Sukses


Mourinho Lolos dari Sanksi, FA Tanggapi Kritikan Eva Carneiro

Bola.com, London - Asosiasi sepak bola Inggris (FA) menganggap kritik yang dilontarkan mantan dokter Chelsea, Eva Carneiro terkait lolosnya Jose Mourinho dari komentar bernada pelecehan. FA menganggap bisa saja wanita yang lahir di Gibraltar itu meneruskan banding terkait kasus yang dialaminya.

Perseteruan antara Mourinho dan Carnerio dimulai pada laga kontra Swansea City, 8 Agustus 2015. Eva dan fisioterapis Jon Fearn masuk ke lapangan untuk membantu Eden Hazard di lapangan. Saat itu, Chelsea cuma punya sepuluh pemain di lapangan karena Thibaut Courtois diganjar kartu merah.

Setelah pertandingan, Mourinho pun mengkritik Eva. Menurut manajer asal Portugal tersebut, tindakan Eva merugikan tim karena The Blues tinggal menyisakan sembilan pemain seiring perawatan untuk Hazard. Usai tutup mulut dalam waktu yang cukup lama, ia akhirnya angkat suara.

"Saya terkejut mengetahui bahwa FA menjalankan investigasi mengenai insiden 8 Agustus lalu melalui media," ungkap Eva seperti dilansir The Telegraph.

"Saya berada dalam tahap tidak diminta oleh FA untuk memuat pernyataan. Saya bertanya-tanya apakah ini mungkin satu-satunya penyelidikan formal di negeri ini di mana bukti dari individu yang terlibat tidak dianggap relevan. Memilih untuk mengabaikan beberapa bukti pastinya akan memengaruhi hasil dari temuan-temuan yang ada."

"Pada musim lalu, saya mengalami pengalaman yang sama saat menghadapi West Ham, di mana saya menjadi korban pelecehan verbal oleh penonton. Karena ada keluhan dari masyarakat, FA menyampaikan kepada media bahwa tidak ada nyanyian berbau pelecehan seksual selama pertandingan. Pada waktu itu, saya menerima pernyataan mereka (FA), meskipun kenyataannya pelecehan dalam bentuk nyanyian begitu jelas terdengar."

"Ini adalah insiden yang terjadi dan kurangnya dukungan dari otoritas sepak bola tentunya akan membuat para perempuan yang terlibat dalam dunia sepak bola berada dalam situasi sulit. Saya mengaggumi apa yang telah dilakukan Heather Rabbatts (anggota Dewan FA) dan berterima kasih kepadanya dan juga rekan-rekannya yang telah mendukung saya dalam situasi sulit seperti ini," ujar Eva.

Mendapat kritikan keras dari wanita berusia 42 tahun tersebut, FA balik menantang. Mereka menyebut belum menerima laporan resmi dari Eva dan mengajak ia dan pengacaranya untuk maju.

"Kami tidak pernah menerima informasi atau komplain dari dokter Carneiro, termasuk korespondensi tertulis dengan pengacaranya. Secara jelas kami menggambarkan jika Dr Carneiro punya komplain, kami terbuka untuk mendengarkannya. Rute ke arah sana (banding) tetap terbuka," demikian pernyataan salah satu juru bicara FA kepada Guardian.

Sumber: Guardian

Baca juga:

Women in Football Kecam FA soal Kasus Mourinho vs Eva Carneiro

Jose Mourinho Tidak Terbukti Melecehkan Eva Carneiro

Tak Tegur Sapa, Casillas Bantah Hindari Mourinho

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer