Sukses


Mengejutkan, Ole Gunnar Solskjaer Ternyata Sempat Nyaris Gabung Liverpool

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengakui bahwa di masa lalu dia nyaris bergabung ke Liverpool. Bahkan, dia juga mendapat tawaran pindah ke Bayern Munchen dan klub lain.

Sebelum menekuni karier sebagai manajer, Solskjaer lebih dulu meraih sukses sebagai pemain. Dua klub pertama yang dibela Solskjaer yakni Clausenengen dan Molde, dua klub lokal Norwegia.

Setelah itu, Solskjaer bermain untuk United. Dia bertahan cukup lama di United dan dikenang sebagai salah satu legenda klub. The Baby Face, begitu fans United menjuluki sang mantan penyerang pujaan.

Solskjaer juga punya catatan yang cukup bagus di timnas Norwegia. Solskjaer punya catatan 67 caps dan mencetak 23 gol. Solskjaer menjadi top skor kelima sepanjang masa timnas Norwegia.

Solskjaer bergabung dengan Manchester United pada 1996. United terpikat dengan Solskjaer lantaran mampu mencetak 41 gol dari 54 laga untuk Molde. Rupanya, United ketika itu bukan satu-satunya klub yang hendak membeli Solskjaer.

"Apakah Liverpool dan Bayern Munchen juga tertarik pada saya? Ya. Cagliari, PSV Eindhoven, dan beberapa klub lain juga," ucap Solskjaer di situs resmi Manchester United.

"Tapi, saya tidak bisa mengubah sejarah. Hanya ada satu pilihan. Ketika panggilan itu datang, sungguh fantastis," kata Solskjaer.

2 dari 3 halaman

Proses Cepat Kepindahan ke Manchester United

Solskjaer menuturkan, proses transfer ke United terjadi begitu cepat. Saat itu, para petinggi Molde hendak liburan dan mereka harus mengambil keputusan. Solskjaer pun tanpa ragu menerima tawaran pindah ke Old Trafford.

"Jet pribadi mereka [Manchester United] rusak karena beberapa kesalahan, lalu mereka harus menyewa jet pribadi lain dan itu hanya untuk menerbangkan saya," tambah pria 47 tahun tersebut.

Solskjaer datang ketika Manchester United masih di bawah kendali Sir Alex Ferguson. Pada pertemuan pertama dengan sang manajer legendaris itu, Solskjaer mengakui ada ketakutan yang dirasakannya.

"Saya gugup, karena Anda takut bakal mengatakan hal bodoh dan itu akan memberi kesan pertama yang buruk."

"Saya tahu dia tidak melihat saya bermain, jadi itu adalah pertemuan penting bagi saya. Itu hanya kami berdua. Kami punya ikan dan keripik di Old Trafford, di restoran, dan itu mungkin setengah jam atau 45 menit. Dia berkata: Pakai enam bulan pertama di tim Reserves, maka setelah Natal mungkin kami dapat mengintegrasikan Anda ke dalam tim utama," kenang Solskjaer.

Solskjaer kemudian dikenang sebagai legenda klub. Dia mencetak 126 gol dari 366 laga bersama United. Salah satu momen penting sang 'supersub' adalah ketika United meraih gelar Liga Champions musim 1998/1999.

Sumber: Manchester United

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 25/3/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer