Sukses


1001 Cerita di Balik Pertandingan ke-1000 Timnas Inggris

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris akan melangsungkan laga internasional ke-1000 kala berhadapan dengan Montenegro pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Timnas Inggris akan resmi melakoni pertandingan ke-1000 saat menjamu Montenegro pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Banyak catatan menarik yang belum banyak diketahui orang-orang selain trofi Piala Dunia, yang ironisnya, baru mampir satu kali.

Timnas Inggris disebut-sebut sebagai Home of Football, bukan karena dianggap negara pencetus sepak bola, melainkan karena melahirkan sepak bola yang lebih terorganisir, modern, dan memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan si kulit bundar.

Tidak heran tiap kali Piala Dunia dihelat, selalu muncul slogan 'Football is Coming Home'. Ironisnya, baru sekali The Three Lions memenanginya, yakni pada tahun 1966. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sejak melangsungkan laga internasional perdananya tahun 1872 silam, atau sejak 147 tahun lamanya, Timnas Inggris telah memenangi 60 silverwares.

Banyak perjalanan dan catatan menarik yang telah dilewati Timnas Inggris selama 999 pertandingan. Berikut ini Bola.com merangkumnya:

 

2 dari 6 halaman

Akrab dengan Skor 1-1

Timnas Inggris mengoleksi 102 skor 1-1 dari 999 pertandingan yang mereka lewati. Sebanyak 568 laga di antaranya berhasil mereka menangi, dan 190 laga sisanya berakhir dengan kekalahan.

Sebanyak 241 laga berakhir imbang, 102 laga di antaranya berakhir dengan skor 1-1. Timnas Inggris mengoleksi presentase kemenangan mencapai 57 persen.

3 dari 6 halaman

Enam Negara yang Belum Pernah Kalah dari Timnas Inggris

Dari 999 pertandingan, Timnas Inggris telah menghadapi 91 negara berbeda. Sebanyak 54 negara tidak pernah mengalahkan The Three Lions, dan enam lainnya belum pernah kalah dari Timnas Inggris.

Mereka adalah Arab Saudi, Aljazair, CIS, Ghana, Honduras, dan Korea Selatan. Hanya Arab Saudi yang dua kali berjumpa Timnas Inggris, lainnya hanya sekali.

4 dari 6 halaman

Superior atas Bulgaria, Inferior di Hadapan Brasil

Timnas Inggris sukses mengoleksi delapan kemenangan dan empat hasil imbang. Catatan tersebut merupakan rekor head-to-head terbaik melawan satu negara.

Sebaliknya, Timnas Inggris hanya mampu menang empat kali kontra Brasil dai 26 kemenangan. Ini menjadi rasio kemenagan paling rendah The Three Lions atas suatu negara.

5 dari 6 halaman

Belum Pernah Menang di Negara-negara Ini

Hingga 999 laga, Timnas Inggris telah menang di 69 negara berbeda, baik itu sebagai tuan rumah, tim tamu, mau pun netral. Pertandingan melawan Kosovo akan jadi peluang buat The Three Lions menambah catatan impresif tersebut.

Timnas Inggris belum pernah menang saat bermain di Argentina, Islandia, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Tunisia.

6 dari 6 halaman

Sembilan Pemain yang Telah Mencapai 100 Caps

Billy Wright bukan cuma pemain pertama yang meraih 100 caps untuk Tim Nasional Inggris. Ia juga merupakan pemain sepak bola pertama di dunia yang mengoleksi 100 caps untuk tim nasional.

Perjalanan Wright terhenti di angka 105. Peter Shilton masih menjadi pengoleksi caps tertinggi (125 caps), disusul Wayne Rooney (120 caps) dan David Beckham (115 caps).

  • Billy Wright - 105 caps
  • Bobby Charlton - 106 caps
  • Frank Lampard - 106 caps
  • Ashley Cole - 107 caps
  • Bobby Moore - 108 caps
  • Steven Gerrard - 114 caps
  • David Beckham - 115 caps
  • Wayne Rooney - 120 caps
  • Peter Shilton - 125 caps

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer