Sukses


Shin Tae-yong Curhat Setelah Nyanyi Heboh dan Joget Luwes: Saya Lebih Mudah Menangis karena Kehangatan Masyarakat Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mencurahkan isi hatinya alias curhat setelah bernyanyi dan berjoget dalam video yang diunggah di YouTube Yang Joon-hyuk pada Selasa (18/6/2024).

Ketika mengunjungi rumah CEO KMK Global Sports Group, Song Chang-geun, Shin Tae-yong terlihat heboh dan luwes ketika melantunkan suara emasnya bergantian bersama istrinya, Cha Young-ju.

"Saya tidak menyangka bisa mendapatkan perlakuan seperti ini. Saya berpikir bagaimana saya bisa membuat komunitas kita nyaman tanpa kendala," ujar Shin Tae-yong.

"Namun, berkat dukungan yang luar biasa dari pelatih Shin Tae-yong yang mengatakan, 'kita harus melakukan sesuatu dengan baik,' saya sangat berterima kasih atas segala bantuan yang diberikan," jelasnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berterima Kasih

"Saya sungguh berterima kasih dari hati saya. Komunitas kita, meskipun tidak banyak yang perlu dikatakan, para anggota yang hadir di sini merasakannya dengan hati mereka," ucap Shin Tae-yong.

Video itu diambil sebelum Shin Tae-yong pulang kampung ke Korea Selatan sejak 14 Juni 2024 setelah meloloskan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Mereka terus mengatakan betapa mereka bersyukur kepada saya, jadi saya juga sangat berterima kasih," imbuh arsitek berusia 53 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Mudah Menangis

"Saya sebenarnya tidak pernah membayangkan berada di acara seperti ini, bahkan satu persen pun tidak terpikirkan oleh saya. Tetapi setelah diberitahu dua hari yang lalu, saya sangat terharu dan merasa sangat dihargai," ungkap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong, yang telah menangani Timnas Indonesia sejak empat setengah tahun lalu atau pada Januari 2020, sudah dianggap bak pahlawan sepak bola Indonesia karena tangan dinginnya selama ini.

"Belakangan ini, saya menjadi lebih mudah menangis di Indonesia. Ini karena hati orang Indonesia sangat hangat. Mereka memiliki sikap yang santai, saling mengalah, dan suka berbagi," imbuh Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Membandingkan dengan Korea Selatan

Shin Tae-yong membandingkan perlakuan masyarakat Negeri Ginseng kepadanya, yang notabene ia adalah pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia.

"Di Korea Selatan, meskipun saya adalah pelatih Piala Dunia 2018, tidak ada yang begitu peduli. Jujur saja, memang benar. Namun, ketika saya datang ke Indonesia, saya malah mendapat banyak perhatian, bertemu dengan orang-orang yang baik, presiden, dan lainnya," tutur Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Diperhatikan

"Mereka memberikan perhatian yang lebih besar kepada komunitas kita daripada kepada saya secara pribadi. Saya sangat berterima kasih untuk itu, hati saya penuh dengan rasa syukur," terang Shin Tae-yong.

"Saya merasa bahwa saya harus bekerja lebih keras di Indonesia di masa depan, dan saya akan berusaha lebih keras lagi. Anggota komunitas kita juga harus hidup lebih baik saat kembali ke Korea Selatan. Terima kasih," paparnya.

Sumber: YouTube Yang Joon-hyuk

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer