Sukses


Nova Arianto Bandingkan Latih Timnas Indonesia U-16 dengan Menjadi Asisten STY: Tak Sama, Mereka Bukan Jay Idsez atau Rizky Ridho

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkapkan perbedaan tugasnya menangani para pemain muda saat bertugas membantu Shin Tae-yong mengasuh Timnas Indonesia senior.

Yang terbaru, Nova Arianto baru saja mengantarkan Timnas Indonesia U-16 meraih peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024 seusai menggebuk Vietnam U-16 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Nova Arianto menjelaskan, ada aspek krusial yang membedakan pekerjaannya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 dengan statusnya sebagai asisten yang membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

“Ya pastinya beda ya. Karena saat bertugas di Timnas senior, kami tidak bisa menyamakan standar pemain dengan Timnas U-16,” kata Nova Arianto saat ditemui seusai pertandingan, Rabu (3/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tidak Bisa Disamakan

Sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto sudah terbiasa melihat pemain-pemain yang lebih matang. Contohnya, di sektor pertahanan, dia menyebut nama Rizky Ridho hingga Jay Idzes, yang jadi andalan utama.

Menurut pelatih berusia 44 tahun itu, anak asuhnya di Timnas U-16 tak bisa disamakan dengan dua seniornya tersebut. Sebab, secara usia, pengalaman, hingga kematangan, perbedaannya sangat kentara.

“Misalnya, saat saya sudah terbiasa melihat Rizky Ridho dan Jay Idzes, saya tidak bisa menyamakannya para pemain Timnas Indonesia U-16 agar bisa menjadi seperti Ridho atau Jay,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Siapkan Pemain Muda

Nova menjelaskan, tugas juru taktik Timnas Indonesia U-16 ialah menyiapkan para pemain muda untuk bisa mengembangkan potensinya. Masih ada banyak hal yang mesti dipahami pemain untuk bisa mencapai level senior.

“Sebab, tugas kami sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16 adalah membentuk pemain. Membentuknya bagaimana? Ya dari passing, individual defend, bagaimana reading the game,” ujar Nova.

“Hal-hal semacam itulah yang harus kami perbaiki dari pemain. Sehingga, ke depannya, para pemain Timnas Indonesia U-16 ini bisa menjadi pemain tim nasional senior di masa mendatang,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Indonesia Pesta Gol

Sejak babak pertama, skuad Garuda Muda sudah unggul dua gol terlebih dahulu, tepatnya menjelang waktu turun minum tiba. Gol dicetak Muhammad Zahaby Gholy (45+1’) dan Dafa Zaidan (45+4’).

Sementara itu, ketika memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-16 kembali menambah keunggulannya atas The Golden Star melalui Daniel Alfrido (75’ dan 82’) serta Muhammad Zahaby Gholy (78’).

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer