Sukses


5 Fakta Phil Foden, Pemain yang Tak Akan Pernah Dijual Pep Guardiola

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menjamin masa depan pemain muda, Phil Foden di Etihad Stadium. Menurut Guardiola, Foden merupakan satu di antara pemain yang tak akan dilepas dengan harga berapa dan akan menjadi andalan The Citizens.

"Dia adalah satu-satunya pemain yang tidak akan kami jual, apa pun situasinya - dia satu-satunya. Tidak akan pernah, bahkan untuk 500 juta euro (Rp 7,7 triliun)," ujar Pep Guardiola, seperti dilansir Mirror, Kamis (10/10/2019). 

Mantan pelatih Barcelona itu menganggap Phil Foden memiliki masa depan cerah, meskipun masih jarang diberi kesempatan bermain bersama The Citizens.

Sejak bergabung dengan tim utama Manchester City, Foden baru mencatatkan 19 penampilan dan baru menyumbang satu gol dan satu assit di Premier League. Padahal, dia sudah bergabung dengan tim senior sejak 2017.

Guardiola mengaku menyesal belum bisa membantu Foden lebih maksimal lagi. Meski belum maksimal bersama klub, namun Foden kerap menjadi andalan di Timnas Inggris U-21.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber lima fakta Phil Foden, pemain Manchester City yang menjadi kesayangan Pep Guardiola. 

 

2 dari 6 halaman

1. Jebolan Akademi Manchester City

Phil Foden menjadi satu pemain muda paling berbakat secara teknis di Liga Premier. Phil Foden merupakan pemain jebolan Akademi Manchester City.

Kemudian pada 2016, dia promosi ke Manchester City U-18. Satu tahun kemudian Foden promosi ke tim utama The Citizens.

3 dari 6 halaman

2. Pemain Termuda yang Masuk Starter

Phil Foden menjadi pemain termuda berstatus starter bagi Manchester City (18 tahun dan 310 hari) sejak Jose Pozo pada Desember 2014 (18 tahun dan 273 hari). Foden juga menjadi pemain asal Inggris termuda sejak Daniel Sturridege pada Januari 2008 (18 tahun dan 151 hari).

Phil Foden menjadi starter saat Manchester City menghadapi Cardiff City di Premier League akhir musim lalu. Saat itu, The Citizens mengalahkan Cardiff City dengan skor 2-0. 

Foden juga memecahkan rekor sebagai pemain Inggris termuda yang bermain di Liga Champions. Tepatnya pada usia 17 tahun dan 177 hari.

4 dari 6 halaman

3. Penerus David Silva

Phil Foden kerap disebut sebagai sosok yang pantas menjadi suksesor David Silva. Walaupun masih muda, Foden mampu membuktikan kepercayaan yang diberikan pelatih.

Jika bisa mempertahankan konsistensinya, Phil Foden diyakini bisa menjadi bagian dari skuat utama Manchester City pada masa mendatang.

5 dari 6 halaman

4. Mencetak Gol di Liga Champions

Phil Foden ikut menyumbang satu gol saat Manchester City mengalahkan Dinamo Zagreb dengan skor 2-0 dalam laga matchday kedua fase grup Liga Champions 2019-20 di Etihad Stadium, Selasa (1/10/2019).

Menariknya, pada pertandingan tersebut dia memasukkan gol hanya beberapa saat setelah menggantikan David Silva. Phil Foden masuk pada menit ke-90+1, kemudian mencetak gol pada menit ke-90+4.

6 dari 6 halaman

Dikagumi Michael Owen

Mantan pemain Liverpool, Michael Owen ternyata menyimpan kekaguman terhadap Phil Foden. Bahkan Owen menyamakan Foden dengan legenda Prancis, Zinedine Zidane.

"Anda lihat gaya bermain Foden. Bola seperti menempel padanya," kata Michael Owen

"Dia seperti terlahir dengan bola, semua gerakan menyatu. Saya pikir gaya bermainnya mirip dengan Zidane," tambahnya.

Video Populer

Foto Populer