Sukses


Thailand Gagal di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Madame Pang Menangis Minta Maaf

Bola.com, Jakarta - Timnas Thailand terpaksa mengubur asa lolos ke Piala Dunia 2026. Petualangan mereka terhenti hanya sampai babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan status peringkat ketiga Grup C.

Timnas Thailand bersua Singapura dalam laga terakhir Grup C di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Bermain di kandang sendiri, Thailand mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

Ketiga gol kemenangan Timnas Thailand dicetak Suphanat Mueanta pada menit ke-37, Poramet Arjvirai menit ke-79, dan Jaroensak Wonggorn menit ke-86. Adapun gol tunggal Singapura disarangkan Ikhsan Fandi menit ke-57.

Sayangnya, hasil tersebut tak cukup membawa Timnas Thailand lolos ke putaran ketiga. Tim yang dijuluki Gajah Perang tersebut harus puas berada di urutan ketiga Grup C dengan nilai delapan, kalah head to head dari China yang menempati peringkat kedua.

Hal ini membuat FAT (federasi sepak bola Thailand) gagal memenuhi ekspektasi masyarakat Thailand. Presiden FAT, Nualphan Lamsam, menyampaikan permintaan maaf secara terbuka sambil menitikkan air mata melihat kegagalan itu.

“Saya harus meminta maaf kepada masyarakat Thailand. Penggemar sepak bola Thailand di seluruh negeri. Dalam pertandingan ini para pemain muda bermain sangat baik,” kata wanita yang akrab disapa Madame Pang itu seperti dikutip Siamsport, Rabu (12/6/2024). 

“Perasaan semua orang yang sudah lama mengabdi pada negara, Mui (Teerasil Dangda), Jay (Chanathip Songkrasin), Aum (Teerathorn Bunmathan) sangat kecewa.”

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Masuk Grup Tak Mudah

Di Grup C, Thailand bisa dibilang masuk grup yang tidak mudah harus bersaing dengan Korea Selatan, China, dan Singapura. Singapura mungkin bisa diatasi, sedangkan China sedang dalam prestasi menurun.

Hasilnya, Thailand dua kali menundukkan Singapura. Mereka juga sempat mengejutkan dengan menahan 1-1 di kandang Korea Selatan, tapi justru takluk 0-3 saat menjamu tim asal Negeri Ginseng itu.

Tim Gajah Perang tercatat sempat kalah tipis 1-2 melawan China. Di pertemuan kedua, Thailand harus mengalahkan China, sayangnya malah berakhir seri 1-1 pada 6 Juni 2024.

 

3 dari 4 halaman

Patah Hati

Kegagalan mengalahkan China itu memberi dampak pada hasil Thailand. Di laga terakhir, kemenangan 3-1 atas Singapura tidak membuat mereka lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 karena kalah head-to-head dengan China.

“Pertandingan ini (melawan Singapura) menentukan nasib banyak orang. Namun saya berterima kasih kepada para pemain muda yang telah melakukan yang terbaik. Terima kasih kepada para penggemar yang datang berbondong-bondong,” kata Madame Pang.

“Saya benar-benar minta maaf kepada semua penggemar sepak bola. Saya memahami bahwa ini adalah harapan para penggemar sepak bola Thailand di seluruh negeri. Ini adalah harapan dari asosiasi dan setiap pemain di negeri ini. Semua orang mengatakan sebelumnya bahwa apa pun yang terjadi, kita harus melakukannya. Kami benar-benar kehilangan,” imbuhnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Tatap Kualifikasi Piala Asia 2027

Thailand masih akan melakoni babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2027, namun belum ada kepastian jadwalnya untuk saat ini.

Timnas Indonesia tercatat sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara yang menembus babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus putaran final Piala Asia 2027. Itu berkat status runner-up Grup F.

Ini merupakan sejarah baru dalam kiprah Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia. Skuad Garuda punya catatan paling mentok hanya berhasil sampai babak kedua.

Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada September 2024. Sebanyak 18 negara Asia akan berebut tempat dalam babak ketiga nanti untuk delapan kuota AFC dalam kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari 18 negara, mereka akan terbagi ke tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Undian pembagian grup babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakukan pada 27 Juni 2024.   

Video Populer

Foto Populer