Sukses


Tumpulnya Lini Depan Penyebab Kekalahan Liverpool dari West Ham

Bola.com, Liverpool - Memasuki pekan keempat Premier League musim 2015-2016, tim tamu masih meneruskan dominasi atas tim tuan rumah. Dari delapan pertandingan yang dilangsungkan pada Sabtu (29/8) malam WIB, empat laga di antaranya berakhir dengan kekalahan di pihak tuan rumah. Salah satunya adalah Liverpool.

Berlaga melawan West Ham United di Stadion Anfield, James Milner dkk. tunduk dengan skor telak 0-3. Kombinasi barisan pertahanan yang rapuh dan lini serang yang tumpul memberikan kekalahan perdana untuk The Reds di Premier League musim ini.

Dalam artikel ini secara khusus akan dibahas mengenai statistik permainan yang ditampilkan lini serang Liverpool, ketika menelan kekalahan dari The Hammers.

***

Benteke dan Firmino Mati Kutu
Turun dengan formasi 4-3-3, sama seperti ketika menahan imbang Arsenal pada pekan sebelumnya, lini serang Liverpool yang ditempati oleh Christian Benteke, Roberto Firmino, dan Philippe Coutinho bermain di bawah standar. Bahkan ketiganya tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran.

Sepanjang pertandingan Liverpool hanya melakukan satu tembakan yang mengarah ke gawang West Ham, itu pun dicatatkan oleh Dejan Lovren yang bermain sebagai bek tengah.

Duet pemain anyar termahal yang dibeli Liverpool pada jendela transfer awal musim ini, Benteke dan Firmino tercatat hanya melakukan dua percobaan tembakan dengan hasil yang sama yaitu satu tembakan melenceng dan satu diblok oleh barisan belakang West Ham.

Untuk persentase umpan sukses, kedua pemain muda ini pun berada di angka identik, 71,4%, dengan 15/21 total umpan oleh Benteke dan 20/28 yang dilakukan Firmino. Catatan penting lainnya oleh Benteke adalah keberhasilan pemain Belgia ini dalam memenangkan duel udara yang mencapai persentase 55% (5/9).

***

Coutinho flop

Sementara itu, Coutinho yang pada hari baiknya dapat menjadi nyawa dalam permainan menyerang Liverpool, pada pertandingan melawan West Ham gagal menampilkan performa terbaiknya.

Pemain asal negara Brasil ini bahkan gagal menyelesaikan pertandingan setelah menerima kartu kuning kedua pada menit ke-52. Berdasarkan statistik, mantan pemain Inter Milan ini tercatat melakukan 86% umpan yang dilepaskannya dengan baik (26/30) dan menyelesaikan 50% usaha melewati lawan (1/2).

Coutinho juga melakukan tiga percobaan tembakan dengan rincian dua tembakan meleset dan satu lainnya diblok. Masuknya Danny Ings pada menit ke-61 menggantikan Firmino juga tidak membuahkan hasil.

Pemain yang dibeli dari kesebelasan Burnley ini gagal memberikan pengaruh positif dalam lini serang The Reds. Bermain sekitar 30 menit, Ings tercatat hanya melakukan satu kali percobaan tembakan, yang berhasil diblok oleh pertahanan tim tamu. Persentase umpan sukses yang dilakukan Ings pun hanya mencapai angka 63% (7/11).

Hasil negatif yang diperoleh pada pekan keempat ini membuktikan jika Brendan Rodgers masih belum menemukan formula yang pas untuk lini serang Liverpool. Dari empat laga sejauh ini, The Reds baru berhasil mencetak dua gol.

Hasil yang tidak sesuai dengan gelontoran dana yang dikeluarkan manajemen klub pada jendela transfer awal musim. Masalah yang harus segera dipecahkan oleh Rodgers jika Liverpool ingin bersaing memperebutkan gelar juara musim ini atau setidaknya mengamankan satu tiket ke Eropa.

Baca Juga: 

Diwarnai Dua Kartu Merah, Liverpool Keok dari West Ham

Rodgers: Pertahanan Liverpool Payah!

Di Balik Rivalitas Arsenal vs Liverpool Terselip Persahabatan

Video Populer

Foto Populer