Sukses


Pesta Gol di Etihad, Liverpool Turunkan City dari Singgasana

Bola.com, Manchester - Liverpool  berpesta empat gol berbanding satu atas Manchester City pada laga lanjutan Premier League, di Stadion Etihad, Sabtu (22/11/2015). Hasil ini pun membuat skuat The Citizens harus rela turun dari singgasana Premier League ke peringkat ketiga klasemen.

City kini menempati peringkat ketiga klasemen dengan poin 26 dari 13 pertandingan, atau tertinggal dua angka dari Leicester City di peringkat pertama. Sementara itu, posisi kedua ditempati Manchester United (MU) dengan perolehan poin 27. 

Adapun kemenangan ini membuat posisi Liverpool naik ke peringkat kesembilan dengan poin 20. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu kini hanya terpaut satu angka untuk bersaing dengan Tottenham Hotspur untuk memperebutkan zona Eropa di peringkat kelima dengan perolehan 21. 

Masih berkabung dengan aksi serangan teror yang terjadi Paris, Prancis, pekan lalu, pertandingan City kontra Liverpool ini diawali dengan bentuk solidaritas menyanyikan lagu kebangsaan La Marseillaise. Seluruh pemain dari kedua tim berjajar di pinggir lapangan sebelum laga dimulai.

Manchester City langsung dikejutkan dengan gol bunuh diri yang dicetak gol Eliaquim Mangala saat laga baru menginjak menit ketujuh. Philippe Coutinho memanfaatkan kelengahan barisan lini belakang City.

Pemain asal Brasil itu berlari ke sektor kiri pertahanan City dan hendak mengirim umpan silang ke arah Roberto Firmino. Akan tetapi, Mangala yang berusaha memotong arah bola malah tanpa sengaja menceploskannya ke dalam gawang sendiri. 1-0 Liverpool unggul.

Pada menit ke-23 publik Etihad Stadium kembali terdiam setelah Liverpool mencetak gol kedua melalui aksi Coutinho. Berawal dari umpan Roberto Firmino, Coutinho melepaskan tembakan keras ke arah tengah gawang City yang bolanya tak mampu dibendung Joe Hart.

Liverpool kembali mencetak gol pada menit ke-32 melalui Firmino. Memanfaatkan umpan dari Coutinho, Firmino melepaskan tembakan kaki kanan ke arah sisi kiri gawang Hart. Bola yang mengarah ke pojok kiri gawang tak mampu diselamatkan oleh Hart.

Semenit sebelum turun minum, Sergio Aguero berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool. Umpan tandukan Aleksandar Kolarov disambut tembakan kaki kanan ke pojok kanan gawang. Skor 3-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga peluit akhir babak pertama.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Liverpool semakin agresif melakukan serangan ke lini pertahanan City. Coutinho dan Dejan Lovren mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Namun, usaha keduanya mampu digagalkan oleh Hart yang tampil apik di bawah mistar gawang. Begitu juga dengan upaya Firmino pada menit ke-60 yang bola hasil sepakan kaki kanan kerasnya kembali dimentahkan oleh Hart.

Meski terus tertekan, City bukannya tanpa peluang. Aguero dan Fernando mendapatkan peluang bersih mencetak angka pada menit ke-64 dan 65. Akan tetapi, peluang keduanya berhasil digagalkan Simon Mignolet yang juga tampil sangat baik sepanjang pertandingan.

Liverpool makin menjauh setelah sukses menambah keunggulan menjadi 4-1 pada menit ke-81. Adalah Martin Skrtel yang mencatatkan namanya di papan skor setelah melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak dekat yang bolanya bersarang di pojok kiri gawang City. Hingga peluit panjang tak ada lagi gol tambahan dalam laga tersebut.

Menurut catatan Premier League, sepanjang laga, City melepaskan tiga tembakan titis dari delapan percobaan, dengan penguasaan bola 59 persen, sementara Liverpool menciptakan sembilan peluang emas dari 11 usaha.

Susunan pemain

Manchester City: 1-Joe Hart; 3-Bacary Sagna, 11-Aleksandar Kolarov, 20-Eliaquim Mangala, 26-Martin Demichelis; 6-Fernando, 7-Raheem Sterling, 15-Jesus Navas (18-Fabian Delph 46'), 17-Kevin De Bruyne, 42-Yaya Toure (25-Fernandinho 46'), 10-Sergio Aguero (72-Kelechi Iheanacho 66').

Manajer: Manuel Pellegrini

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 2-Nathaniel Clyne, 6-Dejan Lovren, 18-Alberto Moreno, 37-Martin Skrtel; 7-James Milner, 10-Philippe Coutinho (33-Jordon Ibe 68'), 20-Adam Lallana, 21-Lucas, 23-Emre Can; 11-Roberto Firmino (9-Christian Benteke 77').

Manajer: Jurgen Klopp

Wasit: Jonathan Moss

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer