Sukses


5 Fakta Unik Keberhasilan MU Raih Trofi Community Shield 2016

Bola.com, London - Manchester United membuka musim 2016-17 dengan kemenangan atas juara bertahan Premier League, Leicester City, pada ajang Community Shield. Hasil 2-1 untuk keunggulan The Red Devils membuat Jose Mourinho mengoleksi trofi pertamanya bersama klub barunya tersebut.

Bermain di StadionWembley, Minggu (7/8/2016),Manchester United membuka keunggulan pada menit ke-32 melalui aksi Jesse Lingard. Leicester City mampu menyamakan kedudukan melalui gol Jamie Vardy pada menit ke-52. Gol kemenangan MU dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic saat laga tinggal menyisakan waktu tujuh menit lagi.

ESPN melansir, Manchester United memiliki 58 persen penguasaan bola. Setan Merah menciptakan enam peluang dari sembilan percobaan. Sementara itu, Leicester dua kali mengancam gawang Setan Merah.

Banyak pihak yang menganggap remeh ajang FA Community Shield. Bahkan, manajer legendaris MU, Sir Alex Ferguson, menilai Community Shield sebagai barometer untuk mengukur kebugaran anak asuhnya jelang Premier League. Namun, Mourinho memiliki pemikiran berbeda.

"Ini merupakan hasil yang bagus untuk tim kami, kemenangan ini akan memengaruhi mental para pemain jelang musim baru Premier League. Tim kami membuktikan kesolidannya dengan mengalahkan juara bertahan. Sebagai tim yang baru berganti manajer dan terjadi perubahan pada susunan skuat, ini adalah hasil yang bagus," ungkap Mourinho

Meskipun Community Shield dikategorikan sebagai trofi minor, Manchester United melihat kesuksesan ini sebagai awal yang bagus. Para penggemar berharap United kembali tampil pada tahun depan sebagai juara Premier League.

Berikut 5 Fakta Menarik Manchester United pada Ajang Community Shield:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1

1. Manchester United adalah Klub Tersukses di Community Shield
Penampilan Manchester United pada Community Shield 2016 merupakan penampilan yang ke-30 sepanjang sejarah klub. Catatan ini membuat United mengukuhkan diri sebagai klub yang paling sering tampil di ajang Community Shield. Dari 30 pertandingan tersebut, The Red Devils mencatatkan 21 kemenangan. Catatan ini juga menjadikan mereka sebagai klub yang paling banyak memenangi trofi ini.

Di bawah United ada Liverpool dan Arsenal yang sudah tampil sebanyak 21 kali. The Reds menjadi juara sebanyak 15 kali, sementara Arsenal 14 kali.

3 dari 6 halaman

2

2. Man. United Tampil Sebagai Juara FA Cup
Community Shield mulai mempertandingkan juara Premier League dengan juara FA Cup pada tahun 1993. Sejak tahun tersebut Manchester United sudah tampil sebanyak tiga kali dengan status double winners (1994, 1996, 1999). Menurut peraturan di ajang ini, jika klub yang sama menjadi juara Premier League dan FA Cup, maka klub yang menempati posisi runner up di Premier League akan tampil di Community Shield. United sudah dua kali tampil di ajang ini dengan status runner up Premier League ketika Arsenal dan Chelsea merebut status double winners.

Sementara itu, laga melawan Leicester City pada Community Shield 2016 menjadi kali kedua United tampil dengan status juara FA Cup. Sebelumnya United pernah tamil dengan status juara FA Cup pada tahun 2004.

4 dari 6 halaman

3

3. Man. United Menang Lewat Adu Penalti
Sejak tahun 1993 atau peraturan baru Community Shield diterapkan, Manchester United sudah memenanginya sebanyak sebelas kali. Namun laga yang dijalani oleh The Red Devils tidak semuanya berjalan mulus. United harus menentukan kemenangan dengan adu penalti sebanyak lima kali.

Kali terakhir United memenangi ajang ini lewat babak adu penalti adalah pada tahun 2008 ketika menghadapi Portsmouth. Setelah bermain imbang tanpa gol pada waktu normal, United sanggup unggul 3-1 saat adu penalti.

5 dari 6 halaman

4

4. Gol Pertama Pemain Baru di Laga Kompetitif
Zlatan Ibrahimovic menjadi penentu kemenangan Manchester United atas Leicester City. Gol ini membawa The Red Devils menjadi juara Community Shield untuk yang ke-30 sepanjang sejarah klub.

Laga Community Shield merupakan laga debut kompetitif pertama Ibra bersama United. Keberhasilannya mencetak gol membuat namanya tergabung dalam daftar debutan United yang mencetak gol pada laga kompetitif di Community Shield. Sebelumnya ada Ruud van Nistelrooy (2001), Alan Smith (2004) dan Javier Hernandez (2010).

6 dari 6 halaman

5

5. Catatan Pribadi Mourinho dan Ibrahimovic
Bagi Jose Mourinho, laga melawan Leicester City menjadi laga Community Shield kelima sepanjang kariernya. Dari lima laga tersebut, Mou mengoleksi dua gelar, yaitu pada tahun 2005 ketika masih menukangi Chelsea dan pada 2016 bersama Manchester United.

Lain halnya dengan Zlatan Ibrahimovic yang menandai kedatangannya ke Inggris dengan menjadi juara Community Shield. Trofi ini menjadi trofi ke-31 pemain asal Swedia tersebut sepanjang berkarier sebagai pesepak bola.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer