Sukses


Prediksi Chelsea Vs Liverpool: Demi Zona Panas Liga Champions

Bola.com, London - Chelsea kontra Liverpool, Minggu (6/5/2018) malam, di Stadion Stamford Bridge, membuat Premier League tetap terasa panas.. Persaingan dua tim raksasa tersebut berebut zona empat besar, membuat para penggila Premiership belum berpaling.

Banyak pihak menyebut Premier League 2017-2018 sudah selesai saat Manchester United 'jauh-jauh hari' bersemat jawara musim ini. Namun ternyata salah. Area empat besar yang tadinya hampir nyaman, ternyata mulai terusik kembali.

Walhasil, Chelsea, yang tadinya tak masuk dalam bursa zona empat besar, kembali mengusik. Armada Antonio Conte tersebut berada di posisi ke-5 dengan koleksi 66 poin.

Kondisi tersebut membuat Chelsea hanya berselisih enam angka dari peringkat tiga, Liverpool, dan lima poin dari Tottenham Hotspur. Kans Chelsea menuju empat besar terbuka setelah Tottenham Hotspur secara tak terduga kalah di markas West Bromwich Albion (WBA) dengan skor 0-1.

Artinya, Chelsea akan semakin menempel The Spurs jika menekuk Liverpool, yakni tersisa dua poin. Secara kuantitas atau jumlah sisa pertandingan musim ini, Chelsea mendapat benefit.

Sebelum bertempur kontra Liverpool, Chelsesa baru memainkan 35 pertandingan. Sementara Tottenham Hotspur dan Liverpool sudah merasakan 36 laga. Artinya, Chelsea masih punya maksimal koleksi 75 poin, sementara Tottenham Hotspur (77 poin) dan Liverpool (78 poin).

 

2 dari 5 halaman

Pengakuan Antonio Conte

Artinya, peta persaingan menuju empat besar klasemen akhir belum selesai, meski Liverpool berada di titik teratas berada dalam zona aman. Namun, mereka tetap wajib waspada, jangan sampai terjerembab di markas Chelsea, yang membuat posisi mereka rentan tergusur jika terpeleset lagi pada laga pamungkas.

Manajer Chelsea, Antonio Conte mengakui laga kontra Liverpool menjadi final perdana musim ini. Ucapan Conte merujuk pada laga final 'kedua', yakni di pentas Piala FA, kontra Mancheste United, Sabtu (19/5/2018) mendatang.

Kubu Liverpool setali tiga uang. The Reds tak boleh lengah jika tak ingin menyesal. Liverpool wajib memertahankan posisi di area Liga Champions, karena mereka belum pasti bisa meraih juara kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa tersebut. Pada pertandingan final di Kiev, Liverpool menantang raksasa Spanyol, Real Madrid.

Kolumnis BBC Sports, Martin Fisher menganggap Liverpool harus secepatnya mendapatkan kepastian aman di zona empat besar agar bisa berpartisipasi pada Liga Champions musim depan. "Seri sudah cukup, tapi kemenangan membuat semuanya pasti," katanya.

Menurut Fisher. jika Liverpool kalah, Premier League akan kembali menarik. Variabel Tottenham Hotspur menjadikan perseteruan semakin memanas. Maklum, Chelsea masih punya tabungan satu partai, yang sangat berharga.

"Sangat jelas, Chelsea harus menang. Kans itu ada, karena Liverpool pasti tak sempurna dari sisi fisik, kelelahan psikologi dan mental, itu yang menjadi isu utama," analisa Fisher.

 

3 dari 5 halaman

Fokus Chelsea

Andai menang menghadapi Liverpool, Chelsea bisa menekan The Spurs dan Liverpool. Pada dua laga terakhir, Chelsea akan menjamu Huddersfield Town dan melawat ke markas Newcastle United. Di atas kertas, Chelsea bisa menuai enam poin.

Sementara pada pertandingan terakhir, Liverpool bersua Brighton. Satu tim lagi asal London, Tottenham Hotspur akan bersua Newcastle United dan menjamu Leicester City.

"Saya pikir target terbesar, sekaligus fokus kami, adalah finis pada musim ini di tempat setinggi mungkin. Kami akan bekerja keras, juga bertarung maksimal, demi satu tempat di Liga Champions musim depan," tegas Conte.

Conte mengaku tak mudah menggapai asa menuju Liga Champions musim depan. "Situasi bukan berada di tangan kami. Tapi kami akan berusaha, dan akan dimulai dengan tiga angka kontra Liverpool," ucap arsitek tim berkebangsaan Italia tersebut. 

 

4 dari 5 halaman

Kondisi Liverpool

Target Conte bisa saja terealisasi. Chelsea memiliki beberapa modal guna menumbangkan tim tamu. The Blues mencatat empat kemenangan beruntun di seluruh kompetisi. Jika berhasil menang, mereka akan menyamai catatan terbaik musim ini.

Ancaman Chelsea mendapat reaksi tak kalah panas dari kubu Liverpool. Manajer The Reds, Jurgen Klopp mengaku seolah melakoni dua semifinal lagi, yakni kontra Chelsea dan Brighton.

"Dua pertandingan ini sangat penting. Tak ada waktu memikirkan hal lain, karena kami harus menang. Setelah itu, kami akan menyiapkan diri demi final Liga Champions," beber Klopp.

Liverpool bukan tanpa modal. Sayang, mereka membawa kekalahan telak dari Roma. Catatan lain menyebut, Liverpool hanya sekali menang dalam empat laga away terakhir di pentas Premier League.

Selain itu, Liverpool juga hanya menuai tiga kemenangan dari 11 pertandingan setelah laga di panggung Liga Champions. Artinya, Liverpool bakal menghadapi periode sulit saat melawat ke markas Chelsea.

 

5 dari 5 halaman

Statistik

Head to Head

25/11/2017 Liverpool 1 - 1 Chelsea (Premier League)

31/1/2017 Liverpool 1 - 1 Chelsea (Premier League)

16/9/2016 Chelsea 1 - 2 Liverpool (Premier League)

28/7/2016 Chelsea 1 - 0 Liverpool (ICC)

11/5/2016 Liverpool 1 - 1 Chelsea (Premier League)

31/10/2015 Chelsea 1 - 3 Liverpool (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Chelsea

8/4/2018 Chelsea 1 - 1 West Ham United (Premier League)

14/4/2018 Southampton 2 - 3 Chelsea (Premier League)

20/4/2018 Burnley 1 - 2 Chelsea (Premier League)

22/4/2018 Chelsea 2 - 0 Southampton (Piala FA)

28/4/2018 Swansea City 0 - 1 Chelsea (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Liverpool

14/4/2018 Liverpool 3 - 0 Bournemouth (Premier League)

21/4/2018 West Bromwich 2 - 2 Liverpool (Premier League)

25/4/2018 Liverpool 5 - 2 AS Roma (Liga Champions)

28/4/2018 Liverpool 0 - 0 Stoke City (Premier League)

3/5/2018 AS Roma 4 - 2 Liverpool (Liga Champions)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer