Sukses


Grup C Adalah Maut! Jalan Timnas Indonesia Mirip Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022: Era Prime Park Hang-seo, Cuma 4 Poin Juru Kunci

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan yang sangat berat di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda harus bersaing di grup neraka yang berisikan tim kuat Asia.

Anak asuh Shin Tae-yong masuk ke Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Sebanyak enam tim ini akan bertarung memperebutkan dua posisi teratas yang jadi slot lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

Menariknya, apa yang dialami oleh Timnas Indonesia mirip dengan Vietnam saat menjalani putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu. Ada lima tim lain yang bersaing dengan Vietnam saat itu.

Saat itu, Vietnam di Grup B yang juga berisikan Jepang, Australia, Arab Saudi, dan China. Bedanya, satu pesaing Vietnam lainnya adalah Oman, sedangkan Timnas Indonesia kini akan menghadapi Bahrain.

Vietnam sendiri bersaing dengan Timnas Indonesia di putaran kualifikasi Piala Dunia 2022. Selain dua tim itu, ada Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Thailand yang bertempur di Grup G.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Putaran Ketiga, Juru Kunci

Pada akhirnya, pasukan Golden Star sukses menang dua kali melawan Garuda dan finis di posisi kedua di bawah Uni Emirat Arab. Vietnam melaju ke putaran ketiga, sedangkan Timnas Indonesia ada di posisi buncit Grup G dengan hanya satu poin dalam delapan laga.

Vietnam yang melaju ke putaran ketiga menghadapi tim-tim kuat dan mereka tak kuasa mengatasi kualitas permainan tim pesaing Grup B putaran ketiga. Di bawah arahan Park Hang-seo, Vietnam selalu kebobolan di Grup B.

Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Oman bergantian menggasak Vietnam. Australia, Arab Saudi, dan Oman bahkan sukses dua kali mengalahkan Vietnam. 

Vietnam pun dipaksa menduduki posisi juru kunci Grup B dengan empat poin. Mereka mampu mencetak delapan gol, tapi babak belur kebobolan 19 gol dalam total 10 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Cuma 4 Poin

Empat poin itu didapat dari satu menang, satu seri, dan delapan kalah. Vietnam sempat menang 3-1 atas China dan menahan seri 1-1 kontra Jepang. Tapi, hasil itu saja tak cukup untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Kini, nasib serupa dengan membayangi Timnas Indonesia. Maklum saja, tim arahan Shin Tae-yong itu jadi tim dengan ranking FIFA terendah kedua di antara 18 peserta putaran ketiga, tepatnya di posisi ke-134.

Tengok saja ada Jepang yang menghuni peringkat ke-17 FIFA, bahkan itu jadi yang tertinggi di Asia. Berikutnya ada Australia Australia yang langganan jadi peserta Piala Dunia. Lalu, Arab Saudi juga sedang membangun tim di bawah arahan pelatih Roberto Mancini.

4 dari 4 halaman

Slot AFC

Sesuai regulasi, AFC mendapat slot 8,5 untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Enam di antaranya lewat putaran ketiga. Artinya, masing-masing dua tim teratas Grup A-C akan lolos langsung.

Timnas Indonesia tampaknya sulit untuk bisa finish posisi dua teratas Grup C. Beruntung, masih ada slot lain lewat jalur putaran keempat yang akan diikuti oleh masing-masing tim penghuni posisi 3-4 Grup A-C.

Dari sini, Timnas Indonesia bisa bersaing di putaran keempat yang memperebutkan dua tiket saja. Kalaupun gagal di putaran keempat. Masih ada play-off antarkonfederasi yang jadi penentu akhir.

Video Populer

Foto Populer