Sukses


4 Catatan Kontroversial Laga Manchester United Vs AFC Bournemouth

Bola.com, Manchester - Manchester United gagal naik peringkat setelah hanya bermain 1-1 menghadapi AFC Bournemouth dalam lanjutan Premier League di Old Trafford, Manchester, Sabtu (4/3/2017).

Hasil tersebut membuat Manchester United tetap menduduki urutan keenam dengan raihan 49 poin dari 26 laga. Adapun AFC Bournemouth menempati peringkat ke-14 dengan mengemas 27 poin dari 27 pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, Manchester United membuka keunggulan lebih dahulu melalui Marcos Rojo pada menit ke-23. Rojo mencetak gol setelah memaksimalkan umpan mendatar Antonio Valencia.

Akan tetapi, keunggulan Setan Merah lenyap pada menit ke-40. AFC Bournemouth mencetak gol balasan melalui penalti Joshua King. Penalti diberikan wasit Kevin Friend setelah Phil Jones dianggap melanggar Marc Pugh.

Jelang babak pertama berakhir, AFC Bournemouth harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Andrew Surman menerima kartu kuning kedua. Namun, Manchester United gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan harus puas bermain 1-1.

Pertandingan tersebut meninggalkan beberapa catatan menarik. Berikut ini adalah catatan kontroversial yang menjadi perdebatan publik versi Bola.com:

2 dari 5 halaman

1. Tyrone Mings injak kepala Zlatan Ibrahimovic

Saat skor 1-1 jelang babak pertama berakhir, ada sebuah insiden saat bek AFC Bournemouth Tyrone Mings menjatuhkan dua striker Manchester United Wayne Rooney dan Zlatan Ibrahimovic.

Saat kedua striker Manchester United itu terjatuh, Mings bangkit dan melompat untuk kembali menjaga posisinya. Namun, Mings mendatar dengan kaki mengenai kepala Ibrahimovic.

Kejadian itu lolos dari pandangan wasit Kevin Friend. Setelah pertandingan, Mings justru senang bisa terlibat dalam banyak duel dengan Ibrahimovic. (Baca: Wayne Rooney Minta Tyrone Mings Dihukum Berat)

"Saya tidak berniat menginjak Ibrahimovic. Itu bukan cara bermain saya. Saya bisa menekel dengan cara keras tetapi tak pernah berniat menyederai lawan. Saya tak mungkin sengaja bermain curang saat tak ada bola," kata Mings.

3 dari 5 halaman

2. Zlatan Ibrahimovic sikut Tyrone Mings

Tak lama setelah aksi Tyrone Mings, Zlatan Ibrahimovic menyikut sang pemain. Menerima umpan silang dari rekannya, Ibrahimovic melayangkan siku yang menghantam wajah Mings.

Mings terkapar dan membuat pertandingan terhenti sebentar. Sama seperti Mings yang melayangkan bantahan, Ibrahimovic juga mengaku tidak berniat melakukan tindakan tersebut.

"Yang terjadi di lapangan, biarkan terjadi di sana. Saya bukan tipe pemain yang mengomentari pemain lain setelah pertandingan. Anda mempunyai televisi dan bisa melihat kejadian itu. Saya melompat lebih tinggi dan Mings melompat ke arah siku saya," ujar Ibrahimovic.

4 dari 5 halaman

3. Kartu kuning kedua untuk Andrew Surman

Insiden Tyrone Mings dan Zlatan Ibrahimovic berimbas terhadap diusirnya Andrew Surman pada menit ke-45. Setelah Ibrahimovic menyikut Mings, Surman naik pitam dan mendorong pemain asal Swedia itu hingga terjatuh.

Wasit Kevin Friend pun memberikan kartu kuning kedua atas tindakan Surman. Sebelumnya, Surman mendapatkan kartu kuning setelah mengganjal Luke Shaw pada pertengahan babak pertama.

Keputusan wasit mengusir Surman membuat asisten manajer Jason Tindall marah. Tindall melakukan protes keras dan membuatnya diusir wasit jelang babak pertama berakhir. Tindall tidak diperbolehkan berada di bangku cadangan sepanjang babak kedua.

"Kartu kuning pertama kepada Surman tidak layak. Selanjutnya, saya tidak melihat dengan jelas kejadian di kotak penalti. Para pemain bilang Ibrahimovic menyikut Mings. Lalu, wasit justru mengusir Surman," kata Tindall.

"Kami kecewa kehilangan Surman karena dia bermain bagus dan kita semua tahu apa yang terjadi sebenarnya di lapangan. Pada akhirnya, kami mendapatkan poin dan itu luar biasa," lanjutnya.

5 dari 5 halaman

4. Penalti untuk Manchester United

Saat laga memasuki menit ke-72, Manchester United mendapatkan hadiah penalti setelah Adam Smith menggunakan tangan untuk menghalangi umpan Paul Pogba. Beruntung bagi AFC Bournemouth, Zlatan Ibrahimovic gagal memaksimalkan kesempatan itu setelah tembakannya bisa dibaca kiper Artur Boruc.

Keputusan wasit Kevin Friend mendapatkan kritik dari mantan pemain Inggris, Steve Stone, yang menjadi korespondensi BBC Radio 5 Live. Menurut Stone, Smith tidak sengaja menyentuh bola dengan tangan.

"Keputusan penalti itu tidak layak. Itu seharusnya bukan penalti. Smith hanya berjarak beberapa meter dari Paul Pogba. Dia tidak bisa menghindari bola dari jarak tersebut," tutur Stone.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer