Sukses


5 Duel Seru Arsene Wenger dan Pep Guardiola

Bola.com, London - Arsenal akan menjamu Manchester City pada Premier League pekan ke-30 di Stadion Emirates, London, Minggu (2/4/2017). Tak hanya kualitas pemain, laga ini menguji kejelian meramu taktik kedua manajer, yakni Arsene Wenger dan Pep Guardiola.

Dari segi pengalaman, Wenger jauh mengungguli Guardiola. Akan tetapi, catatan pertemuan lebih berpihak kepada Guardiola dari sembilan kali pertemuan.

Wenger cuma mencatatkan dua kemenangan, sementara Guardiola lima kali menang. Dua laga lainnya berakhir dengan skor imbang.

Pep Guardiola bertemu Arsene Wenger dengan tiga klub berbeda dalam beberapa musim terakhir, yakni Barcelona, Bayern Munchen dan terakhir Manchester City.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Arsenal 2-2 Barcelona (Perempat final Liga Champions 2009-2010)

Wenger dan Guardiola pertama kali bertemu dalam leg pertama perempat final Liga Champions pada Maret 2010. Barcelona di bawah asuhan Guardiola menahan Arsenal dengan skor 2-2 di Stadion Emirates.

Arsenal nyaris kalah setelah Zlatan Ibrahimovic menyumbang dua gol bagi Barcelona dalam tempo 13 menit. The Gunners mencetak dua gol balasan, masing-masing lewat Theo Walcott dan penalti Cesc Fabregas pada pengujung laga.

Barcelona akhirnya melenggang ke semifinal. Menjamu Arsenal yang diterpa badai cedera dalam leg kedua di Camp Nou, El Barca menang telak 4-1.

3 dari 6 halaman

2. Arsenal 2-1 Barcelona (16 Besar Liga Champions 2010-2011)

Wenger meraih kemenangan perdana atas Guardiola dalam leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2010-2011 atau tepatnya pada Februari 2011 di Stadion Emirates. Laga ini merupakan satu di antara momen terbaik Wenger saat berjumpa Guardiola.

Barcelona unggul lebih dulu lewat gol David Villa. Namun, tuan rumah membalikkan keadaan berkat aksi Robin van Persie dan Andre Arshavin.

Apesnya, laju Arsenal kembali terhenti setelah menyusul kekelahan dengan skor 1-3 ketika menyambangi Camp Nou dalam leg kedua.

4 dari 6 halaman

3. Arsenal 0-2 Bayern Munchen (16 Besar Liga Champions 2013-2014)

Tren positif saat menghadapi Wenger berlanjut meski Guardiola pindah ke Bayern Munchen. Keduanya bertemu dalam babak 16 Besar Liga Champions musim 2013-2014.

Dalam leg pertama di Stadion Emirates, Arsenal membuang peluang emas untuk membuka skor. Penalti Mesut Ozil gagal membobol gawang FC Hollywood dan membuat mental Arsenal anjlok.

Bayern Munchen memanfaatkan situasi tersebut. Tim tamu menang dua gol tanpa balas melalui aksi Toni Kroos dan Thomas Muller.

5 dari 6 halaman

4. Bayern Munchen 5-1 Arsenal (Fase Grup Liga Champions 2015-2016)

Wenger dan Guardiola seakan berjodoh. Hasil undian Liga Champions musim 2015-2016 mempertemukan mereka dalam fase grup Liga Champions.

Bayern Munchen kalah lebih dulu dalam pertemuan pertama di Stadion Emirates pada Oktober 2015. Meski mencatatkan penguasaan bola 73 persen, mereka takluk dua gol tanpa balas dari Arsenal.

FC Hollywood membalas dendam ketika menjamu The Gunners di Allianz Arena. Tuan rumah menang telak dengan skor 5-1 atas tamunya.

6 dari 6 halaman

5. Manchester City 2-1 Arsenal (Premier League 2016-2017)

Guardiola hijrah ke Inggris setelah menerima tawaran melatih Manchester City pada musim panas 2016. Manajer asal Spanyol itu kembali meraih kemenangan saat berduel dengan Wenger.

Arsenal memulai laga dengan baik dan unggul lebih dulu lewat Theo Walcott. Namun, The Citizens membalas dua gol yang masing-masing dicetak Leroy Sane dan Raheem Sterling.

Setelah laga usai, Wenger mengungkapkan kekecewaan terhadap kinerja wasit. The Professor menganggap dua gol tuan rumah berbau offside.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer