Sukses


7 Pertandingan Terpanas di Boxing Day Premier League

Bola.com, Jakarta - Tidak seperti Liga-Liga Eropa lain yang libur untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, Premier League justru menggelar pertandingan bertajuk Boxing Day. Laga yang digelar satu hari setelah Natal itu ternyata sarat tradisi.

Melansir The Sun, Selasa (24/12/2019) Boxing Day merupakan hari libur yang dirayakan di Inggris, Australia, Selandia Baru, Kanada, dan Negara-Negara Persemakmuran lainnya yang ditetapkan oleh Ratu Victoria pada abad ke-19. Para pelayan dan buruh akan menerima hadiah dari majikan atau perusahaan atas pelayanan yang diberikan.

Namun, dalam sepak bola Inggris Boxing Day dirayakan dengan para penggemar datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan. Laga yang menjadi awal mula tradisi Boxing Day di Liga Inggris adalah duel Perston North End melawan Derby County pada 1888-1889.

Pertandingan tersebut dimenangi Preston North End dengan skor 5-0. Perayaan Boxing Day di Liga Inggris kerap diprotes oleh sebagian orang. Namun, Inggris masih mempertahankan tradisi tersebut hingga sekarang.

Laga-laga Boxing Day pun sering kali berjalan panas meskipun cuaca di Inggris sedang sangat dingin. Tak jarang hujan gol terjadi pada pertandingan tersebut. Bola.com merangkum tujuh laga Boxing Day di Premier League yang berakhir dengan skor mencolok.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Oldham 3-6 Manchester United (Boxing Day 1991)

Boxing Day 1991 menyajikan laga Oldham melawan Manchester United. Laga tersebut menjadi laga yang dikenang oleh Denis Irwin. Pemain yang saat itu menjadi bek sayap Manchester United itu mencetak gol ke gawang mantan klubnya, Oldham, dan terlihat senang namun menahan perayaan golnya.

Pertandingan tersebut juga memperlihatkan Andrei Kanchelskis dan Ryan Giggs yang masih berwajah segar. Manchester United keluar sebagai pemenang dengan skor 6-3 atas Tuan Rumah.

 

3 dari 8 halaman

2. Oldham 2-5 Manchester United (Boxing Day 1993)

Manchester United kembali menyambangi markas Oldham pada laga Boxing Day 1993. Mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor mencolok 5-2 atas tim tuan rumah.

Kemenangan tersebut membuat posisi Manchester United nyaman di puncak Klasemen dengan keunggulan 14 poin dari posisi kedua. Saat itu dalam skuat Manchester United ada sosok yang menonjol, Eric Cantona.

 

4 dari 8 halaman

3. Newcastle United 7-1 Tottenham Hotspur (Boxing Day 1996)

Newcastle United tampil memukau kala menjamu Tottenham Hotspur pada laga Boxing Day 1996. Tak tanggung-tanggung, Alan Shearer dan kolega membantai Spurs dengan skor 7-1.

Namun, sepekan kemudian manajer Newcastle saat itu, Kevin Keegan, membuat kejutan. Ia mengundurkan diri sebagai manajer dan membuat musim Newcastle berakhir tanpa piala.

 

5 dari 8 halaman

4. Chelsea 2-4 Southampton (Boxing Day 2002)

Chelsea yang saat itu dilatih Claudio Ranieri bertemu dengan Southampton pada Boxing Day 2002. Chelsea yang tidak konsisten bertemu dengan tim yang terancam masuk zona degradasi.

Namun, secara mengejutkan The Blues takluk 2-4 dari Southampton di Stamford Bridge. Padahal Chelsea lebih dulu unggul 2-1 hingga turun minum.

Chelsea kemudian finis di peringkat keenam dan Southampton berada di urutan ke-11 klasemen akhir.

 

6 dari 8 halaman

5. Chelsea 4-4 Aston Villa (Boxing Day 2007)

Boxing Day 2007 tidak akan dilupakan oleh pendukung Chelsea. Laga melawan Aston Villa berlangsung panas dengan menyuguhkan drama delapan gol dan tiga kartu merah.

Chelsea saat itu diasuh oleh Avram Grant setelah manajemen mendepak Jose Mourinho. Pertandingan pun berakhir dengan skor 4-4.

 

7 dari 8 halaman

6. Tottenham Hotspur 6-4 Reading (Boxing Day 2007)

Dimitar Berbatov tampil menggila saat Tottenham Hotspur bertemu Reading pada Boxing Day 2007. Penyerang berpaspor Bulgaria itu menyumbang empat gol dalam kemenangan 6-4 Spurs atas tim tamu.

Spurs kemudian finis di peringkat ke-11 di akhir musim. Sementara Reading terdegradasi secara dramatis karena kalah selisih gol.

 

8 dari 8 halaman

7. Arsenal 7-3 Newcastle United (Boxing Day 2012)

Boxing Day 2012 menjadi momen spesial bagi Theo Walcott. Penyerang Inggris tersebut menyumbang tiga gol dan dua assist dalam kemenangan Arsenal atas Newcastle dengan skor 7-3.

Arsenal sempat dua kali unggul sebelum disamakan kembali oleh Newcastle. Namun, pertandingan seru tersebut berakhir dengan kemenangan Arsenal setelah gawang Newcastle bobol empat gol dalam waktu 17 menit.

Video Populer

Foto Populer