Sukses


Nova Arianto Tegaskan Gelar Juara Piala AFF U-16 2024 Bukan Target Utama Timnas Indonesia U-16, Ini Alasannya

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menegaskan bahwa gelar juara bukan menjadi target utama yang ingin dikejar timnya meski sudah berhasil melenggang ke semifinal Piala AFF U-16 2024.

Yang terbaru, Timnas Indonesia U-16 sukses menundukkan Timnas Laos U-16 pada laga terakhir Grup A dengan skor 6-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Dengan kemenangan ini, skuad Garuda Muda sukses menyegel satu tiket ke semifinal Piala AFF U-16 2024. I Putu Panji Apriawan dan kawan-kawan menjuarai Grup A setelah mengoleksi sembilan poin dari tiga laga.

Meski sudah lolos ke empat besar, Nova menegaskan bahwa gelar juara bukan menjadi target utama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 ini. Sebab, dia lebih ingin melihat perkembangan para pemain di setiap pertandingan.

“Dari awal sudah saya sampaikan bahwa fokus dan target kami bukan juara. Meraih gelar juara Piala AFF U-16 2024 menjadi target kami yang ke sekian. Namun, yang penting adalah bagaimana pemain bisa berprogres di setiap pertandingan,” kata Nova.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tak Pikirkan Calon Lawan

Selain itu, juru taktik berusia 44 tahun itu juga tak ingin ambil pusing soal siapa lawan yang bakal dihadapi pada fase semifinal nanti. Pasalnya, fokus Timnas U-16 ialah melewati laga demi laga.

“Fokus kami belum sampai ke sana. Sebelum bertanding melawan Laos, kami belum berpikir siapa lawan yang akan kami hadapi di semifinal Piala AFF U-16 2024,” ujar Nova.

“Yang saya sampaikan kepada pemain adalah kami akan fokus menghadapi setiap pertandingan. Dan saya tetap bersyukur kami bisa lolos ke semifinal,” tambah asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu.

3 dari 5 halaman

Kandidat Pesaing

Jika melihat bagan semifinal Piala AFF U-16 2024, anak asuh Nova Arianto berpotensi menghadapi dua calon lawan, yakni tim yang menjadi juara Grup C maupun kontestan dengan status runner-up Grup B.

“Kita lihat siapa yang akan kami hadapi di semifinal apakah juara Grup C antara Australia, Thailand, atau Malaysia. Atau dari runner-up Grup B antara Vietnam, Kamboja, dan Myanmar,” ujarnya.

“Jadi, siapa pun lawannya kami akan melakukan evaluasi dan melihat lagi apa yang akan kami persiapkan untuk menghadapi siapa pun lawan kami di semifinal,” lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Persaingan Ketat

Setelah Grup A menyelesaikan seluruh pertandingannya, kini para peserta dari Grup B dan C akan melanjutkan persaingan ketat dalam menghadapi laga pamungkas di fase penyisihan Piala AFF U-16 2024.

Uniknya, di setiap grup ini masing-masing ada tiga peserta yang masih berpeluang lolos ke semifinal. Grup B bakal diperebutkan oleh Vietnam, Kamboja, dan Myanmar, sedangkan Grup C menyajikan persaingan antara Thailand, Australia, dan Malaysia.

Keenam peserta ini masih punya peluang yang sama untuk melenggang ke empat besar. Mereka harus mendapatkan hasil terbaik saat melakoni pertandingan terakhir.

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer