Sukses


Nova Arianto Ingin Timnas Indonesia U-16 Tampil 1000% di Piala AFF U-16 2024: Tanggung Jawab Membela Bangsa!

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, berharap anak asuhnya bisa bermain lepas dan tampil enjoy saat menghadapi setiap pertandingan yang tersaji di ajang Piala AFF U-16 2024.

Nova Arianto mengakui, para pemain Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi ujian tersendiri pada Piala AFF U-16 2024. Sebab, bagi sebagian besar pemain, ini merupakan ajang internasional pertamanya.

Sehingga, mereka akan merasakan perbedaan signifikan dari sebelumnya bermain bersama klubnya masing-masing dengan bermain bersama tim nasional. Hal itulah yang bakal jadi pembeda pada ajang ini.

“Bagi Timnas Indonesia U-16, ini memang menjadi Piala AFF pertama ya bagi para pemain. Pemain pasti akan merasakan perbedaan bermain bersama klub dengan tim nasional,” kata Nova dalam sesi konferensi pers, Kamis (20/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tampil Enjoy

Pada pertandingan pertama Grup A, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Singapura. Duel ini menurut jadwal akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Juru taktik berusia 44 tahun itu berharap, para pemain bisa tampil enjoy. I Putu Panji dan kawan-kawan diharapkan mampu menikmati setiap momen pertandingan dan bermain lepas agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Saya di sini hanya berharap pemain bisa enjoy dalam menghadapi setiap pertandingan, menikmati momen bermain bersama Timnas U16. Karena pasti berbeda rasanya bermain bersama klub dengan bermain untuk negara,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Tetap Tanggung Jawab

Namun demikian, Nova tak lantas membiarkan pemainnya bermain tanpa tanggung jawab. Pasalnya, mereka saat ini berstatus sebagai pemain tim nasional yang mewakili bangsa dan negaranya.

Oleh karena itu, pemain dituntut untuk memberikan seluruh kemampuan terbaiknya. Bahkan, kalau perlu, skuad Timnas Indonesia U-16 bisa bermain 1000% dalam menghadapi setiap pertandingan.

“Saya selalu bicara kepada para pemain bahwa ada tanggung jawab saat bermain bersama Timnas U-16. Dan pemain tidak hanya tampil 100% saja, tetapi 150% bahkan 1000% untuk membela bangsanya,” katanya.

4 dari 4 halaman

Berbekal 23 Pemain

Sebelumnya, Nova Arianto juga telah mengumumkan skuad final Timnas Indonesia U-16 pada Rabu (19/6/2024). Dia menetapkan 23 nama pemain yang bakal menjadi andalan di Piala AFF U-16 2024.

Dari semua nama itu, dua pemain di antaranya merupakan penggawa diaspora. Mereka adalah Matthew Baker dan Lucas Raphael Lee. Matthew merupakan pemain asal Melbourne City (Australia), sedangkan Lee berasal dari De Anza Force (Amerika Serikat).

Berdasarkan hasil undian Piala AFF U-16 2024 yang berlangsung pada Kamis (30/5/2024), Timnas Indonesia U-16 yang bertindak sebagai tuan rumah bakal tergabung di Grup A bersama Laos, Filipina, dan Singapura.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer