Sukses


Kekhawatiran Ferguson soal Jurgen Klopp Bisa Jadi Kenyataan

Bola.com, Manchester - Pelatih legendaris Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, menilai manajer asal Jerman, Jurgen Klopp, bakal membawa Liverpool menjadi salah satu penantang serius dalam perburuan gelar juara Premier League 2016-2017. 

"Dia melakukan tugasnya dengan sangat baik dan mengembalikan antusiasme Liverpool. Itu (antusiasme) bisa membuat klub besar kalah. Selama dua dekade, Liverpool mengganti manajer tanpa membangun identitas mereka," kata Ferguson. 

"Sekarang Anda bisa tahu dan benar-benar mengerti kalau Anda harus memperhitungkan mereka pada tahun ini. Anda juga bisa melihat dedikasi Klopp di pinggir lapangan. Saya yakin tugasnya dalam latihan pun sama."

"Dia memiliki jati diri yang sangat kuat. Menurut saya, dia benar-benar vital bagi sebuah klub besar," Ferguson menambahkan. 

Pada Desember 2015, Ferguson sudah memprediksi Klopp bakal meraih sukses di Liverpool. Bahkan, Ferguson mengatakan, jika MU tak berbenah, Liverpool bisa saja menyalip keberhasilan Setan Merah di ajang Premier League. 

"Saya memang mengkhawatirkannya karena satu hal yang MU tidak inginkan adalah Liverpool berada di depan mereka," kata Ferguson. 

"Dia (Klopp) memiliki pribadi yang hebat, dengan gigi putih yang selalu ia tunjukkan. Bahkan, ketika mereka kalah di Newcastle, Klopp menghampiri Steve McClaren lalu memberinya ucapan selamat. Itu sangat berkelas. Dia juga melakukan hal itu di Dortmund."

"Saya cukup mengenalnya dari beberapa seminar kepelatihan. Dia akan membuat perbedaan di klub dengan personalitas serta pengetahuan yang dimilikinya," tutur Ferguson. 

Hingga pekan kesembilan Premier League, Liverpool berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan poin 20, atau hanya kalah selisih gol dari Manchester City di posisi pertama. Sementara itu, Setan Merah masih berada di peringkat ketujuh dengan poin 14. 

Sumber: Liverpool Echo

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer