Sukses


Ander Herrera Punya Peran Baru di Manchester United

Bola.com, Manchester - Ander Herrera menjadi satu di antara pemain andalan Manchester United pada era manajer Jose Mourinho. Hingga musim ini bergulir, Herrera yang memiliki menit bermain terbanyak keempat Manchester United hingga musim ini bergulir.

Herrera mencatat 2.858 menit dalam 35 pertandingan Setan Merah di berbagai ajang. Jumlah menit tampil itu hanya kalah dari Zlatan Ibrahimovic (3.300 menit), Paul Pogba (3.283), dan David De Gea (3.150).

Tak terbantahkan bila Herrera kini menjadi tulang punggung lini tengah Manchester United. Kehadiran Herrera membuat Paul Pogba bisa lebih nyaman bermain sebagai gelandang tengah maupun serang.

Herrera mempunyai tugas baru selama Manchester United dilatih Mourinho. Pemain asal Spanyol itu lebih sering berperan sebagai gelandang bertahan untuk memutus serangan lawan. Saat dilatih Louis van Gaal, Herrera biasa berperan sebagai box-to-box midfielder atau terkadang gelandang serang kanan.

Herrera mampu mengemban tugas yang diinstruksikan Mourinho dengan baik. Sebagai contoh, Herrera mencatat 17 kali tekel dan interception yang merupakan terbanyak dalam sebuah pertandingan Premier League musim ini saat timnya bermain 0-0 melawan Liverpool di Old Trafford, 17 Oktober 2016.

"Saya senang menjadi pemain yang lebih bertipe bertahan dibandingkan pada musim lalu. Saya bisa menyalurkan energi tim di posisi itu. Jadi, Mourinho merupakan pelatih bagus bagi saya dan juga tim," ujar Herrera soal peran Mourinho menjadikannya gelandang bertahan.

Selama musim ini berjalan, Herrera rata-rata melakukan enam kali tekel dan interception, atau yang tertinggi dibanding semua pemain Manchester United. Meski saat ini lebih dikenal sebagai gelandang bertahan, Herrera tetap bisa menjadi penghubung dari lini belakang ke barisan depan tim.

Mantan pemain Athletic Bilbao itu mampu melepaskan rataan 74,6 umpan atau lebih banyak rata-rata 30,4 umpan ketimbang pada musim lalu. Catatan itu menunjukkan dua peran berbeda Herrera bagi lini tengah Manchester United.

Namun, perubahan peran itu berimbas terhadap ketajaman Herrera mencetak gol. Pada musim ini, pemain berusia 27 tahun itu baru mencetak satu gol di berbagai ajang. Jumlah tersebut masih jauh dari catatan terbaiknya mampu melesakkan delapan gol dalam 31 laga Manchester United pada musim 2014-2015.

Sumber: Whoscored, Opta

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer