Sukses


Pesan Tegas Mantan Bek Tangguh Arema FC Asal Brasil: Pemain Lokal Jangan Takut Bersaing dengan Legiun Asing!

Bola.com, Jakarta - Mantan bintang Arema FC, Arthur Cunha da Rocha berharap semua pemain lokal di Indonesia berpikir positif terkait kemungkinan penambahan kuota pemain asing di Liga 1 dan Liga 2.

Menurut pemain yang membela Arema FC selama empat musim ini, penambahan kuota pemain asing untuk Liga 1 dan Liga 2 akan berdampak positif bagi kemajuan sepak bola Indonesia.

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu muncul gerakan atau kampanye yang mengisyaratkan penolakan dari para pemain lokal terhadap kemungkinan penerapan penambahan kuota pemain asing di Liga 1 dan Liga 2.

Menurut rumor, untuk musim 2024/2025 nanti, kuota pemain asing Liga 1 kemungkinan bertambah menjadi 6+2 dan Liga 2 menjadi 3+1. Musim lalu Liga 1 menerapkan regulasi 4+2, dan Liga 2 dengan regulasi 1+1.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bisa Bantu Sepak Bola Indonesia

Meski dalam kongres PSSI 10 Juni lalu belum ditetapkan, namun kekhawatiran para pemain lokal terkait penerapan penambahan kuota pemain asing masih bisa dilihat dari beberapa postingan di sosial media khususnya instagram.

Menurut pria yang pernah membela Persipura itu, harus mempunyai cara pandang yang luas demi kemajuan sepak bola di Indonesia. Arthur mengatakan, sepak bola Indonesia saat ini sudah mulai mengarah ke perkembangan yang positif dan bukan mustahil akan berprestasi di kancah dunia atau Piala Dunia suatu saat nanti.

"Kalau regulasi itu diterapkan maka akan ada enam pemain dan dua cadangan. Tentu kalau dilihat bisa susah pemain lokal bermain di tim pertama karena ada enam pemain asing itu. Tapi, kalau banyak pemain asing, itu juga bisa membantu sepak bola Indonesia naik level," kara Arthur Cunha kepada bola.com, Jumat pagi (14/6/2024).

 

3 dari 3 halaman

Jangan Takut Kalah Bersaing

Arthur menegaskan punya dasar mengatakan hal itu, karena masih dalam hitungan hari Timnas Indonesia meraih prestasi yang cukup gemilang dan bisa dikatakan bersejarah setelah lolos ke fase tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Indonesia memastikan diri lolos ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga terakhir babak penyisihan grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa malam (11/6/2024).

Sepasang gol kemenangan Indonesia dicetak Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56').

Menurut penilaian Arthur setelah pemain aboard memperkuat Timnas Indonesia, kekuatan Indonesia bisa dikatakan menjadi yang terbaik di kawasan ASEAN sekarang ini.

Dan pria yang kini menggeluti bidang financial advisor itu berharap pemain lokal Indonesia tidak menutup mata dengan bukti nyata dari keberhasilan Timnas Indonesia.

"Jangan merasa takut bersaing untuk pemain lokal Indonesia, kasih maksimal selalu dalam setiap latihan, lebih bekerja keras dalam latihan dan disiplin agar mendapatkan posisi utama. Setelah dapat posisi di tim utama, ayo tambah lagi kerja kerasnya, harus mau latihan tambahan," ungkapnya.

"Selain itu, mental juga harus dijaga ya. Badan jaga agar tetap fit agar bisa memberikan yang terbaik di dalam lapangan. Setiap tahun saya lihat sepakbola Indonesia semakin maju, terutama tahun-tahun ini, sepak bola Indonesia menuju prestasi. Semoga Timnas Indonesia masuk Piala Dunia nanti," Arthur Cunha mengakhiri pembicaraan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer