dengan 10 poin. Vietnam yang akan bertemu Irak di laga terakhir, sudah tak bisa mengejar poin Indonesia walaupun menang.

Timnas Indonesia pun sudah memastikan satu tempat di Piala Asia 2027 yang akan digelar di Arab Saudi. Sedangkan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024 mendatang.

Ini merupakan sejarah baru dalam kiprah Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia. Sebab, skuad Garuda punya catatan paling mentok hanya berhasil sampai babak kedua.

Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat dalam babak ketiga nanti untuk delapan kuota AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Untuk saat ini, belum diketahui kapan undian pembagian grup akan dilakukan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lewati Rekor 1986

Dekadei 1980-an menjadi masa yang menarik untuk sepak bola Indonesia. Timnas Indonesia cukup dekat untuk lolos ke Piala Dunia 1986 yang saat itu digelar di Meksiko.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Sinyo Aliandoe adalah langkah terjauh di Kualifikasi Piala Dunia, namun sebetulnya, untuk menuju Piala Dunia masih jauh dari genggaman.

Saat itu Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran kedua Pra-Piala Dunia atau Kualifikasi Piala Dunia 1986. Itu adalah laju terjauh yang bisa dilakukan Skuad Garuda.

Fase itu menghadirkan empat pertandingan. Selain Timnas Indonesia kontra Korea Selatan, ada pula pertemuan juara masing-masing Sub Grup, yakni Uni Emirat Arab vs Irak, Suriah vs Bahrain, dan Hong Kong vs Jepang.

Sebenarnya, penentuan siapa yang akan mewakili Asia pada Piala Dunia 1986 akan terjadi pada babak atau putaran ketiga Pra-Piala Dunia 1986. Sebab, empat tim tersisa akan memperebutkan dua tiket ke Meksiko.

Namun, saat itu laju Timnas Indonesia dihentikan Korea Selatan. Indonesia kalah dalam laga yang berlangsung dua leg di Seoul dan Jakarta.

3 dari 4 halaman

Era Kolonial

Timnas Indonesia sampai saat ini memiliki catatan menarik. Sampai saat ini Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang tampil di putaran final Piala Dunia.

Itu terjadi pada edisi Piala Dunia 1938 di Prancis. Namun, saat itu Indonsia yang belum merdeka dari penjajahan masih menyandang nama Hindia Belanda.

Laju Timnas Indonesia saat itu terhenti pada fase pertama. Mereka kalah 0-6 dari Hungaria dalam laga yang digelar di Reims, Prancis.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup F

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  6  5  0  0  14-1  15
2  Timnas Indonesia  6  3  1  2  8-8  10
3  Vietnam  5  2  0  3  5-7  6
4  Filipina  5  0   1  5  3-14  1

Video Populer

Foto Populer