Sukses


Data dan Fakta Statistik Jose Mourinho di Manchester United

Bola.com, Manchester - Perjalanan karier Jose Mourinho bersama Manchester United harus berakhir. Pria asal Portugal itu melepas jabatannya sebagai manajer The Red Devils pada Selasa (18/12/2018).

Mourinho dipecat manajemen MU menyusul hasil minor pada paruh musim ini. Dari 24 pertandingan yang sudah dijalani, Manchester United hanya meraih 10 kemenangan, enam hasil imbang, dan menelan delapan kekalahan.

Dari delapan hasil minor tersebut, lima di antaranya terjadi di ajang Premier League. Torehan itu membuat MU kini berada di peringkat enam klasemen sementara liga dengan nilai 26, tertinggal 19 poin dari Liverpool yang berada di urutan teratas.

"Manchester United mengumumkan jika manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub dengan segera," bunyi pernyataan resmi The Red Devils di situs klub.

"Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose untuk karyanya selama menangani Manchester United dan berharap dia sukses pada masa depan."

Selama dua setengah musim di bawah arahan Jose Mourinho, performa MU sebenarnya tak terlalu mengilap. Persentase kemenangan Manchester United hanya mencapai 58,3 persen.

MU tercatat meraih 84 kemenangan, 32 imbang, dan kalah dalam 28 laga dari 144 pertandingan di seluruh ajang. Meski begitu, Mourinho berhasil membantu Manchester United meraih tiga trofi juara, yakni Community Shield, Piala Liga Inggris, dan gelar Liga Europa.

Berikut ini adalah data dan fakta statistik Jose Mourinho bersama Manchester United:

 

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta Jose Mourinho di Manchester United

1. Manchester United menjadi satu di antara klub yang paling sering kebobolan di Premier League musim ini, yakni 29 gol. Bahkan, jumlah kebobolan MU lebih banyak dibandingkan dengan peringkat ke-19 klasemen sementara, Huddersfield Town (28 gol).

2. Manchester United mencetak 1,62 gol per laga di Premier League di bawah asuhan Jose Mourinho. Jumlah tersebut hanya unggul sedikit dibandingkan ketika MU diasuh David Moyes (1,65 gol per laga).

3. Manchester United di bawah asuhan Jose Mourinho mencetak 151 gol dari 93 pertandingan di Premier League. Mereka kalah 83 gol dari Manchester City di bawah era kepemimpinan Pep Guardiola, dengan jumlah pertandingan yang sama.

4. Manchester United hanya meraih 26 poin dari 17 pertandingan pertama di Premier League musim ini. Itu adalah raihan poin terburuk MU di Liga Inggris setelah terakhir kali terjadi pada musim 1990-1991 (26 poin).

5. Bersama Jose Mourinho, Manchester United hanya meraih 176 poin di Premier League. Jumlah tersebut kalah jauh dari Manchester City (222 poin), Tottenham Hotspur (202 poin), Chelsea (200 poin), dan Liverpool (196 poin).

6. Sejak Jose Mourinho duduk di kursi manajer, Manchester United minim meraih kemenangan di Premier League ketimbang tim enam besar. Mereka meraih 50 kemenangan dari 93 pertandingan.

Sumber: Opta, Sky Sports Statto

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Video Populer

Foto Populer