Sukses


Jelang Manchester Derby: Guardiola Ungguli Mourinho

Bola.com, Manchester - Pep Guardiola dan Jose Mourinho untuk pertama kalinya saling berhadapan dalam duel bertajuk Manchester derby pada ajang Premier League 2016-2017. Sejauh ini, Guardiola memiliki catatan apik kontra Mourinho.

Persaingan sengit Guardiola versus Mourinho telah terjadi sejak 2009. Saat itu, Guardiola menangani Barcelona, sedangkan Mourinho duduk di kursi pelatih Inter Milan.

Keduanya bersua saat Barca dan Inter berada satu grup di Liga Champions 2009-2010. Dari dua pertandingan di Grup F tersebut, Los Cules asuhan Guardiola meraih satu kemenangan dan satu imbang kontra I Nerazzurri besutan Mourinho.

Partai panas pun terjadi saat Barcelona kembali bentrok dengan Inter Milan pada fase semifinal. Namun kali ini, Inter yang keluar sebagai pemenang dan lolos ke final Liga Champions. Il Biscone unggul agregat 3-2 atas Barca, setelah pada leg pertama menang 3-1, dan menelan kekalahan 0-1 pada pertemuan kedua.

Ketika Jose Mourinho hengkang dari Inter Milan dan gabung ke Real Madrid, rivalitas dengan Guardiola semakin menarik. Guardiola yang mempunyai Lionel Messi di Barcelona tetap lebih unggul atas Mourinho yang memiliki Cristiano Ronaldo di Madrid.

Dari 11 pertemuan terakhir kontra Mourinho baik di La Liga Spanyol, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, dan Piala Super Eropa, Guardiola berhasil merengkuh lima kemenangan, empat hasil imbang, dan hanya menelan dua kekalahan.

Secara keseluruhan, Pep Guardiola berhasil memetik tujuh kemenangan, enam hasil imbang, dan hanya tiga kali kalah dari 17 pertemuan kontra Jose Mourinho. Dengan catatan tersebut, Guardiola diyakini bakal melanjutkan tren bagus itu ketika kembali berhadapan dengan Mourinho di Premier League.

2 dari 2 halaman

Skuat Merata

Guardiola yang kini duduk di kursi manajer Manchester City akan melawat ke markas Manchester United di Old Trafford dalam laga pekan keempat Premier League, Sabtu (10/9/2016) malam WIB.

Memiliki skuat yang merata di seluruh lini, pria asal Spanyol tersebut berpeluang kembali mengalahkan Mourinho yang kini melatih MU. Apalagi, The Citziens berhasil menyapu bersih kemenangan dalam lima laga terakhir di seluruh ajang kompetisi, dengan mencetak 15 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Kendati demikian, mengalahkan Manchester United bukan tugas yang mudah. Sejak ditangani Jose Mourinho, The Red Devils meraih kemenangan dalam empat laga sebelumnya pada musim ini.

Selain itu, MU juga kini memiliki trio RIP (Wayne Rooney - Zlatan Ibrahimovic - Paul Pogba) yang bakal menyulitkan barisan belakang The Citizens. Dukungan penuh dari suporternya yang memadati Old Trafford akan mendongkrak semangat juang pemain Manchester United untuk mengalahkan Man City.

Lantas, mampukah Pep Guardiola membawa Manchester City meraih kemenangan sekaligus memperpanjang catatan bagus tersebut, atau justru Jose Mourinho yang mengantarkan MU mendulang tiga poin dan memetik kemenangan keempat atas Guardiola? Layak untuk dinantikan.

Sumber: Sky Sports, Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer