Sukses


Rashford ke-3, Ini 5 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah MU

Bola.com, Manchester - Marcus Rashford menjadi pencetak gol termuda ketiga sepanjang sejarah Manchester United di ajang Premier League ketika dia mencetak gol ke gawang Arsenal di Stadion Old Trafford, Minggu (28/2/2016) malam WIB. Lantas, siapa yang termuda?

 

Marcus Rashford mendadak menjadi bahan pergunjingan publik sepak bola dunia ketika dia menjadi pahlawan kemenangan Manchester United saat menghadapi Midtjylland pada laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa, Jumat (26/2/2016) dini hari WIB.

Rashford mencetak dua gol dan membawa Manchester United menutup pertandingan dengan kemenangan telak 5-1. Setan Merah lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan agregat 6-3.

Alhasil, dalam usia 18 tahun dan 117 hari, Rashford menjadi pemain termuda sepanjang sejarah MU yang mencetak gol di kompetisi Eropa. Rekor sebelumnya dipegang oleh George Best di ajang Inter-Cities Fairs Cup pada bulan Oktober 1964.

Performa gemilang Rashford berlanjut di ajang Premier League. Pemain kelahiran 31 Oktober 1997 itu kembali menjadi pahlawan kemenangan MU, kali ini pada partai melawan Arsenal di Old Trafford. Dia menciptakan dua gol dan satu assist.

Gol pertama Rashford hadir pada menit ke-29. Dia mencetak gol melalui tembakan kaki kanan ke pojok kanan gawang setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Arsenal.

Pemain yang masuk akademi Manchester United pada usia 7 tahun itu kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-32. Tandukan Rashford setelah memanfaatkan umpan Jesse Lingard bersarang di pojok kiri gawang Petr Cech.

1. Federico Macheda

Federico Macheda menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Manchester United pada usia 17 tahun 226 hari atau 6436 hari. Dia mencetak gol ke gawang Asston Villa saat MU bermain di Old Trafford (5/5/20019).

Macheda mencetak golnya secara spektakuler. Menerima umpan pendek Ryan Giggs, Macheda melakukan gerakan berputar dan mengecoh pemain bertahan Aston Villa. Dia lalu menempatkan bola ke pojok kanan gawang melalui tembakan kaki kanan.

Sayang, karier Macheda bersama MU tak berjalan mulus. Selama memperkuat Setan Merah, pemain berusia 24 tahun itu lima kali melalui masa peminjaman, yakni ke Sampdoria, Queens Park Rangers, Vfb Stuttgart, Doncaster Rovers, dan Birmingham City. Kini, Macheda berlabuh di Cardiff City.

2. Danny Welbeck

Danny Welbeck mencetak gol pertamanya bagi Manchester United pada usia 17 tahun dan 354 hari atau 6564 hari. Pemain asal Inggris itu mencetak golnya ke gawang Stoke City pada (15/11/2008).

Kala itu, Welbeck mengelabui dua pemain bertahan Stoke City setelah mendapatkan umpan pendek Wayne Rooney. Welbeck kemudian menggiring bola dan melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Stoke City.

Welbeck memperkuat tim senior MU dari 2008 hingga 2014. Dia sempat menjalani dua masa peminjaman ke Preston North End dan Sunderland. Pemain asal Inggris itu bergabung bersama Arsenal pada 2 September 2014.

3. Marcus Rashford

Marcus Rashford mencetak gol pertamanya bagi MU dalam usia 18 tahun dan 117 hari ke gawang FC Midtjylland pada laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa umat (26/2/2016) dini hari WIB.

Hebatnya lagi, Rashford pemain termuda sepanjang sejarah MU yang mencetak gol di kompetisi Eropa. Rekor sebelumnya dipegang oleh George Best di ajang Inter-Cities Fairs Cup pada bulan Oktober 1964. Namun jika digabung di seluruh kompetisi, Rashford menempati urutan ketiga.

4. Rafael Da Silva

Posisi keempat pencetak gol termuda sepanjang sejarah MU dipegang oleh Rafael Da Silva dalam usia 18 tahun dan 39 hari. Gol pertama Da Silva lahir ke gawang Arsenal pada (17/8/2008).

Pemain berkebangsaan Brasil itu menciptakan golnya di menit akhir pertandingan. Kala itu, melalui situasi kemelut di depan gawang, Rafael melepaskan tembakan kaki kiri ke pojok kanan gawang.

Selama tujuh musim membela MU, Rafael kesulitan menembus tim utama. Pemain yang kini berusia 25 tahun itu total tampil sebanyak 169 kali dan menciptakan lima gol. Rafale bergabung bersama Lyon pada 3 Agustus 2015 dengan menandatangani kontrak berdurasi empat musim.

5. James Wilson

James Wilson menciptakan gol perdananya bagi MU pada usia 18 tahun, 5 bulan, dan 5 hari. Gol tersebut ia cetak ke gawang Hull City di Old Trafford (6/5/2014). Hebatnya lagi, dia mencetak dua gol pada pertandingan itu.

Gol perdana Wilson bagi MU lahir setelah menerima umpan tandukan Marouane Fellaini. Dia kemudian melepaskan tembakan first time keras kaki kiri yang berasarang di tengah gawang.

Performa gemilangnya itu membuat MU memberikan kontrak profesional selama empat musim, dengan opsi perpanjangan selama semusim lagi. Kini, dia dipinjamkan ke klub Brighton and Hove Albion.

Sumber: Manchester United

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

 

Video Populer

Foto Populer