Sukses


Nova Arianto Kembali Fokus Tangani Timnas Indonesia U-16, Shin Tae-yong Menitipkan Pesan dan Saran Penting

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan dukungan penuh kepada salah satu asistennya, Nova Arianto, yang kini fokus menangani Timnas Indonesia U-16 menjelang Piala AFF U-16 2024.

Nova Arianto memang menjadi salah satu asisten Shin Tae-yong yang paling sibuk. Sebab, dia mondar-mandir menjalankan tugasnya sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 dan senior, lalu mengasuh Timnas Indonesia U-16 selaku pelatih kepala.

Yang paling baru, Nova yang tengah mempersiapkan Timnas U-16 di Solo menjelang Piala AFF U-16 2024, harus bertolak ke Jakarta untuk membantu Timnas Indonesia pada lanjutan Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Setelah laga terakhir Timnas Indonesia melawan Filipina yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (11/6/2024), pelatih berusia 44 tahun ini langsung kembali ke Solo untuk melanjutkan tugasnya bersama Timnas Indonesia U-16.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pesan Shin Tae-yong

Sebelum kembali ke Solo, Nova Arianto sudah berpamitan dengan Shin Tae-yong untuk kembali mengasuh Timnas Indonesia U-16. Dia mengatakan pelatih asal Korea Selatan itu menitipkan beberapa pesan kepadanya.

“Sebelum pulang dari Timnas senior, saya sudah izin kepada Coach Shin Tae-yong karena harus kembali ke Solo untuk menangani Timnas Indonesia U-16,” ujar Nova Arianto, Rabu (12/6/2024).

“Coach Shin Tae-yong hanya berpesan bahwa saya harus memberikan yang terbaik. Semoga hal-hal yang sudah kita persiapkan selama ini bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Beri Masukan Penting

Nova memang menjadi salah satu asisten yang paling awet mendampingi Shin Tae-yong di berbagai kelompok usia. Dia sudah bertugas sejak medio Januari 2020 atau sebulan setelah STY meneken kontrak bersama PSSI.

Menurut pelatih kelahiran Semarang ini, bosnya itu selalu memberikan masukan-masukan penting. Ini menjadi modal bagi Nova agar bisa menjalankan tugasnya secara lebih maksimal bersama Timnas Indonesia U-16.

“Coach Shin juga selalu memberikan masukan-masukan kepada saya agar ke depannya bisa lebih baik. Komunikasi dengan Coach Shin juga masih terus berjalan,” ujar pelatih kelahiran 4 November 1978 itu.

4 dari 4 halaman

Tak Bisa Dampingi

Setelah menyelesaikan tugasnya meloloskan Timnas Indonesia ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Shin Tae-yong akan pulang kampung ke Negeri Ginseng selama sebulan.

Dengan demikian, STY tak bisa memantau langsung pekerjaan Nova bersama Timnas Indonesia U-16. Sebab, Piala AFF U-16 2024 bakal bergulir pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

“Rencananya, Coach Shin akan kembali ke Korea Selatan tanggal 15 Juni, setelah itu baru kembali lagi ke Indonesia pada 20 Juli. Jadi otomatis waktunya tidak ketemu,” ujarnya.

Video Populer

Foto Populer