Sukses


4 Alasan Rooney Bakal Tetap Jadi Andalan Jose Mourinho di MU

Bola.com — Wayne Rooney diyakini akan tetap menjadi salah satu pemain andalan Jose Mourinho di Manchester United. Meski akan berusia 31 tahun pada 24 Oktober 2016, Rooney masih memiliki kemampuan untuk membobol gawang lawan dan menjadi pengatur serangan.

Mourinho mengakui jika dirinya masih membutuhkan tenaga kapten timnas Inggris tersebut. Bahkan, manajer asal Portugal itu menjamin jika Rooney akan menempati pos di lini depan dan tak lagi bermain sebagai gelandang.  

"Mungkin dia bukan pemain dengan peran nomor 9 lagi, tetapi dia tak akan menggunakan peran pemain nomor 6. Dia tidak akan berada pada posisi 50 meter di depan gawang," kata Mourinho.

"Bersama saya, dia akan menjadi masih seorang penyerang. Yang pasti, dia tidak akan menjadi pemain dengan peran nomor 6 atau 8 lagi," ucapnya.

Namun, Wayne Rooney harus membuktikan dirinya bisa memenuhi keinginan Jose Mourinho. Apalagi, Mourinho mulai melakukan pembenahan di lini depan dengan mendatangkan Zlatan Ibrahimovic. 

Berikut ini adalah enam alasan mengapa Rooney akan tetap menjadi pilihan utama Jose Mourinho di Manchester United pada musim 2016-2017.

2 dari 5 halaman

1

1. Rooney mampu menyamai jumlah assist milik Ander Herrera dan Juan Mata

Sepanjang musim 2015-2016, Rooney tercatat enam kali bermain sebagai gelandang tengah. Selama musim tersebut, Wazza mampu mencetak satu gol dan satu assist.

Herrera yang juga bermain sebagai gelandang tengah sukses mencatatkan dua assist dan dua gol dari 13 laga. Sementara itu, Juan Mata mencetak tiga gol plus empat assist dari 23 penampilan sebagai gelandang. Itu berarti, Rooney sama efektifnya ketika bermain sebagai gelandang tengah seperti Herrera dan Mata.

3 dari 5 halaman

2

2. Mourinho merupakan penggemar Wayne Rooney

Mourinho ketika masih duduk di kursi manajer Chelsea percaya Rooney akan tetap menjadi pemain hebat jika bertahan bersama MU. Hal tersebut diucapkan Mourinho ketika mendengar kabar Rooney meminta agar dijual Manchester United pada 12 Mei 2013. 

"Rooney mungkin ingin keluar dari MU karena beberapa alasan, namun saya percaya dia adalah pemain terbaik MU dan dia adalah milik fans Manchester United," sebut Mourinho kepada media Inggris, Metro pada 2013.

Mourinho juga menjadi orang pertama yang marah ketika mendengar David Moyes tidak akan menjadikan Rooney sebagai pilihan pertama sebagai penyerang The Red Devils pada musim 2013-2014. Moyes lebih memilih memainkan Robin van Persie sebagai bomber di lini depan. 

"MU akan bersaing dengan kami? Saya tidak akan pernah mengatakan kepada Rooney jika dia tidak akan menjadi penyerang utama kami. Kami bahkan sudah lama mencoba mendapatkan Rooney yang tidak menjadi penyerang utama di timnya sendiri," tegas Mourinho kepada Metro.

4 dari 5 halaman

3

3. Wayne Rooney mampu mencetak gol walaupun kerap dibekap cedera

Rooney merupakan salah satu penyerang yang kerap dihantam cedera. Salah satu cedera parah yang pernah membekapnya adalah pada musim 2015-2016. Dihantam cedera lutut membuat Wazza tidak bisa tampil selama dua bulan. 

Ketika kembali membela MU pada 16 April 2016 saat melawan Aston Villa, Rooney berhasil mencetak satu gol. Dia juga mampu mencetak satu gol saat berhadapan dengan AFC Bournemoth pada 17 Mei 2016.

5 dari 5 halaman

4

4. Rooney akan menjadi tandem yang ideal buat Zlatan Ibrahimovic

Kekaguman Ibrahimovic kepada Rooney merupakan pertanda jika kedua pemain tersebut akan mampu bekerjasama dengan baik. Dalam buku biografinya, Ibrahimovic mengagumi Rooney sebagai pekerja keras dan bisa belajar banyak dari sang pemain. 

"Dia merupakan pemain yang mampu berlari kemana saja untuk timnya. Lebih baik saya bermain bersamanya dalam satu tim dibandingkan menghadapinya sebagai lawan. Saya belum beruntung saat ini untuk bisa bermain dengannya, namun sejauh ini saya sangat menikmati cara dia bermain sebagai penonton," jelas Ibrahimovic.

Andai keduanya benar-benar berduet, lini depan Manchester United bakal semakin menakutkan. Apalagi, kemampuan Wayne Rooney dan Zlatan Ibrahimovic dalam membobol gawang lawan sudah tak perlu diragukan lagi. 

Sumber: Tranfermarkt, Skysports, Mirror

Video Populer

Foto Populer