Sukses


Tangani Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto Temukan Masalah yang Sering Dikeluhkan Shin Tae-yong di Level Senior

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, masih berusaha memperbaiki sejumlah kekurangan anak asuhnya masih menjadi masalah menjelang turnamen Piala AFF U-16 2024.

Nova Arianto mengatakan, persiapan Timnas Indonesia U-16 telah mencapai 75%. Dia berharap, para pemainnya bisa terus berkembang hingga berlangsungnya Piala AFF U-16 2024 pada 21 Juni sampai 4 Juli 2024.

“Sejauh ini persiapan Timnas Indonesia U-16 menuju Piala AFF U-16 2024 sudah mencapai 75%. Saya berharap, sebelum masuk turnamen, persiapannya sudah mencapai 80%,” kata Nova Arianto.

“Dan semoga pada setiap pertandingan, para pemain Timnas Indonesia U-16 bisa semakin berprogres dan meningkat. Harapannya bisa mencapai 100% pada pertandingan final,” lanjutnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Keluhan Shin Tae-yong

Pelatih berusia 44 tahun itu mengatakan, ada satu masalah paling krusial yang harus mendapatkan perhatian khusus, yakni kebiasaan pemain mengambil sekali saat berhadapan dengan lawan.

Tak jarang, hal ini menghasilkan pelanggaran fatal hingga berbuah hukuman penalti. Menurut Nova, masalah semacam ini sudah sering dikeluhkan Shin Tae-yong, baik saat menangani Timnas U-20, U-23, hingga senior.

“Masih banyak yang harus diperbaiki. Pada laga uji coba ini, pemain-pemain belakang masih mengambil sekali dan itu yang menjadi masalah kita selama ini ya,” ujar pelatih asal

“Sebetulnya masalah ini bukan hanya terjadi di Timnas U-16, tetapi di level U-23 hingga Timnas senior juga sama. Di Timnas U-20 saat saya menemani Coach Shin Tae-yong juga sama,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Harus Lebih Sabar

Menurut asisten yang membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu, para pemain harus belajar lebih bersabar. Mereka mesti memahami momen-momen yang tepat untuk merebut bola dari lawan.

Nova bilang, kemampuan semacam ini memang membutuhkan kematangan. Dia berharap, anak asuhnya bisa belajar lebih bersabar dan mengambil pelajaran dari setiap pertandingan.

“Selama ini, itu menjadi masalah di pemain belakang kita. Jadi, kesabaran mereka harus lebih matang, kapan harus delay, kapan harus intersep, itu yang masih harus diperbaiki,” kata Nova Arianto.

4 dari 4 halaman

Persaingan Grup A

Berdasarkan hasil undian Piala AFF U-16 2024 yang berlangsung pada Kamis (30/5/2024), Timnas Indonesia U-16 yang bertindak sebagai tuan rumah bakal tergabung di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura.

Sementara itu, Grup B diisi oleh Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Adapun empat peserta lainnya, yakni Thailand, Malaysia, Timor Leste, dan Australia akan bergabung di Grup C.

Video Populer

Foto Populer