Sukses


Jika Latih MU, Mourinho Takkan Ubah Perilaku

Bola.com, Manchester - Pengamat sepak bola Inggris, Jamie Carragher, menilai Jose Mourinho tidak akan mengubah perilaku jika benar melatih Manchester United (MU) pada musim depan. 

MU dikabarkan bakal mengumumkan perekrutan Mourinho sebagai pelatih anyar Wayne Rooney dan kawan-kawan dalam beberapa hari ke depan. Jorge Mendez, agen Mourinho, disebut bakal tiba di Manchester, Selasa (24/5/2016), untuk merampungkan proses transfer kliennya. 

Kabar soal Mourinho sempat menuai pro kontra lantaran muncul setelah MU memastikan gelar juara Piala FA usai mengalahkan Crystal Palace, 2-1, Sabtu (21/5/2016). Bahkan, para pemain serta staf pelatih MU tidak akan menggelar pesta perayaan juara sebagai bentuk simpati terhadap Louis van Gaal. 

Ini bukan kali pertama media-media Inggris ramai mengabarkan Mourinho bakal berlabuh ke Old Trafford. Pada Desember 2015, mantan manajer Chelsea dan Real Madrid itu sempat menjadi pembicaraan hangat setelah performa MU menurun drastis di ajang Premier League. 

Beberapa pihak menilai, Mourinho bakal cocok melatih Setan Merah, sementara ada pula yang beranggapan manajer asal Portugal itu tidak layak berkarier di Old Trafford, mengacu terhadap berbagai kontroversi yang pernah dibuatnya. Legenda MU, Sir Bobby Charlton, pun sempat angkat suara. 

Insiden cungkil mata yang dilakukan pelatih Real Madrid Jose Mourinho (kiri) terhadap coach Barcelona Tito Vilanova di pengujung leg kedua Piala Super Spanyol di Nou Camp, 17 Agustus 2011.

Menurut Charlton, MU akan berhati-hati jika ingin merekrut Mourinho. Mantan pelatih Manchester United itu pun sempat mengambil contoh ulah manajer berusia 49 tahun itu ketika mencolok mata asisten Barcelona, Tito Vilanova dengan tangannya di pinggir lapangan.

Menanggapi hal itu, Carragher menilai, Mourinho tidak akan mengubah perilaku meski sudah menjadi manajer MU. Menurut dia, Mourinho memiliki cara sendiri untuk meraih sukses, seperti yang sudah ditunjukkannya saat membesut Porto, Inter Milan, dan Chelsea. 

"Menurut saya, dia (Mourinho) tidak akan melakukan hal tersebut (mengubah perilaku). Dia meraih sukses dengan caranya sendiri. Menurut saya, kita sedikit terlalu sering mengkritiknya, namun terlepas dari hal itu, Chelsea sebenarnya mampu menampilkan permainan bagus," kata Carragher. 

"Pada tahun ketika mereka memenangi gelar pada beberapa tahun lalu, 20 laga awal (Chelsea) sangat luar biasa. Menurut saya, para suporter MU hanya ingin timnya bermain bagus dan memenangi beberapa pertandingan yang mereka jalani," tambah mantan pemain Liverpool itu. 

Sumber: Skysports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer