Sukses


Prediksi Liverpool vs West Ham: Kembali Dulang Poin The Reds?

Bola.com, Liverpool - Liverpool saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Premier League dengan total tujuh poin. The Reds mengawali musim 2015-2016 dengan dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Pada pekan keempat, anak asuh Brendan Rodgers ini akan menjamu West Ham United di Stadion Anfield, Sabtu (29/8/2015) malam WIB. The Hammers sempat mengejutkan dengan mengalahkan Arsenal dua gol tanpa balas di Stadion Emirates. Tapi kemudian, kalah dua kali yakni dari Leicester City dan Bournemouth di Upton Park.

***

Catatan penting Liverpool dan West Ham
Liverpool jelas ingin meneruskan start yang bagus musim ini dengan memenangi laga melawan The Hammers. Tapi, itu jelas bukan pekerjaan mudah lantaran Slaven Bilic ingin mengembalikan reputasinya, dan tak ingin jadi pelatih pertama yang terdepak dari kursi kepelatihan musim ini.

Jordan Henderson dkk. punya catatan manis jika bermain di Anfield. Mereka memenenangi sembilan laga dan hanya dua kali kalah dari 14 pertandingan terakhir Liga Inggris yang berlangsung di rumah sendiri.

Hanya Sunderland yang mampu menjaga gawangnya tak kebobolan dalam rentang waktu tersebut. Sederhananya, West Ham tak akan mudah mendapatkan poin saat bertandang nanti.

Apalagi mereka tidak punya sejarah manis di Anfield. Dalam 42 pertandingan terakhir di markas Liverpool, West Ham tak pernah sekalipun menang dan 31 pertandingan di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Catatan tandang mereka secara keseluruhan juga tak bagus-bagus amat. Kemenangan atas Arsenal di pekan perdana musim ini merupakan kemenangan tandang pertama, setelah 12 laga tandang sebelumnya di Premier League tak pernah berakhir dengan kemenangan.

***

Coutinho dan Benteke jadi pemain kunci
Musim lalu, Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas West Ham berkat gol yang dicetak oleh Raheem Sterling dan Daniel Sturridge. Sterling kini sudah hijrah ke Manchester City. Tapi, Rodgers saat ini punya senjata mematikan dalam diri Philipe Coutinho dan bomber anyar, Christian Benteke.

Christian Benteke (Labbola)

Coutinho menjadi penentu kemenangan atas Stoke City pada pekan perdana. Gol semata wayangnya cukup membuat Liverpool mengantongi tiga angka. Tapi, kontribusinya tak sebatas itu. Dia selalu bermain di tiga laga dengan total bermain selama 257 menit.

Dari tiga laga itu pemain berkebangsaan Brasil tersebut melepaskan 86 operan sukses dan 35 umpan gagal atau akurasinya 71%. Total melepaskan sembilan tembakan ke gawang dengan empat di antaranya menemui sasaran.

Philippe Coutinho (Labbola)

Pada laga melawan Arsenal dua tendangannya membentur mistar gawang. Dia juga piawai dalam menggocek bola, total sudah membuat tujuh kali dribel sukses dan memberikan dua umpan kunci pada rekan setimnya.

***

Pembuktian Benteke
Setelah mencetak gol kemenangan atas Bournemouth pada laga kedua, publik seakan yakin Benteke akan terus mencetak gol. Sayangnya tak ada gol di markas Arsenal. Inilah saatnya bagi Benteke kembali mencetak gol agar dia tak dianggap akan jadi the next Andy Carrol.

Apalagi sejauh ini Rodgers memberinya kesempatan penuh dalam tiga pertandingan. Selama 270 menit di lapangan Benteke melepaskan delapan tembakan dengan empat yang menemui sasaran.

Dia juga membuat enam umpan kunci bagi rekannya. 62 umpan sukses dan 40 umpan gagal dia berikan dengan akurasi 61%. Benteke jelas diharapkan untuk menemukan ketajamannya akhir pekan ini.

Performa mantan penyerang Aston Villa ini sangat diperlukan untuk memastikan Liverpool meraih tiket Liga Champions musim depan.

***

Adu kekuatan Jordan Henderson dengan Mark Noble
Pertandingan ini akan jadi laga adu kekuatan antara dua gelandang sentral, Jordan Henderson dengan Mark Noble. Sebagai kapten anyar, Hendo perlu pembuktian diri jika dia memang pantas menggantikan Steven Gerrard.

Musim ini Henderson sudah bermain dalam dua pertandingan selama 141 menit. Dia membuat 104 umpan dengan 84 di antaranya sukses. Akurasinya 81%.

Hendo juga sempat memberikan satu assist untuk gol Benteke. Catatan lainnya, Hendo melakukan dua dribel sukses kemudian empat kali tekel sukses dan empat kali memotong bola. Itu berarti dia juga bisa diandalkan selain membangun serangan juga membendung serangan lawan.

Jordan Henderson (Labbola)

Sementara di kubu West Ham, ada Mark Noble yang oleh Squawka diberi skor 86 dari tiga penampilannya. Performanya dinilai yang terbaik di antara pemain West Ham lainnya.

Sebagai gelandang, Noble sudah mencetak satu gol dan menciptakan dua peluang. Akurasi umpannya 86% yang dihitung dari 110 umpan sukses dan 11 umpan gagal dari tiga pertandingan. Aksi bertahannya juga bagus di mana dia membuat enam kali memotong bola dan tiga kali sapuan.

Laga di Anfield jelas bakal berlangsung ketat mengingat Slaven Bilic akan mati-matian demi timnya bisa mendulang poin setelah kehilangan enam angka di Upton Park.

Tapi, Rodgers tentu ingin memelihara kepercayaan fans dan jajaran manajemen klub bahwa dia adalah sosok yang tepat untuk mengembalikan kejayaan Liverpool. Jika musim ini gagal meraih satu trofi pun apalagi tak lolos ke Liga Champion, Rodgers perlu mencari pekerjaan lain.

Baca Juga: 

Brendan Rodgers: 'Benteke Buat Permainan Liverpool Sukar Ditebak'

Kehilangan Sterling, Wenger Beri Simpati Kecil untuk Liverpool

Bintang Liverpool Histeris Lihat Usain Bolt Jadi yang Tercepat

Video Populer

Foto Populer