Sukses


Cesar Azpilicueta Komentari Taktik Conte di Chelsea

Bola.com, London - Bek Chelsea, Cesar Azpilicueta, mengaku akan terus berupaya menjalani peran baru dengan formasi 3-4-3 yang menjadi taktik andalan manajer Antonio Conte. 

Azpilicueta selama ini sering bermain di posisi sebagai bek kiri, meski pernah juga menjalankan tugas sebagai kanan. Namun, dalam beberapa pertandingan terakhir, Azpilicueta mulai sering dimainkan di barisan belakang dengan skema tiga bek. 

"Saya selalu merasa percaya diri kepada manajer semenjak saya datang ke sini (Chelsea). Apapun posisi yang saya mainkan, saya selalu mencoba memberikan yang terbaik dan melakukan apa yang manajer perintah dengan karakteristik yang saya punya," ungkap Azpilicueta.

Sejak menukangi Chelsea pada awal musim 2016-2017, Conte menggunakan skema yang di luar kebiasaan, yakni 4-1-4-1. Namun, belakangan pria asal Italia sadar skema tersebut tak cocok.

Kesadaran Conte dimulai ketika klub asal London Barat meraih masa-masa sulit, yakni ditahan imbang 2-2 oleh Swansea City (11/9/2016), takluk 1-2 dari Liverpool (16/9/2016), dan 0-4 dari Arsenal (24/9/2016).

Raihan tiga hasil minor itu membuat Conte mengubah skema. Conte menggunakan formasi 3-4-3. Skema tersebut sebenarnya mirip dengan 3-5-2 yang jadi andalannya selama menukangi Juventus dan tim nasional Italia.

Formasi anyar tersebut menuai hasil positif. Chelsea menjadi satu di antara tim di Premier League yang memiliki lini pertahanan tangguh. Gawang Thibaut Courtois belum kebobolan usai Chelsea menang dengan skor 2-0 melawan Hull City, menang atas Leicester City (3-0), dan mempermalukan Manchester United (4-0).

"Semenjak kami mengubah sistem itu bekerja dengan baik di liga dan saya mencoba beradaptasi dengan cara terbaik. Kami berlatih keras selama sepekan dan mencoba untuk merealisasikannya ke dalam pertandingan," kata Azpilicueta.

"Hasil pertandingan terakhir sangat bagus--empat menang dan tidak kebobolan. Jadi itu menunjukkan kerja sama tim yang sangat baik dan kami akan tetap bekerja seperti itu," Azpilicueta menuturkan. 

Sumber: Evening Standart

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer