Sukses


Ada Regulasi Pemain U-22 di BRI Liga 1, Pelatih Persebaya Keluhkan Pemainnya Belum Gabung Tim

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, angkat bicara soal regulasi pemain U-22 di BRI Liga 1 2024/2025. Seperti diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menerapkan beberapa aturan baru pada BRI Liga 1 2024/2025.

Satu di antaranya adalah kebijakan memainkan pemain U-22 sebagai starter minimal selama 45 menit. Masalahnya, Paul Munster sudah menyiapkan Toni Firmansyah yang masih berusia 19 tahun untuk musim depan.

Sayangnya, Toni belum pernah bergabung dengan Persebaya sejak menjalani pramusim karena mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Munster mengeluhkan situasi yang mengganggu persiapan timnya ini.

“Saya sudah menyiapkannya, tapi salah satu pemain saya belum saya lihat, Toni (Firmansyah). Sejak saya tiba, tidak ada di sini. Pramusim dimulai, dia tidak ada di sini,” kata Munster saat menjawab pertanyaan Bola.com.

“Kami mengadakan laga uji coba, Anniversary Game, latihan taktik, tapi dia tidak ada di sini. Jadi bagaimana Anda bisa menerapkan regulasi di pemain U-22? Dan ada kamp pelatihan yang panjang untuk para pemain muda,” ujar Munster.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Agena Pramusim

Persebaya sudah memulai agenda pramusim sejak 15 Juni 2024. Dalam masa itu, mereka masih terus gencar menggelar latihan secara reguler menjelang Liga 1 2024/2025.

Ditambah, tim asal Kota Pahlawan itu sudah melakoni tiga laga uji coba yang hasilnya menang semua. Sayangnya, tak ada Toni Firmansyah selama hampir sebulan Persebaya menggelar agenda pramusim.

Belum lagi, Persebaya akan melakoni TC selama dua pekan di Yogyakarta mulai 14 Juli 2024. Toni kemungkinan akan absen mengingat dia perlu membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 yang digelar di Surabaya pada 17-29 Juli 2024.

3 dari 4 halaman

Komentar Munster

“Seperti yang saya katakan, kami punya pemain lain dalam daftar pemain U-22. Namun jika mereka menerapkan aturan tersebut, maka aturan tersebut harus dipertahankan. Mudah-mudahan Toni datang, karena usianya di bawah 22 tahun,” ucap Munster.

“Jadi jika dia berusia di bawah 22 tahun, dia belum pernah ke sini selama 2-3 bulan, dan bagaimana dia bisa bermain? Dia tidak tahu taktiknya, kita tidak tahu bagaimana kondisinya. Jadi bagaimana Anda bisa menerapkan aturan U-22, jika pemainnya tidak ada di sini,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Adaptasi

Munster sebenarnya memiliki sejumlah pemain lain untuk memenuhi regulasi pemain U-22 itu. Masih ada winger Alfan Suaib yang kini juga menunjukkan peningkatan pesat bersama Persebaya.

Di sisi lain, kondisi kebugaran Toni sebenarnya tak perlu dikhawatirkan karena dia membela Timnas Indonesia U-19. Hanya saja, dia yang masuk rencana Munster akan memiliki waktu sedikit untuk beradaptasi dengan musim baru Persebaya sebelum Liga 1 dimulai.

Video Populer

Foto Populer