Sukses


Prediksi Liverpool vs Man United: Jalan Terjal Firmino dan Rooney

Bola.com, Liverpool - Hidangan partai seru nan klasik bakal tersaji di Stadion Anfield, Minggu (17/1/2016) malam ini. Tuan rumah Liverpool bakal berjibaku untuk menuai tiga poin saat kedatangan rival tradisional, Manchester United, pada lanjutan Premier League 2015-2016.

Tak hanya sisi sejarah semata, pertemuan keduanya kali ini juga membawa momentum bagi dua persona kunci di masing-masing tim, yakni Roberto Firmino di kubu Liverpool dan Wayne Rooney di tim tamu. Duo pemain yang terbiasa beroperasi di area depan tersebut dianggap bisa menjadi penentu warna pertarungan di Merseyside.

Keduanya sudah unjuk gigi kala menjadi bintang bagi timnya masing-masing pada pekan ke-21. Roberto Firmino misalnya, sukses dua kali merobek jala Arsenal. Bahkan, satu golnya via tendangan keras ke pojok kiri jala Petr Cech, dianggap menjadi simbol brilian kemampuan pemuda asal Brasil tersebut.

Sedangkan dari pihak lawan, Rooney terus menunjukkan efek tanggung jawab sebagai kapten. Ia mengemas dua gol, meski gagal membawa timnya membawa pulang angka penuh dari kandang Newcastle United, St James Park.Di luar hasil kurang memuaskan di level skor akhir, baik Firmino maupun Rooney sudah menggambarkan apa yang bakal tersaji di panggung Anfield. Saling adu strategi penyerangan menjadi pakem utama perseteruan dua tim tradisional Inggris tersebut.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp menganggap, timnya sangat berharap Roberto Firmino mampu tampil gemilang seperti saat berjumpa Arsenal. Dia mengaku, eks Hoffenheim tersebut terus mempertontonkan kemajuan, baik dari sisi teknis, komunikasi tim maupun imajinasi permainan.

"Tak mudah baginya untuk beradaptasi, dan itu sudah dirasakannya dalam setengah musim. Saya percaya, kemampuannya akan sangat luar biasa jika sudah benar-benar menyatu dengan iklim sepak bola di Premiership," tutur Klopp, di Independent, kemarin.

Satu terobosan brilian sudah dilakukan Klopp dengan memasang Firmino sebagai sosok yang beroperasi di area false nine. Hal tersebut digunakan untuk mengakomodir kemampuan Firmino, tanpa mengaktifkan bomber murni seperti Christian Benteke."Posisi tersebut mungkin terlihat aneh, tapi dia bisa melakukan itu dengan baik. Memang, kami belum menang, tapi sepertinya armadaku bisa melakukan itu ketika menjamu United," tutur Klopp.

Firmino mengakui, dirinya senang akhirnya bisa menunjukkan kelas sesuai keinginan Klopp, juga Liverpudlian. "Dua gol ke gawang Arsenal memberiku langkah besar untuk memberikan banyak hal sepanjang sisa musim. United datang, dan kali ini kami tak akan lebih ringan ketimbang bersua Arsenal," tukasnya.

Model false nine ala Klopp dengan memosisikan Firmino sebagai subjek utama seolah menjadi jawaban dengan rincian kekuatan pemain saat ini. Firmino bisa bermain fleksibel dengan keberadaan James Milner dan Adam Lallana, tanpa harus meninggalkan pos-nya di area tengah.

Mereka didukung dengan kemampuan Emre Can dan Jordan Henderson yang semakin solid. Tak pelak, keberadaan mereka bakal menjadi ujian tersendiri bagi lini tengah United yang tak diperkuat Michael Carrick.Meski tanpa satu pemain andalan, plus badai cedera yang sedang menimpa, Manchester United masih memiliki sosok Wayne Rooney yang sedang on fire. Dua gol ke gawang Newcastle United mengirim ancaman ke kubu Si Merah.

Apalagi Rooney memiliki catatan istimewa, yakni sudah tiga kali sang bomber mencetak gol secara beruntun, dan jika menuai gol lagi itu akan menjadi statistik istimewa sejak kali pertama pada Maret 2012. Saat ini suami Coleen McLoughlin tersebut sudah mengoleksi 175 gol untuk Setan Merah di Premier League, atawa selevel dengan Thierry Henry (Arsenal).

Namun bukan berarti Rooney bisa dengan mudah memberikan kontribusi maksimal pada timnya. Lini belakang Liverpool, meski tergolong lemah, berjanji akan tampil konsisten sepanjang 90 menit.

Bek Kolo Toure menganggap, tiga gol yang bersarang ke gawang Simon Mignolet pada laga kontra Arsenal, memberi pelajaran berharga. "Saya yakin pelatih punya formula bagus, dan kami akan menuai hasil memuaskan," kata saudara Yaya Toure ini.

Manajer Manchester United, Louis van Gaal menganggap, laga kontra Liverpool akan memberi memori tersendiri. Ia optimis Wayne Rooney dkk bisa tampil dominan, dan membawa kemenangan ke Old Trafford.

Satu di antara penyebab optimisme tinggi kubu Carrington tersebut berasal dari statistik. Liverpool mendapatkan sebelas kekalahan di rumah sendiri kala menjamu Manchester United, dalam sejarah Premier League. Kondisi itu juga berstatus catatan kandang terburuk Liverpool ketika menjamu tim lain.

Saksikan siaran langsung pertandingan Liverpool melawan Manchester United, di SCTV, pada pukul 21.05 WIB. 

Prakiraan susunan pemain:
Liverpool: Simon Mignolet; Nathaniel Clyne, Steven Caulker, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; Joe Allen, Emre Can, Jordan Henderson, James Milner, Adam Lallana; Roberto Firmino
Manajer: Jurgen Klopp

Manchester United: David de Gea; Ashley Young, Daley Blind, Chris Smalling, Matteo Darmian; Morgan Scheiderlin, Ander Herrera, Anthony Martial, Marouane Fellaini, Juan Mata; Wayne Rooney
Manajer: Louis van Gaal

Head to Head
12/9/2015 - Manchester United 3-1 Liverpool (Premier League)
22/3/2015 - Liverpool 1-2 Manchester United (Premier League)
14/12/2014 - Manchester United 3-0 Liverpool (Premier League)
5/8/2014 - Manchester United 3-1 Liverpool (Persahabatan)
16/3/2014 - Manchester United 0-3 Liverpool (Premier League)
25/9/2013 - Manchester United 1-0 Liverpool (ECC)

5 Pertandingan Terakhir Liverpool
31/12/2015 - Sunderland AFC 0-1 Liverpool (Premier League)
2/1/2016 - West Ham United 2-0 Liverpool (Premier League)
6/1/2016 - Stoke City 0- 1 Liverpool (Piala Liga Inggris)
9/1/2016 - Exeter City 2-2 Liverpool (Piala FA)
14/1/2016 - Liverpool 3-3 Arsenal (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Man United
26/12/2015 - Stoke City 2-0 Man United (Premier League)
29/12/2015 - Man United 0-0 Chelsea (Premier League)
2/1/2016 - Man United 2-1 Swansea City (Premier League)
10/1/2016 - Man United 1-0 Sheffield United (Piala FA)
13/1/2016 - Newcastle 3-3 Man United (Premier League)

Prediksi bola.com: 60 : 40

Sumber: www.liverpoolfc.com, www.manutd.com

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer