Sukses


5 Tim Paling Subur dalam Sejarah Liga Inggris

Jakarta Liga Inggris diekanl sebagai salah satu kompetisi paling menarik di planet ini. Buktinya Liga Inggris menghadirkan banyak gol dalam tiap pertandingannya. Rata-rata tiap laganya, strata tertinggi Inggris tersebut menciptakan tiga gol musim ini.

Nyaris tiap pekannya, pencinta Liga Inggris selalu disajikan berbagai drama. Mulai dari ketegangan tim sekota, gengsi, sampai gelontoran gol pasti menghiasi laganya.

Manchester City saat ini memimpin pacuan kuda untuk juara dengan unggul 11 poin dari peringkat kedua, Manchester United. Istimewanya, The Citizens sukses mengemas 56 gol hanya dalam 18 laga.

Itu berarti mereka rata-rata mencetak dalam 3,11 kali per pertandingan. Bicara soal gol, apakah menjadi tim dengan gol terbanyak di Liga Inggris?

Jawabannya ada dalam daftar 5 tim dengan gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris dikutip Sportskeeda berikut:

2 dari 6 halaman

Tottenham Hotspur

Tim London Utara ini telah berhasil mencetak 1437 gol sejak era Liga Primer. Namun ironisnya, merek ajuga jadi klub yang telah kebobolan paling banyak gol dalam sejarah kompetisi, 1249 kali.

Dua kali nyaris juara beruntun, Spurs berhasil menjalani musim fantastis, namun gagal dalam dua kesempatan. Memproduksi beberapa pemain terbaik seperti Luka Modric, Gareth Bale dan Harry Kane, Tottenham juga menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan di Liga Inggris.

Spurs telah berhasil meninggalkan jejak mereka dalam sejarah Piala FA dengan jadi satu-satunya tim non-liga yang pernah juarai turnamen itu. Jelas, dalam beberapa tahun mendatang, mereka diprediksi segera tuntaskan penasaran dengan juara Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

Liverpool

Meski belakangan dalam grafik menurun, Liverpool telah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan di Inggris dan seluruh Eropa. Dengan 5 trofi Liga Champions, klub Merseyside itu merupakan klub paling sukses ketiga dalam persaingan paling elit di Eropa.

Raihan 18 gelar liga, Liverpool hanya berada di posisi kedua di belakang Manchester United dalam hal klub tersukses sepanjang sejarah Inggris. Sayangnya, mereka tidak dapat memenangkan gelar liga sejak musim 1989-90.

Di balik sorotan lini belakangnya, The Reds nyatanya berhasil mencetak 116 gol dalam 56 pertandingan terakhir di Inggris. Fakta ini harus membuat mereka memperkuat pertahanan untuk memenangkan gelar liga pertama dalam 27 tahun, dan menambah penghitungan 1639 gol.

4 dari 6 halaman

Chelsea

Klub Inggris terakhir mengangkat Piala Eropa, Chelsea FC relatif baru mengilap di Inggris. Klub ini memang baru memenangkan 6 gelar Liga Inggris, namun 5 di antaranya telah hadir pada abad ini. Mendominasi sepak bola Inggris modern, Chelsea telah sangat sukses dalam beberapa dekade terakhir.

Dengan mencetak 1.677 gol, Chelsea telah memiliki beberapa pemain yang istimewa seperti Didier Drogba, Michael Ballack, Frank Lampard dan Gianfranco Zola. Memenangkan liga dua kali dalam 3 tahun terakhir, Chelsea tampaknya menjadi klub terbaik dalam kompetisi saat ini.

Chelsea berada di urutan ketiga dalam daftar tim papan atas Premier League dengan gol terbayak. Tapi itu hanya sekitar 50 gol di atas Liverpool yang terlihat sangat mungkin menyalip Chelsea.

5 dari 6 halaman

Arsenal

Dengan 1729 gol, Arsenal ada di tempat kedua daftar ini. Klub London Utara itu juga memiliki 13 gelar liga, namun terakhir kali meraihnya adalah 13 tahun lalu.

The Gunners telah gagal mencapai kesuksesan Liga Primer selama bertahun-tahun terakhir sejak kepergian Robin Van Persie pindah ke United. Penggemar Arsenal di seluruh dunia kecewa, dan puncaknya kala tim kesayangannya itu gagal ke Liga Champions musim ini.

Meski begitu, Arsenal telah berhasil memenangkan Piala FA tiga kali dalam 4 musim terakhir dan telah memenangkan trofi tersebut dengan catatan 13 kali. Fakta bahwa mereka adalah tim dengan gol tertinggi kedua di liga menunjukkan kemampuan dan bagaimana mereka memiliki potensi untuk mengubah keadaan.

6 dari 6 halaman

Manchester United

Tak diragukan, MU merupakan klub paling sukses di Inggris dengan rekor 20 gelar Premier League plus 1895 gol. Dengan 7 gelar di abad ini, United telah mampu mengalahkan rivalnya, Liverpool.

Dengan pemain seperti Eric Cantona, David Beckham, Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs dan Paul Scholes, United telah menjadi klub paling dominan di Inggris dalam sejarah. Saat era Ferguson, United menghancurkan tim lawan tanpa ampun.

Puncaknya kala Red Devils memenangkan treble pertama tahun 2008, saat mengalahkan Chelsea melalui adu penalti di final Liga Champions. Sejak pensiunnya Ferguson, United telah mengalami keterpurukn.

Beberapa pelatih harus tercelat, yakni David Moyes dan kemudian Van Gaal, United sepertinya telah hilang dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan setelah penunjukan Jose Mourinho, United hanya berhasil finis di urutan kelima klasemen musim lalu. (Eka Setiawan)

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir
    Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso

    Manchester City

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer