Sukses


Mourinho Jelaskan Pengeluaran Transfer MU Capai Rp 5,2 Triliun

Jakarta Tiga kali bursa transfer yang dilalui Jose Mourinho selama menukangi Manchester United, dana 286 juta pound sterling atau Rp 5,2 triliun telah digelontorkan untuk transfer pemain. Mourinho menjelaskan kenapa The Red Devils sampai menghabiskan dana begitu besar untuk transfer.  

Uang sebanyak itu digunakannya untuk mendatangkan Paul Pogba, Romelu Lukaku, Henrikh Mkhitaryan, Nemanja Matic, Victor Lindelof, hingga Eric Bailly. Sementara Zlatan Ibrahimovic didatangkan secara gratis dari Paris Saint-Germain.

Sayangnya, meski mengondol tiga gelar di musim pertama (Liga Europa, Piala Liga Inggris, dan Community Shield), Mourinho belum mampu membawa dampak besar untuk MU di Liga Inggris. Setan Merah, sebutan MU, malah tertinggal 15 poin dari Manchester City yang menguasai puncak klasemen Liga Inggris.

"Klub menginvestasikan banyak uang. Masalahnya bukan uang yang kami investasikan, masalahnya adalah uang yang diinvestasikan orang lain dan ini adalah masalah orang lain dengan tim yang lebih baik, dengan stabilitas yang lebih baik, dengan lebih banyak pilihan," ujar Mourinho, dilansir dari Sky Sports.

"Kami membeli striker di musim panas, pemain yang sangat bagus (Romelu Lukaku). Striker yang bagus itu menggantikan Zlatan (Ibrahimovic). Bukan masalah mana yang terbaik di antara mereka. Di awal musim, MU mendatangkan (Victor) Lindelof karena kami tidak memiliki Marcos Rojo (di awal musim). Kami mengalami masalah, jadi saat kami mendatangkan pemain dalam dua tahun terakhir, ini untuk menggantikan pemain lain," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Mirip Manchester City

Situasi yang dialami Mourinho sangat mirip dengan manajer Manchester City, Pep Guardiola pada awal kedatangannya di Etihad Stadium. Guardiola sendiri sudah menghabiskan 335,5 juta euro untuk belanja pemain.

"Saat Pep tiba, dia memiliki kiper Inggris (Joe Hart), dia tidak menyukainya sehingga dia membeli kiper Barcelona (Claudio Bravo), dia tidak menyukainya sehingga dia membeli yang lain (Ederson). Sekarang dia menyukainya," ujar Mourinho.

"Dia juga memiliki Zabaleta dan Kolarov, tapi dua pemain itu sudah berusia di atas 30 tahun. Dia ingin mengganti mereka, dia tidak mengganti dengan dua pemain, dia menggantikannya dengan tiga pemain. Satu dari Tottenham (Kyle Walker), satu dari Monaco (Benjamin Mendy) dan satu dari Real Madrid (Danilo), itu hanya contoh," ucap manajer berusia 54 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Cari Keseimbangan

Mourinho menambahkan, dia melakukan hal tersebut untuk menyeimbangkan permainan MU. Pria asal Portugal itu menegaskan, manajemen Setan Merah tak rugi melakukan investasi besar-besaran.

"Klub saya, dua tahun yang lalu, membayar banyak uang untuk Paul (Pogba). Tahun lalu, mereka membayar banyak uang untuk Lukaku dan saya yakin, tahun depan, mereka juga akan membayar banyak uang untuk satu pemain. Tapi kami melakukan hal-hal ini dengan sedikit keseimbangan karena ini adalah identitas klub. Kami melakukannya dengan sedikit keseimbangan," ujarnya.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer