Sukses


Cara Pemain Lokal dan Diaspora Timnas Indonesia U-16 Membangun Klik: Saling Berbagi Ilmu

Bola.com, Solo - Bek Timnas Indonesia U-16, Raihan Apriansyah Sudrajat, merasa optimistis timnya mampu menumbangkan perlawanan Timnas Laos U-16 pada pertandingan penentuan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia U-16 melawan Laos U-16 ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) pukul 19.30 WIB. Laga ini menjadi penentu nasib kedua kubu.

Raihan Apriansyah pun memiliki keyakinan yang tinggi apabila skuad Garuda Muda mampu menang. Menurutnya, kunci utama untuk menumbangkan lawan ialah bermain dengan lebih percaya diri.

“Saya cukup optimistis kami bisa meraih kemenangan pada pertandingan besok. Karena, seperti yang diajarkan Coach Nova, kami harus bisa bermain lebih percaya diri lagi agar bisa menang,” kata Rayhan saat ditemui di Stadion UNS, Rabu (26/6/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertahanan Kian Kukuh

Sebelumnya, Rayhan menjadi salah satu pemain yang dipasang Nova Arianto ketika Timnas Indonesia U-16 menumbangkan Singapura U-16 pada pertandingan pertama Grup A Piala AFF U-16 2024.

Kala itu, dia bek asal Dewa United Youth ini berduet bersama I Putu Panji Apriawan. Namun, Rayhan harus terdampak kebijakan rotasi pemain yang dilakukan tim pelatih pada laga kedua melawan Filipina.

Dia saat itu hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat Nova memasang trio Putu Cahya, I Putu Panji, dan Andi Faith. Namun, Rayhan memastikan performa sektor pertahanan sudah semakin membaik seiring berjalannya waktu.

“Setiap pertandingan, kami para pemain di sektor pertahanan sudah berkembang menjadi lebih baik. Hari ini kami menggelar latihan terakhir dan meningkatkan penyerangan,” ujar pemain berusia 16 tahun itu.

3 dari 4 halaman

Saling Berbagi Ilmu

Bek tengah yang posturnya mencapai 188 cm itu mengaku nyaman bermain dengan siapa saja, termasuk pemain diaspora kelahiran Australia, Mathew Baker. Rayhan menyebut, komunikasi dengan Baker berjalan lancar.

Keduanya juga sering berbincang untuk bertukar ilmu dan pengalaman. Pemain asal Sumedang, Jawa Barat, ini berharap bisa terus meningkatkan kemampuan lewat pengalaman tampil di Piala AFF U-16 2024.

“Bersama Mathew Baker, kami sudah saling berkomunikasi. Kami saling berbagi ilmu dan pengalaman agar bisa meningkatkan kemampuan,” ujar pemain kelahiran 17 April 2008 tersebut.

4 dari 4 halaman

Kesempatan Bermain

Sejauh ini, Nova Arianto telah memberikan kesempatan bermain bagi nyaris semua pemainnya. Pelatih berusia 44 tahun itu melakukan rotasi pemain besar-besaran pada dua pertandingan awal Grup A.

Tercatat, hanya tinggal beberapa pemain yang belum diturunkan oleh Nova. Dua di antaranya yakni kiper, Rendy Razzaqu dan Dafa Setiawarman. Selain itu, tinggal Algazani Dwi yang belum bermain.

Video Populer

Foto Populer