Sukses


6 Cerita di Balik Kemenangan MU atas West Ham

Bola.com, Manchester - Manchester United memastikan lolos ke semifinal Piala Liga Inggris setelah menang 4-1 atas West Ham United di Old Trafford, Manchester, Rabu (30/11/2016) waktu setempat. Zlatan Ibrahimovic dan Anthony Martial masing-masing mencetak dua gol pada laga itu.

Kemenangan itu diraih tanpa kehadiran Jose Mourinho di pinggir lapangan. The Special One harus menjalani sanksi larangan satu laga akibat tindakannya yang dinilai FA melanggar aturan saat Manchester United melawan West Ham United di Premier League, akhir pekan lalu.

Laga kali ini menjadi untuk yang kedua kalinya bagi Mourinho tidak menemani Manchester United di sisi lapangan. Sebelumnya, manajer asal Portugal itu juga absen berada di barisan bangku cadangan saat Setan Merah menang 3-1 atas Swansea City di Stadion Liberty, Swansea, Minggu (6/11/2016).

Sementara itu, sanksi lain berupa denda juga pernah diterima Mourinho semenjak resmi menangani The Red Devils. Mourinho didenda 58.000 poundsterling setelah mengeluarkan komentar negatif terkait integritas wasit Anthony Taylor jelang laga kontra Liverpool, 17 Oktober 2016.

Selain ketidakhadiran Mourinho, terdapat juga beberapa momen saat Manchester United menaklukkan West Ham United. Berikut ini adalah momen-momen menarik pilihan Bola.com.

2 dari 6 halaman

1. No Pogba, No Problem

Manchester United tidak bisa memainkan Paul Pogba yang menjalani sanksi akumulasi kartu kuning. Tanpa Pogba, Mourinho menduetkan Ander Herrera dan Michael Carrick sebagai gelandang tengah.

Secara fakta, Manchester United meraih rasio kemenangan 100 persen saat Pogba tidak bermain. Sepanjang musim ini bergulir, pemain termahal dunia itu tidak tampil dalam tiga pertandingan di berbagai ajang.

Laga pertama tanpa Pogba terjadi saat Manchester United menang 3-1 atas AFC Bournemouth di Stadion Liberty, 14 Agustus 2016. Saat itu, Pogba masih berupaya meningkatkan kebugaran setelah menjalani waktu liburan panjang pasca-membela Prancis di Piala Eropa 2016.

Pogba kemudian absen saat Manchester United menang 3-1 atas Northampton Town pada putaran ketiga Piala Liga Inggris, 21 September 2016. Gelandang asal Prancis itu sengaja disimpan Mourinho yang ingin memberikan kesempatan kepada pemain lain merasakan menit bermain yang cukup.

Terakhir, Pogba tidak tampil saat Manchester United menyingkirkan West Ham United pada perempat final Piala Liga Inggris. Hasilnya, The Red Devils tetap menang dan lolos ke semifinal untuk meladeni Hull City.

3 dari 6 halaman

2. Pesona Henrikh Mkhitaryan

Rekrutan anyar Henrikh Mkhitaryan mulai bisa beradaptasi dengan gaya permainan Manchester United. Gelandang asal Armenia itu mencatat dua assist dari empat gol yang tercipta ke gawang West Ham United.

Umpan pertama Mkhitaryan berujung gol pembuka Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-2. Pada awal babak kedua, kembali mengirimkan umpan yang dikonversi Anthony Martial menjadi gol untuk membawa Manchester United unggul 2-1.

Sejauh ini, Mkhitaryan sudah tampil dalam sembilan Manchester United di berbagai ajang. Dua dari tiga pertandingan terakhir sebagai pemain inti, Mkhitaryan dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Sang pemain enggan jemawa atas penampilannya yang mulai membaik. "Saya senang kami bisa menang dan lolos ke semifinal," kata eks pemain Borussia Dortmund itu.

4 dari 6 halaman

3. Wayne Rooney absen kontra Everton

Saat Manchester United sudah unggul 2-1, Wayne Rooney menerima kartu kuning akibat melanggar salah satu pemain West Ham United pada meint ke-53. Itu menjadi kartu kuning kelima Rooney sepanjang musim ini di semua kompetisi Inggris, yang membuatnya harus menjalani sanksi akumulasi kartu kuning.

Sanksi tersebut membuat Rooney absen saat Manchester United bertandang ke markas Everton, Minggu (4/12/2016). Padahal, laga tersebut cukup spesial karena Rooney merupakan pemain didikan The Toffees.

Sejak bermain untuk Manchester United, Rooney tercatat sudah menerima 95 kartu kuning di berbagai ajang. Sementara itu, Rooney juga pernah diganjar 17 kartu kuning ketiga masih bermain di Everton selama dua musim.

Pertandingan itu juga menjadi kegagalan Rooney menyamai rekor gol Sir Bobby Charlton di Manchester United. Rooney kini masih mengemas 248 gol atau berselisih satu gol dari catatan Charlton sebagai pemain tersubur Setan Merah sepanjang masa.

5 dari 6 halaman

4. Phil Jones, The Golden Boy

Phil Jones menjadi satu-satunya pemain yang tak tergantikan dalam lima laga terakhir Manchester United. Manajer Jose Mourinho mulai memercayai Jones sebagai pilar lini belakang tim.

Setelah pulih dari cedera panjang, Jones mengawali laga perdana musim ini saat Manchester United menang 3-1 atas Swansea City di Stadion Liberty, Minggu (6/11/2016). Setelah itu, Jones selalu tampil dan tidak pernah diganti dalam sebuah pertandingan.

Sejak Jones bermain, Manchester United belum menelan satupun kekalahan. Namun, gawang The Red Devils sudah kebobolan empat gol dan hanya sekali clean sheet dalam lima laga terakhir.

Kepercayaan Mourinho kepada Jones bisa membuat tiga sampai empat pemain bakal memperebutkan posisi sebagai pendampingnya. Eric Bailly, Chris Smalling, Marcos Rojo, dan Daley Blind belum bisa mendapat kepercayaan penuh Mourinho sejak awal musim ini.

6 dari 6 halaman

5. Sambutan hangat untuk Bastian Schweinsteiger

Laga kontra West Ham United menjadi momen langka Bastian Schweinsteiger. Pemain asal Jerman itu tampil untuk kali pertama pada musim ini.

Schweinsteiger masuk menggantikan Anthony Martial pada menit ke-86. Schweinsteiger mencatat dua umpan sukses dan melepaskan satu tembakan dalam laga itu.

Ketika masuk ke lapangan, Schweinsteiger mendapat sambutan meriah dari publik Old Trafford. Para suporter Manchester United memberikan semangat kepada sang pemain setiap kali menyentuh bola.

Schweinsteiger bahkan hampir mencetak gol saat tembakannya hanya melenceng tipis dari gawang West Ham United pada menit ke-90.

"Mourinho harus mendengar sambutan suporter kepada Schweinsteiger. Saat menyentuh bola untuk kali pertama dan melepaskan tembakan, Schweinsteiger mendapat dukungan semangat luar biasa," kata jurnalis BBC, Simon Stone, yang berada di Old Trafford.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer