Sukses


Liga 1: Sudah Punya 6 Pemain Asing, Persebaya Mau Tambah Bek Impor Lagi

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya kini sudah memiliki enam pemain asing untuk Liga 1 2024/2025. Mereka adalah Bruno Moreira, Flavio Silva, Fransico Rivera, Gilson Costa, Mohammed Rashid, dan Slavko Damjanovic.

Jumlah itu masih belum cukup. Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, menyatakan ingin menambah pemain asing lagi, berposisi sebagai bek.

“Mungkin, satu lagi. Penting sekali. Bisa saja, satu lagi bek asing,” kata pelatih asal Irlandia Utara itu, Rabu (10/7/2024). 

Munster mulanya berencana merekrut enam pemain asing saja. Sesuai regulasi, setiap klub sebenarnya bisa mendatangkan delapan pemain asing, namun hanya enam saja yang diizinkan bermain bersamaan di atas lapangan.

Masalahnya, dari enam pemain asing itu, Persebaya Surabaya hanya memiliki satu bek tengah saja, yakni Slavko Damjanovic. Bruno dan Flavio berposisi sebagai penyerang, sedangkan Rivera, Gilson, dan Rashid merupakan gelandang.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Stok Lini Belakang Minim

Opsi menambah pemain asing jadi memungkinkan mengingat tak banyak stok pemain lini belakang. Selain Slavko, Persebaya hanya memiliki Kadek Raditya, Randy Hanson, dan Riswan Lauhin yang berposisi sebagai bek tengah.

Munster menuturkan menjelang bergulirnya Liga 1 maka semua aspek mulai dari lini depan hingga belakang harus dibenahi karena ada pemain yang baru bergabung.

“Seperti yang diketahui, Liga 1 kurang dari satu bulan lagi. Jadi harus cepat untuk membenahi setiap aspek dan persiapannya di latihan. Yang jelas, semua bekerja keras mempersiapkan diri,” ujar Munster.

“Dengan adanya pemain baru, mereka membutuhkan proses untuk memahami taktikal yang saya inginkan. Tentu memoles fisik digenjot dengan lebih sering sekarang, apalagi setelah Anniversary Game,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Regulasi Pemain Asing Berubah

Regulasi kuota pemain asing mengalami banyak perubahan sejak era Liga 1 dimulai pada 2017. Di musim perdana, hanya ada empat pemain asing dengan perincian dua pemain bebas konfederasi, satu marquee player, dan satu pemain Asia.

Lalu, kuota pemain asing tetap menjadi empat, tapi komposisinya berubah menjadi tiga pemain bebas konfederasi dan satu Asia. Regulasi ini bertahan sejak Liga 1 2018 hingga 2022/2023.

Sejak Liga 1 2023/2024, kuota pemain asing bertambah menjadi enam. Rinciannya adalah lima pemain bebas konfederasi satu pemain ASEAN. Dan kini, jumlah itu akan bertambah lagi mulai 2024/2025.

 

4 dari 4 halaman

Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer