Sukses


Starting XI Pemain Terbaik yang Meninggalkan Premier League

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer awal musim 2016-2017 telah ditutup. Berbagai kejutan mewarnai proses transfer di Premier League. Ada banyak bintang yang datang dan ada pula yang pergi. Berikut starting eleven para pemain terbaik yang meninggalkan kompetisi kasta teratas di negeri Ratu Elizabeth itu.

Kompetisi Premier League saat ini dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Alasannya, banyaknya bintang dunia yang bermain di sini. Musim 2016-2017 menjadi yang paling menarik.

Alasannya, proses transfer tak hanya melibatkan pemain saja, para pelatih terbaik juga datang ke sini. Pep Guardiola ditunjuk sebagai manajer Manchester City. Adapun, Antonio Conte membesut Chelsea.

Premier League 2016-2017 juga menobatkan Paul Pogba sebagai pemain termahal dunia. Pemain asal Prancis itu diboyong Manchester United dari Juventus dengan nilai transfer 100 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun).

Hadirnya berbagai bintang baru membuat para bintang lama Premier League tersingkir. Ada yang harus rela menghuni bangku cadangan, ada pula yang harus berganti klub bahkan hijrah ke liga lain.

2 dari 7 halaman

1

Kiper : Joe Hart

Penjaga gawang Joe Hart memutuskan bergabung bersama Torino dengan status pinjaman selama semusim, setelah jasanya tak lagi dibutuhkan oleh Manchester City. Setelah mendatangkan Claudio Bravo dari Barcelona, manajer Pep Guardiola mengonfirmasi bahwa Hart merupakan penjaga gawang ketiga City di bawah Bravo dan Willy Caballero.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi Pep mencopot Hart sebagai kiper utama City. Pertama, dia kecewa penampilan Hart bersama timnas Inggris pada ajang Piala Eropa 2016. Kedua, Pep lebih suka kiper yang bagus dalam membangun serangan. Dia merasa Caballero memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Hart dalam hal itu.

Hart secara resmi menjadi pemain Torino pada Selasa (30/8/2016) dengan status pinjaman selama semusim. Manchester City sepakat membayar 70 persen gaji Hart selama di Torino.

Sesuai kesepakatan, pemain berusia 29 tahun itu akan mendapatkan 3,6 juta euro (Rp 53 miliar) dalam semusim. Karena 70 persen ditanggung oleh City, Torino hanya perlu membayar sebesar 1 juta euro saja (Rp 14,8 miliar).

 Bek : Eliaquim Mangala

Eliaquim Mangala menjadi salah satu pemain mahal yang jasanya tak lagi dibutuhkan oleh Manchester City dan manajer Pep Guardiola. Manajer berkebangsaan Spanyol itu meminjamkan Mangala ke Valencia selama semusim pada pengujung ditutupnya bursa transfer awal musim 2016-2017, Rabu (31/8/2016).

Pemain berusia 25 tahun itu diharapkan bisa memperkuat lini belakang Valencia. Pasalnya, klub asuhan Pako Ayesteran itu baru melepas Shkodran Mustafi yang hijrah ke Arsenal.

Mangala sendiri gagal bersinar selama dua musim membela Manchester City. Meski merasakan 64 pertandingan di berbagai ajang, Mangala tidak bisa menjadi pemain inti karena kalah bersaing dengan Nicolas Otamendi dan Vincent Kompany di jantung pertahanan Manchester Biru.

3 dari 7 halaman

2

Bek : Kolo Toure

Kolo Toure dilepas dari Liverpool ke Glasgow Celtic dengan status free transfer, setelah Liverpool memutuskan tidak memperpanjang kontraknya pada akhir musim 2015/2016. Walaupun menjadi pilihan pertama sebagai pilar pertahanan bersama Dejan Lovren, dan membawa Liverpool ke final Europa League 2016, dia hanya bermain sebanyak 14 kali pada musim 2015/2016.

Musim lalu, Toure baru tampil membela Liverpool pada bulan November 2015 akibat cedera hamstring. Dia merupakan bagian dari skuat invicivble Arsenal yang tak terkalahkan sepanjang musim 2003-2004.

Bek : Tyler Blackett

Blackett tampil di semua laga pramusim pada saat Manchester United masih dilatih oleh Louis van Gaal. Partai dia yang paling berkesan adalah pada laga melawan Valencia pada tanggal 12 Agustus 2014.

Pada saat itu, Blackett memberikan assist kepada Fellaini, yang membawa United menang dengan skor 2-1. Sejak saak itu, Blackett mulai mendapatkan kepercayaan oleh Van Gaal untuk posisi bek, karena pada saat itu Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic sudah meninggalkan klub, serta Manchester United kekurangan bek yang berpengalaman. Dia tampil 14 kali memperkuat MU pada musim 2014-2015.

Pada musim 2015/2016, Blackett dipinjamkan ke Glasgow Celtic, dan hanya tampil sebanyak 3 pertandingan. Datangnya Mourinho semakin memperkecil peluangnya untuk kembali ke tim utama.

Manchester United (MU) melalui situs resminya, Selasa (23/8/2016), mengonfirmasi kepindahan Tyler Blackett ke klub Divisi Championship, Reading. Blackett akhirnya setuju untuk dilepas ke Reading. Pemain asal Inggris itu nantinya akan diasuh oleh mantan pemain MU yang kini menjadi manajer Reading, Jaap Stam.

4 dari 7 halaman

3

Bek: Martin Skrtel

Martin Skrtel resmi menjadi pemain baru Fenerbahce usai merampungkan kepindahannya dari Liverpool dengan nilai 5,5 juta poundsterling atau Rp 96,3 miliar rupiah.

Bek Slowakia ini berlabuh ke Turki usai delapan setengah tahun merumput dengan Liverpool. Fenerbahce memenangkan persaingan untuk mendapatkan pemain berusia 31 tahun itu dengan AS Roma, Internazionale, Wolfsburg, juga Galatasaray dan Besiktas yang juga meminati pemain berkepala plontos ini .

Skrtel meninggalkan Liverpool dengan koleksi 320 penampilan di seluruh ajang, dan meraih gelar juara Piala Liga Inggris 2011/12.

Gelandang : Serge Gnabry

Arsenal secara resmi melepas penyerangnya Serge Gnabry ke klub Bundesliga, Werder Bremen. Bremen berhasil mendapatkan tanda tangan Gnabry dengan banderol sebesar 5 juta poundsterling atau senilai Rp 87,3 miliar dan telah menandatangani kontrak dengan durasi empat tahun.

Karier Gnabry di Emirates Stadium tidak berlangsung dengan baik, meskipun dia adalah top scorer pada ajang Olimpiade 2016 dengan mencetak enam gol. Sejak bergabung dengan tim utama The Gunners pada musim 2013-2014, dia hanya bermain selama 18 kali dengan torehan satu gol dan dua assist. Musim lalu lulusan akademi Stuttgart itu dipinjam ke West Bromwich Albion.

5 dari 7 halaman

4

Gelandang : Samir Nasri

Manchester City kembali melepas pemainnya menuju klub lain jelang ditutupnya bursa transfer awal musim 2016-2017. Gelandang Samir Nasri dipinjamkan The Citizen ke Sevilla hingga akhir musim 2016-2017.

Sejak direkrut dari Arsenal pada musim 2011-2012, kiprah Samir Nasri di Manchester City mengalami pasang surut. Dia sempat menjadi andalan Roberto Mancini yang saat itu menjabat sebagai manajer The Citizen selama tiga musim.

Dia turut mengantarkan Manchester City menjuarai Premier League pada musim 2011-2012 serta 2013-2014, serta Piala FA 2012-2013. Pada 2013, Mancini dipecat oleh manajemen City yang kemudian digantikan Manuel pellegrini.

Sejak ditangani manajer asal Cile itu posisi Nasri perlahan mulai terpinggirkan. Musim 2015-2016 menjadi musim terburuk pemain berusia 29 tahun itu di Manchester. Dia diterpa cedera hamstring yang membuatnya absen hampir sepanjang kompetisi.

Gelandang : Juan Cuadrado

Chelsea melalui situs resminya, Rabu (31/8/2016), mengonfirmasi kepindahan Juan Cuadrado ke Juventus dengan status pinjaman selama tiga musim.

Ini menjadi masa pinjaman kedua Cuadrado bersama Juventus. Sebelumnya, pemain asal Kolombia menghabiskan musim 2015-2016 bersama Bianconeri dan mencatatkan 40 penampilan di berbagai ajang.

Namun, dalam masa pinjaman kali ini membuat Cuadrado akan menghabiskan kontraknya bersama Juventus. Seperti diketahui, kontrak pemain berusia itu bersama Chelsea akan berakhir pada 30 Juni 2019.

"Juan Cuadrado kembali ke Juventus dengan status pinjaman selama tiga tahun. Kami berterima kasih kepada Juan atas kontribusinya untuk kesuksesan kami dalam dia musim terakhir dan berharap yang terbaik dalam masa pinjamannya di Italia," bunyi keterangan Chelsea.

Juventus akan membayar 5 juta euro atau setara Rp 74 miliar per musim untuk biaya peminjaman Cuadrado. Klub asuhan Massimiliano Allegri itu juga memasukkan opsi pembelian pada akhir masa pinjaman dengan tembusan 25 juta euro atau setara Rp 370 miliar.

6 dari 7 halaman

5

Gelandang : Tomas Rosicky

Rosicky, yang sudah mencetak 28 gol sejak tahun 2006-2016 bersama The Gunners, akhirnya dilepas dengan status bebas transfer ke klub profesional pertama yang dia bela, yakni Sparta Praha. Sepanjang 10 tahun tersebut menjadi penghuni Emirates Stadium, dia membawa Arsenal menjuarai FA Cup: 2013–14 dan 2014–15, serta trofi FA Community Shield tahun 2014.


Secara pribadi, Arsene Wenger mengakui bahwa dia dan Arsenal merasa terhormat bisa melatihnya.

"Sangat sedih melihatnya tidak bisa bermain di banyak pertandingan, karena dia adalah pemain yang berbakat," jelas Wenger. Sangat jelas semua orang mencintainya, arena fans selalu bertepuk tangan saat dia tampil, dan dia juga punya sikap yang membuatnya sangat dihormati," tambahnya.

Penyerang : Wilfried Bony

Manchester City meminjamkan penyerang Wilfried Bony ke Stoke City selama semusim. Digaet dari Swansea City pada 14 Januari 2015, Bony diharapkan dapat menambah daya gedor Man City. Tetapi, penyerang 27 tahun tersebut kalah bersaing dengan Sergio Aguero, yang mencetak 24 gol meski sempat absen selama 8 pertandingan, dan gagal mengulangi performa gemilang bersama Swansea City.

Selama satu setengah musim membela The Citizens, Bony hanya mencetak 10 gol dari 46 pertandingan di seluruh ajang kompetisi, di mana dia hanya mencetak 6 gol pada Premier League 2014/2015 dan 2015/2016.

 

Alasan lain yang melatarbelakangi dibuangnya Bony dari skuat City adalah karena gaya permainan pemain asal Pantai Gading itu kurang disukai oleh Pep Guardiola. Manajer berkebangsaan Spanyol itu memilih untuk memainkan trio Aguero, Raheem Sterling, dan Nolito untuk menempati pos di lini depan.

7 dari 7 halaman

6

Penyerang: Mario Balotelli

Mario Balotelli resmi berganti klub dari Liverpool ke OGC Nice. Klub asal Prancis itu mendapatkan Balotelli secara cuma-cuma alias gratis pada Rabu (31/8/2016).

Meskipun bergabung di Liverpool sejak tahun 2014, dia sesungguhnya hanya menghabiskan waktu selama semusim di Merseyside, sebelum dipinjamkan ke AC Milan pada tahun 2015. Bersama Liverpool, pemain berkebangsaan Italia tersebut hanya mencetak empat gol dalam 28 pertandingan di berbagai ajang.Sementara itu, haraoan untuk menjadi lebih baik saat bermain untuk AC Milan tidak tercapai. Balotelli hanya bisa mencetak tiga gol dalam 23 penampilan untuk I Rossoneri.

Berbagai Sumber

-

Video Populer

Foto Populer