Sukses


5 Klub dengan Clean Sheet Terbanyak di Era Premier League

Bola.com, Jakarta - Memiliki gawang yang tidak kebobolan dalam satu pertandingan atau clean sheet jadi dambaan bagi setiap klub, tak terkecuali klub-klub peserta Premier League. Tak ingin ada tim yang kebobolan gol dari pemain lawan.

Di balik catatan clean sheet yang mengesankan yang ditorehkan satu tim, ada deretan pemain, khususnya yang bertugas di sektor belakang dan penjaga gawang jempolan, yang selalu berupaya menahan bola agar tidak masuk ke gawang mereka.

Di luar kompetisi Premier League saat ini, sosok Jan Oblak mampu mencuri perhatian. Kiper kebanggaan Atletico Madrid ini dinilai sangat piawai dalam menjaga gawangnya.

Sedangkan di Premier League, ada sosok penjaga gawang yang kuat dalam mengawal gawangnya, sebut saja Alisson Becker, kiper tim pemuncak klasemen sementara, Liverpool. 

Kiper asal Brasil itu jadi satu di antara ketangguhan lini belakang Liverpool.

Bahkan the Reds menjadi kontestan Premier League dengan pertahanan terbaik selama dua musim beruntun, sebelum kompetisi musim ini dihentikan akibat pandemi COVID-19 yang menyebar di Eropa.

Selain Liverpool, ada beberapa klub lain yang mampu mencatatkan clean sheet mengesankan sejak era Premier League dimulai pada 1992.

Berikut Bola.com telah merangkum dari The Football Faithful, Rabu (8/4/2020), lima klub dengan catatan clean sheet paling banyak di era Premier League.

2 dari 6 halaman

5. Everton - 327

Everton pernah berada di puncak daftar klub dengan clean sheet terbanyak, namun saat ini Everton berada di posisi kelima dengan total koleksi 327 clean sheet.

Secara khusus, Tim Howard ikut berkontribusi atas prestasi tersebut. Ia mempersembahkan 112 clean sheet.

Sayangnya, klub asal Merseyside ini sering berada di posisi papan bawah klasemen Premier League selama beberapa musim terakhir ini. Everton hanya dua kali berada di posisi 10 besar dalam 13 musim terakhir.

3 dari 6 halaman

4. Liverpool - 406

Liverpool menjadi klub dengan pertahanan terbaik dalam dua musim terakhir, sebelum kompetisi musim ini dihentikan akibat pandemi virus corona.

The Reds total mengoleksi 406 clean sheet, menjadikannya sebagai klub di peringkat keempat dalam clean sheet terbanyak sejak era Premier League.

Pepe Reina menjadi kiper yang sangat berkontribusi dalam perolehan tersebut. Ia meraih penghargaan Golden Glove tiga kali secara beruntun dalam durasi 2006-2008.

Pada durasi yang sama, Liverpool di bawah era Rafael Benitez mencatatkan delapan clean sheet secara beruntun.

4 dari 6 halaman

3. Arsenal - 408

Beberapa musim terakhir ini Arsenal bisa dibilang masih menghadapi masa sulit. Namun, Meriam London tetap masuk klub besar Premier League. 

Arsenal pernah menjadi klub dengan pertahanan tangguh, semasa lini belakang mereka dihuni kuartet Lee Dixon, Tony Adams, Steve Bould, dan Nigel Winterburn.

Secara khusus, kiper David Seaman turut berkontribusi atas pencapaian clean sheet Arsenal yang mencapai 408 sejak era Premier League.

Statistik mengesankan dicatatkan klub London Utara pada musim 1998-1999. Ketika itu, mereka hanya kebobolan 17 gol saja sepanjang musim. Sayang, Arsenal hanya finis sebagai runner-up pada musim itu.

5 dari 6 halaman

2. Chelsea - 426

Di posisi kedua dalam daftar klub dengan clean sheet terbanyak sejak era Premier League ada klub asal London Barat, Chelsea. 

Kedatangan Roman Abramovich mampu menjadikan the Blues makin disegani di era Premier League. Satu di antara pencapaian sensasional the Blues, tentu saat back-to-back gelar Premier League pada musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Pada musim 2004-2005, Chelsea hanya kebobolan 15 gol saja, dan menorehkan 10 clean sheet sepanjang musim.

Hingga kini, total koleksi clean sheet Chelsea mencapai 426.

6 dari 6 halaman

1. Manchester United - 452

Tidak salah Manchester United berada di puncak daftar klub yang memiliki clean sheet terbanyak sepanjang era Premier league. Setan Merah berhasil mengumpulkan total 452 clean sheet.

Statistik itu didominasi saat Manchester United masih ditangani manajer legendaris, Sir Alex Ferguson.

Kala itu, Manchester United yang masih diperkuat duet bek perkasa, Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand, serta kiper Edwin van der Sar, mampu menorehkan 14 clean sheet secara beruntun. Sebuah prestasi yang belum bisa dipecahkan klub Premier League lainnya.

Sumber: The Football Faithful

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Bola.com

  • Artikel Bola

  • Sportylife

  • Premier League

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer