Sukses


3 Alasan Premier League Pertahankan VAR meski Kerap Menimbulkan Kontroversi

Bola.com, Jakarta - Penggunaan VAR di kompetisi Premier League 2019-2020 masih menjadi sorotan. Penyebabnya, penggunaan VAR kerap menimbulkan kontroversi.

Premier League baru menerapkan VAR pada musim ini. Kontroversi VAR di Premier League paling mencolok terkait offside.

Banyak gol yang tercipta dibatalkan VAR karena offiside yang menyebalkan. Beberapa pemain sering kali tertangkap offside pada bagian jempol kaki dan ketiak.

Kontroversi tersebut membuat Arsene Wenger berkeinginan mengubah aturan offside. Mantan manajer Arsenal itu kini menjabat Direktur Pengembangan Sepak Bola FIFA.

Selain offide, kontroversi VAR juga terjadi dalam dua pertandingan terakhir. Chelsea mendapat kerugian atas pelanggaran yang sebetulnya mendapat kartu merah tak disetujui VAR.

Kekacauan itu memunculkan opini untuk menyingkirkan VAR di Premier League 2020-2021. Namun, pihak Premier League tampaknya akan tetap mempertahankan VAR. Berikut 3 alasan Premier League perlu pertahankan VAR, seperti dilansir Sportkeeda

2 dari 4 halaman

1. Kontroversi VAR Terletak pada Implementasi

VAR pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia 2018, untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tak terlihat oleh pandangannya.

Namun, VAR di Premier League terlihat berbeda. Jika di Piala Dunia dan liga-liga besar di Eropa mendorong wasit untuk melihat monitor di lapangan untuk mengambil keputusan terkait insiden.

Di Premier League, monitor tidak digunakan. Mereka mengambil keputusan setelah mendapat hasil dari Stockley Park.

Hasil dari Stockley Park akan ditampilkan di layar besar Stadion.

3 dari 4 halaman

2. Para Pemain Harus Terbiasa karena VAR dipakai di Ajang Internasional

Banyak penggemar Premier League akan senang jika VAR dihapuskan musim 2020-2021. Namun, akan menjadi masalah besar untuk di tempat lain.

Apalagi, kompetisi Internasional dan Eropa menggunakan teknologi ini. Artinya, para pemain Premier League perlu beradaptasi dengan kontroversi-kontroversi VAR. Apa pun alasannya, kini VAR adalah bagian dari sepak bola dunia.

4 dari 4 halaman

3. Premier League Penuh Kontroversi sebelum VAR Datang

Jauh sebelum kehadiaran VAR, kompetisi Premier League juga tak lepas dari kontroversi. Wasit dan perangkat pertandingan kerap membuat keputusan keliru terkait penalti, offside dan kartu merah yang aneh.

Ternyata, kehadiran VAR justru menimbulkan kontroversi baru bagi sepak bola Inggris.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer