Sukses


5 Klub Inggris Penghasil Bibit Muda Terbaik

Bola.com, Jakarta - Meski dihuni berbagai bintang kelas dunia, kiprah para pemain muda di Premier League selalu menarik perhatian. Berikut lima klub penghasil para bibit muda terbaik di Negeri Ratu Elizabeth.

 

Kompetisi Premier League saat ini dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Ada beberapa alasan yang melaratbelakanginya. Pertama, manajemen pengelolaan dan publikasi Premier League yang lebih bagus dibandingkan liga lainnya. Kemudian, banyaknya bintang kelas dunia yang berkiprah di liga ini.

Kompetisi ini dulunya bernama Piala Inggris dan berubah format menjadi Premier League pada 27 Mei 1992. Awalnya, Premier League dipandang sebelah mata karena Serie A Italia dan La Liga sedang jaya. Mayoritas pemain yang berkiprah di Premier League adalah para buangan dari Serie A.

Namun, semuanya berubah pada tahun 2000. Para investor mulai berdatangan dan menggelontorkan dana besar sehingga para klub Premier League bisa 'unjuk gigi' pada bursa transfer. Perlahan, para bintang kelas dunia mulai berdatangan.

Disebabkan banyaknya pemain bintang di Premier League, para pemain muda dari akademi klub biasanya kesulitan untuk menembus tim utama. Tak pelak, para pemain muda yang bisa merebut tempat di tim utama bakal mendapatkan sorotan tak terkira.

Keberhasilan para pemain muda tersebut menembus tim utama tak lepas dari didikan bagus di akademi. Berikut beberapa akademi klub di Premier League yang rajin menghasilkan bibit muda berbakat.

1. Manchester United

Klub penghasil para pemain muda terbaik di Inggris. (Premier League)

Manchester United tercatat sebagai klub yang paling banyak menghasilkan bintang muda berbakat di Inggris. Prestasi tersebut diawali dari enam pemain muda, yakni David Beckham, Nicky Butt, Ryan Giggs, Gary Neville, Phil Neville, dan Paul Scholes yang sukses menembus skuat utama MU pada tahun 1992, yang kini dikenal dengan sebutan Class of'92.

Kala itu, pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, mendapatkan banyak kritik dari legenda Setan Merah karena memutuskan mempromosikan enam pemain tersebut ke tim utama. Namun, mereka sukses membayar kritik tersebut dengan prestasi. Mereka sukses meraih treble winner, juara Premier League, Piala FA, dan Liga Champions, pada musim 1998-1999.

Akademi Manchester United didirikan pada tahun 1998, menyusul reorganisasi sepak bola muda di Inggris. Tetapi, sebenarnya akademi ini sudah ada sejak tahun 1930. 9 pemain dari akademi MU sukses masuk Hall of Fame Premier League. Akademi ini juga memiliki rekor terbaik dalam FA Youth Cup, memenangkan 10 gelar dari 14 penampilan di final.

Produk Sukses Binaan MU: Duncan Edwards, Sir Bobby Charlton, George Best, Nobby Stiles, Mark Hughes, Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, Gary Neville, Phil Neville, David Beckham, Johnny Giles, Marcus Rashford, Darron Gibson, John O'Shea, Ryan Shawcross.

2. Southampton

Klub penghasil para pemain muda terbaik di Inggris. (Premier League)

Prestasi Southampton di kancah Premier League terbilang biasa saja. Sejak berformat Premier League pada tahun 1992, Soton selama 10 musim berjuang untuk menghindari zona degradasi.

Meski demikian, Southampton terkenal sebagai klub penghasil bibit muda unggul di Inggris. Mereka memproduksi banyak pemain muda yang kini tersebar di berbagai klub raksasa Premier League.

Sumbangsih para pemain muda tersebut juga berhasil mendongkrak performa Southampton. Musim lalu, mereka berhasil mengakhiri musim dengan berada di posisi ketujuh klasemen akhir. Berbagai bintang berkelas dunia lahir dari akademi Southampton, Dimulai pada Terry Paine pada tahun 1960-an, Alan Shearer dan Matt Le Tissier di era 1990-an dan yang terkini, Gareth Bale dan Theo Walcott yang kerap menjadi headline di media Inggris tahun 2000-an.

