Sukses


Gabung Man City, John Stones Berstatus Bek Kedua Termahal Sejagad

Bola.com, Manchester - Manchester City berhasil mendatangkan bek tengah, John Stones dengan banderol 47,5 juta pounds atau lebih dari Rp 665 miliar. Harga tersebut membuat bek timnas Inggris ini tercatat sebagai bek termahal kedua di dunia.

Bek asal Brasil, David Luiz menjadi bek termahal di dunia saat bergabung ke Paris Saint-Germain dari Chelsea pada 2014. Stones sepakat berkostum Manchester City dengan durasi kontrak enam tahun. Bek berusia 22 tahun tersebut menjadi rekrutan ke-8 sejak kedatangan manajer anyar, josep Guardiola.

Sebelumnya, manajemen The Citizens sudah mendatangkan İlkay Gundogan, Aaron Mooy, Nolito, Oleksandr Zinchenko, Leroy Sane, Gabriel Jesus dan Marlos Moreno.

Sebelumnya, Stones sudah tercatat dalam skuat Manchester City yang akan berlaga di pentas Liga Champions. "Manchester City adalah sebuah tim yang sangat ambisius dengan manajer yang luar biasa. Jadi, saya tak sabar menunggu untuk bergabung bersama mereka," kata Stones, di BBC, Selasa (9/8/2016).

Stones sadar, dirinya akan mengalami persaingan ketat untuk menjadi pemain inti di bawah arahan Josep Guardiola. "Saya akan berusaha keras untuk menjadi pemain terbaik, dan membantu tim untuk menggapai banyak sukses," tegasnya.

Kepindahan Stones tidak mengejutkan. Pekan lalu, manajemen Everton menolak pinangan Chelsea, yang sudah menyiapkan dana segar sebesar 40 juta pounds atau sekitar Rp 560 miliar.

Berada di klub anyar, Stones akan bersaing minimal dengan tiga pemain lain dengan posisi sama, yakni Vincent Kompany, Eliaquim Mangala dan Nicolás Otamendi. Beruntung pesepak bola berpostur 188 cm tersebut bisa bermain di area gelandang bertahan.

Direktur Sepak Bola Manchester City, Txiki Begiristain menunjukkan kegembiraan setelah mengamankan tanda tangan Stones. "Dia adalah bek yang sempurna, muda dan punya banyak pengalaman. Kami senang dia bisa bersama kami. Kami sudah berjuang keras untuk mendatangkannya ke City, dan saya merasa kali ini kami mendapatkan bek tengah terbaik di Eropa," tegasnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Sekilas Karier John Stones

Bersinar terang sepanjang tiga tahun bersama Everton, Stones berhasil membangun namanya sebagai bek modern di abad 21. Dia bisa berperan sebagai bek tengah, sekaligus menjaga ritme aliran bola dari belakang ke deretan gelandang.

Stones juga sudah berkostum timnas Inggris di level U-19, U-20 dan U21, sebelum menjalani debut bersama The Three Liones pada 30 Mei 2014. Saat itu, ia ikut membawa negaranya menuai kemenangan 3-0 atas Peru di Stadion Wembley. Stones baru merasakan debut kompetitif di timnas saat kualifikasi Piala Eropa 2016 kontra Swiss.

Karier Stones berawal dari tim asal kota kelahirannya, Barnsley. Ia memulai laga profesional saat membela Barsnley versus Reading (17/3/2011). Total, ia merasakan 28 partai bersama tim asal Yorkshire Selatan tersebut.

Terus berkembang, Stones menjadi keluarga Everton dengan kontra 5,5 tahun pada hari terakhir bursa transfer musim dingin 2013. Sayang, dia tak bermain untuk tim senior Everton sampai musim berikutnya.

Pada 28 Agustus 2013, ia sempat merasakan pertandingan Piala Liga kontra Stevenage. Ia merasakan Premier League sebulan berikutnya saat menang atas Chelsea dengan skor 1-0.

Pada 2013-2014, ia menjalani 26 partai, dan membuat dua pertandingan lebih banyak pada 2014-2015. Ia mencetak gol perdana bagi Everton di Premier League ke gawang Manchester United pada April 2015. Musim lalu ia bermain 41 partai di semua ajang bersama skuat asal Goodison Park.

Sumber: BBC, MCFC.co.uk

Video Populer

Foto Populer