Musim lalu, hasil studi sebuah lembaga olahraga, International Centre for Sports Studies (CIES), yang dilakukan sejak 2012 di lima liga top Eropa seperti Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis, mengungkapkan bahwa akademi sepak bola Southampton menjadi paling banyak memberikan pemasukan klub dengan nilai 90,2 juta euro (Rp 1,2 triliun).

Pemain Hebat Binaan Southampton: Terry Paine, Alan Shearer, Gareth Bale, Theo Walcott, Matt Le Tissier, Wayne Bridge, Adam Lallana, Oxlade Chamberlain, Luke Shaw, James Ward-Prowse, Luke Shaw.

3. West Ham United

Klub penghasil para pemain muda terbaik di Inggris. (Premier League)

West Ham United memang klub yang terbilang 'biasa' pada kompetisi Premier League. Namun, para pemain akademi The Hammers menjadi tokoh kunci timnas Inggris meraih gelar Piala Dunia 1966 setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2. Tiga gol disarangkan oleh Geoff Hurst dan satu gol lainnya di cetak oleh Martin Peters.

West Ham tak pernah berhenti mencetak pemain bintang. Terlebih, mereka punya The Academy of Football, yang disebut-sebut sebagai salah satu akademi terbaik di dunia. Pada tahun 90-an, mereka kembali memunculkan banyak bintang muda seperti Frank Lampard, Rio Ferdinand, Michael Carrick, Glen Johnson, dan Joe Cole.

Pada musim 2007-2008, West Ham memiliki rata-rata 6.61 pemain asal Inggris dalam starting line yp mereka dan menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan klub lainnya. Selama tahun 2000 dan 2001, West Ham menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk timnas Inggris.

Pemain Hebat Binaan West Ham United: Rio Ferdinand, Frank Lampard, Joe Cole, Jermain Defoe, Michael Carrick, Glen Johnson, Bobby Zamora, Geoff Hurst, Martin Peters, Bobby Moore, Trevor Brooking, Alvin Martin, Tony Cotteee, Paul Ince.

4. Liverpool

Klub penghasil para pemain muda terbaik di Inggris. (Premier League)

Akademi Liverpool dibuka pada tahun 1998 di Kirby, Metropolitan Borough of Knowsley.Di depan tembok utama, terpampang kata-kata, Technique, Attitude, Balance, dan Speed (TABS) atau Teknik, Sikap, Keseimbangan, dan Kecepatan. Itu menjadi moto The Reds dalam mendidik para pemain mudanya.

Kejelian Liverpool dalam melihat bakat muda tak lepas dari peran para pemandu bakat mereka. Biasanya, mereka mengundang anak-anak berusia enam tahun yang dianggap berbakat untuk menghadiri sesi latihan. Jamie Carragher masuk akademi ini pada usia embilan tahun, Michael Owen (11 tahun), Steven Gerrard (8 tahun).

The Reds menjuarai Liga Champions tahun 2005 dengan dua pemain asli Liverpool dan produk binaan akademi mereka.

Pemain Hebat Binaan Liverpool: Michael Owen, Robbie Fowler, Steve McManaman, Steven Gerrard, Jamie Carragher, Steve Staunton, Tom Ince.

5. Leeds United

Klub penghasil para pemain muda terbaik di Inggris. (Premier League)

Leeds United selama 10 tahun ke belakang memang sepi dari pemberitaan media. Apalagi, prestasi mereka sempat terpuruk dengan terdegradasi ke League One. Meski demikian, mereka tak berhenti menelurkan pemain muda.

Nama-nama seperti Alex Mowatt, Charlie Taylor, Lewis Cook, Kalvin Phillips, dan Alex Purver menjadi bukti bahwa Leeds setidaknya bisa memunculkan pemain-pemain masa depan Inggris. Begitu pula dengan Sam Byram, sebelum akhirnnya dijual ke West Ham United di jendela transfer musim dingin.

Sepanjang sejarahnya, Leeds United merupakan klub yang serius dalam pengembangan pemain muda. Bahkan, mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengaku sangat menghormati Leeds karena mereka amat peduli terhadap pemain muda.

Pemain Hebat Binaan Leeds United: Paul Robinson, Scott Carson, Jonathan Woodgate, Harry Kewell, Alan Smith, Fabian Delph, Aaron Lennon, James Milner, Danny Rose, Sam Byram, Alex Mowatt, Charlie Taylor, Lewis Cook, Kalvin Phillips, dan Alex

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer